Tuesday, February 25, 2014

PANDUAN INTERAKSI PETUGAS ROHIS PADA PASIEN LANSIA



PANDUAN INTERAKSI PETUGAS ROHIS PADA PASIEN LANSIA
1.      Tahap Pra Interaksi
Nama                           : Hj. Suriyah
Usia                             : 72 Tahun
Jenis Kelamin              : Perempuan
Status                          : Janda
Agama                         : Islam
Warganegara               : Indonesia
Alamat                                    : Jalan Kebun Bunga No.7 RT5/RW5 Kec. Bangsri Kab. Jepara
Diagnosa Penyakit      : Osteoporosis
Tempat                        : RS. Sultan Hadlirin Jepara
Rohis                           : Ainunnaziroh
Lanjut usia(Lansia) adalah  penduduk yang berusia 60 tahun ke atas(Hardywinoto dan Setiabudhi, 1999;8). Pada lanjut usia akan terjadi proses menghilangnyakemampuan jaringan untuk memperbaiki diri atau mengganti dan mempertahankan fungsinormalnya secara perlahan-lahan sehingga tidak dapat bertahan terhadap infeksi danmemperbaiki kerusakan yang terjadi (Constantinides, 1994). Karena itu di dalam tubuh akanmenumpuk makin banyak distorsi metabolik dan struktural disebut penyakit degeneratif yangmenyebabkan lansia akan mengakhiri hidup dengan episode terminal (Darmojo dan Martono,1999;4). Penggolongan lansia menurut Depkes dikutip dari Azis (1994) menjadi tigakelompok yakni :a) Kelompok lansia dini (55 – 64 tahun), merupakan kelompok yang baru memasuki lansia. b) Kelompok lansia (65 tahun ke atas).c) Kelompok lansia resiko tinggi, yaitu lansia yang berusia lebih dari 70 tahun.
Pasien ini menderita Osteoporosis karena awal mulanya dia jatuh terpeleset dan jatuh dikamar mandi sehingga tulang sendi si nenek ada yang patah dan tulangnya bergeser, sehingga tidak bisa berdiri tegak (membungkuk).
Kunjungan ini berlangsung selama Tiga kali pertemuan, antara Pasien dan Bimroh Rumah sakit.

2.      Tahap orientasi
*Hari Pertama

Komunikasi Verbal
Komunikasi Non Verbal
Rohis
(Membu kapintu) “Assalamu’alaikum Mbah”..
Berjabat tangan smbil merunduk
Pasien
Waalaikumusalam..”Anda siapa”?...
Menatap Rohis dengan penuh pertanyaan atas kedatangan Rohis.
Rohis
Iya Mbah, Selamat pagi..minta waktunya sebentar ya mbah… perkenalkan nama saya Ainunnaziroh (aish) dari petugas Bimbingan Rohani Pasien di Rumah sakit ini.
Saya dan kawan-kawan yang lain di sini akan membantu serta mmbimbing pasien dalam hal apapun mengenai tentang keagamaan dan lain sebagainya. Karena ini memang sudah menjadi tanggungan saya dan kawan-kawan disini. Jika mbah juga ada masalah, mbah tidak usah ragu-ragu untuk mengatakan, karena dalam bimbingan ini mempunyai beberapa asas,yang diantaranya yaitu:asas kerahasiaan,yang insya Allah jika mbah ingin bercerita masalah2 yang mbah rasakan,.semua akan saya jaga. Dan tidak akan saya beberkan.
Dan waktu kunjungan bimbingan kira-kira 10-15 menit.
Senyum, bersikap ramah, menatap dg pnh perhatian, sdikit merunduk serta ber simpati dengan pasien.
Serta penjelasan kedatangan Bimroh.
Pasien
Emm..iyya mbak..terimakasih
Suara pelan dan lemas sambil menganggukkan kepala.
Rohis
“mengangguk”..Iya sudah kalo mbah sudah faham,saya permisi dulu ya mbah karena masih ada pasien yang lain.terima kasih. “Assalamualaikum”
-Ramah
-Berpamitan dan keluar ruangan
Pasien
Iya mbak…sama-sama
“Waalaikum salam”
Menjawab salam


3.      Tahap kerja
* Hari Ke-Dua (pasien sendirian)
Rohis
“Tok,tok,took”sambil membuka pintu….
Assalamualaikum,mbah…
Sembari membuka pintu
Pasien
Waalaikumsalam mbak…
“anda mbak Bimroh yang kemarinkan mbak??
Sambil tersenyum ramah
Rohis
Iya mbah,bennar…
Bagaimana keadaan mbah Suriah sekarang?, sudah Membaik??
-Semyum
-Sambil memegang tangan Pasien

Pasien
Hmmmh (menghela nafas panjang)…Belum mbak..
punggungnya masih sakit sekali,buat miring susah,buat berbaring apa lagi..
Ya,..memang begini kalo orang sudah tua ya mbak..
Sedih dan matanya berkaca-kaca
Rohis
Mbah,Mbah jangan ngomong begitu..
Mbah yang sabar ya,.nanti kalo sudah diperisa dokter lagi dan dikasih obat, mbah pasti akan sembuh, mbah sudah diperiksa dokterkan?
empati
Pasien
Iya mbak sudah..
Kata Dokter  skitnya tidak apa-apa tapi kenapa skit ini tidak kunjung sembuh?
Apa mungkin saya sebentar lagi akan mati? Karna umur saya juga sudah tua renta seperti ini.
Sedih dan meneteskan air mata
Rohis
Tukaaan..Pak dokter saja sudah bilang sakitnya tidak apa-apa mbah, yakin saja mbah akan cepat sembuh.dan jangan lupa selalu mengingat Asma’ Allah, berdzikir,beristighfar dll. Masih bisa melafalkan kalimat itu kan mbah..
Mengajarkan:
-Allah
-Istighfar (Astaghfirullahhal adzim)
Dengan menuntun bacaan kalimatnya.
Pasien
Iya mbak, masih ingat mbak…
Alhamdulillah saya tetap mengucapkan kalimat-kalimat itu mbak..
Sambil menatap wajah Rohis
Rohis
Oh..ya Alhamdulillah…kalau Mbah Suriyah masih mengingatnya,dan jgn lupa untuk berdo’a serta berusaha untuk kesembuah Mbah,karena ini semua pasti ada hikmahnya.
Ya sudah kalo begitu..saya tak permisi dulu yam bah kalo ada apa-apa lebih baik mbah ngmg sajha sama saya,insya Allah saya bisa membantu.
Menjelaskan dengan memotivasi pasien demi kesembuhannya
Pasien
Iya..terima kasih banyak ya naak…
Tersenyum bahagia
Rohis
Iya mbah..sama-sama..
Kalao begitu,saya tak permisi dulu,karena saya mau piket dikantor..”assalamualaikum”…
Berpamitan
Sambil berjabat tangan
Pasien
Iyambak…”waalaikum salam”.
Berjabat tangan

* Hari Ke-Tiga (pasien dengan keluarga)
Rohis
“Assalmualaikum” wah-wah.. mbah suriah nampak sudah segar dan sehat kembali,bagaimana keadaannya mbah?sudah membaik? Dan apa punggungnya masih terasa sakit?
Memasuki kamar pasien dengan senyum semangat
Pasien
Iya mbak,alhamdullillah sudah membaik, meskipun masih terasa sakit.
Bahagia
Anak-
Pasien
Tapi kata dokter besok sore sudah diijinkan pulang mbak,dengan syarat, Ibuk mau rutin minum obat dan ibuk disuruh istirahat saja dirumah,karena gak boleh buat angkat barang-barang yang berat
Sambil menatap Ibuknya yang sedang berbaring diranjang
Rohis
Emm…iya betul itu Buk, simbah ini harus disuruh istirahat saja,
Menatap Keluarga dan pasien
Pasien
Iya iya..mulai sekarang saya tak lebih berhati-hati agar tidak menyusahkan yang lain.
Tappii..saya malu kalo saya pergi jam’iyyahan dengan ibu-ibu yang lain, masak harus pakai tongkat,kan jalannya membungkuk..
Suara pelan dan agak sewot
Rohis
Enggak apa-apa mbah,yakin saja itu Cuma sementara, yang penting mbah selalu dalam lindungan_NYA.
Sambil mengelus-elus bagian yang sakit
Anak-
Pasien
Amin…itu Buk,dengarkan kata mbak ini,ibuk harus tetap semangat
Memandangi ibu suriyah
Pasien
Iya,iya….
Sambil jengkel
Rohis
Ibuk sekeluarga, kata dokter diperbolehkan pulang jam berapa?
Suara halus
Anak-
Pasien
Katanya si nanti sore mbak,setelah dokter Agung pulang dari Jogja
Sambil menjuk arah ke barat(Jogja)

4.      Tahap Terminasi
Rohis
Oh..begitu..saya ikut senang mendengar kabar ini,kalau mbah Suriyah sudah diperbolehkan untuk pulang buk..
Senyum bahagia
Pasien
& anak
pasien
Itu juga berkat motivasi mbak Rohis kok,kami jiga mengucapkan terima kasih banyak ya mbak..
Memandang Rohis
Rohis
Iya buk..itu sudah menjadi kewajiban kami sebagai Rohis dirumahsakit ini Buk..
Tersenyum dan memandang keluarga Pasien
Pasien
Mbak..jika saya membutuhkan motivasi atou yang lainnya bagaimana mbak..karena kalo anak dan cucu saya yang ngasih tau,saya pasti dimarahi terus mbak..
Suara pelan,karena takut dengar anaknya
Rohis
(tersenyum).iya mbah,tidak apa-apa..kalo mbah membutuhkannya, mbah bisa menghubungi nmr ini..
Sambil memberikan kartunama kepada keluarga pasien
Anak-
Pasien
Oh..iya mbak terima kasih banyak..semoga amal mbak diterma Allah SWT
Dengan menablik-nablik pundak Rohis
Rohis
Iya Buk..Amin..terima kasih atas doa ibuk dan keluarga..
*nampaknya pihak keluarga mbah suriah sedang berkemas-kemas, kalao begitu saya mohon pamit dulu Buk.Mbah karena masih ada Pasien yang lain.
Senang karena didoakan
Pasien
Oh ya mbak silahkan..
Mbah ucapkan terimakasih banyak, berkan mbak Aish saya jadi tegar seperti ini,Insya Allah kalao ada apa-apa saya akan meghubungi smpeyan lagi.
Sambil menatap Rohis
Rohis
Iya mbah…Silahkan,tidak apa-apa kok,selagi saya bisa.pasti saya akan bantu.
Mengangguk-anggukkan kepala
Anak _
Pasien
Iya..terima kasih banyak ya mbak
Tersenyum tanda senang
Rohis
Sam-sama buk..kalau begitu saya permisi dulu Buk, Assalamualaikum
Berjabat tangan
Anak Pasien
& pasien
Waalaikumsalam..terima kasih banyak lo mbak…
Saling berjabat tangan



1 comment:

  1. Ayo bosku Semuanya,
    Yuk iseng bermain game untuk mendapatkan uang tambahan setiap harinya Hanya di arena-domino.vip
    Modal Kecil Dapat Puluhan Juta ^^
    Bareng saya dan teman-temanku yang cantik-cantik loh !
    Info Situs www.arena-domino.vip
    yukk di add WA : +855964967353

    ReplyDelete

Cerita Nyata

BAPAK HOBI SELINGKUH Cerita ini merupakan pengalaman anak tetanggaku, sebut saja namanya Finsa. Saat ini usianya hampir mendekati 20 t...