SILABUS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
SD ………………….
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
MENDENGARKAN
1.
Memahami wacana lisan tentang berita dan drama
pendek
|
1.1.
Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televise
atu radio
|
Mendengarkan
berita radio/TV (menyimpulkan berita)
|
· Mendengarkan berita TV
· Mendengarkan berita
radio
|
§ Mendengarkan
berita dari TV/radio
§ Menentukan
hal-hal pokok berita
§ Menyimpulkan isi
berita yang didengar
|
§ Tertulis
|
1
minggu
|
§ Internet
§ Lembar tugas
§ Buku B.Indonesia
|
|
1.2.
Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan
secara lisan
|
Mendengarkan
drama pendek (menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang di dengar)
|
· Mendengarkan cerita
drama anak
|
§ Mendengarkan
drama pendek yang disampaikan
§ Menjawab
pertanyaan berdasarkan drama yang didengar
§ Menceritakan
kembali isi drama yang didengar
|
§ Tertulis
§ Praktek
|
1
minggu
|
§ Internet
§ Wayang stik
§ Lembar tugas
§ Buku B.Indonesia
|
BERBICARA
2.
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dengan
berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi
|
2.1.
Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan
(acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll)ndengan lafal, intonasi, dan
sikap yang tepat
|
Berpidato
(berdasarkan naskah yang dibuat)
|
· Berpidato
|
§ Menyampaikan
pidato untuk berbagai keperluan
§ Menyampaikan
pidato dengan intonasi, lafal dan sikap yang tepat
|
§ Praktek
|
1
minggu
|
§ Contoh pidato
§ Buku B.Indonesia
|
|
2.2.
Melaporkan isi buku yang dibaca (judul, pengarang,
jumlah halaman , dan isi) dengan kalimat yang runtut
|
Melaporkan
isi buku
|
· Melaporkan isi buku
|
§ Menentukan judul,
pengarang, jumlah halaman, dan isi
§ Menemukan
pokok-pokok isi buku
§ Menceritakan
kembali buku yang dibaca dengan bahasa sendiri secara ringkas
|
§ Tertulis
§ Praktek
|
1
minggu
|
§ Berbagai buku
§ Lembar tugas
§ Buku B.Indonesia
|
|
2.3.
Membacakan
puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat
|
Membaca
puisi karya sendiri
Pemahaman
tentang puisi (pengayaan)
|
· Membacakan puisi karya
sendiri
|
§ Memahami puisi
§ Membuat puisi
karya sendiri
§ Membaca puisi
karya sendiri dengan ekspresi yang tepat
|
§ Tertulis
§ Praktek
|
1
minggu
|
§ Internet (video puisi)
§ Buku B.Indonesia
|
MEMBACA
3.
Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca
teks drama
|
3.1.
Menemukan makna tersirat suatu teks melalui membaca
intensif
|
Menentukan
makna tersirat
Ungkapan
(pengayaan)
|
· Menentukan makna
tersirat
· Menyebutkan dan
mengartikan kata ungkapan
|
§ Memahami teks
yang di baca
§ Menemukan makna tersirat
suatu teks
§ Mengartikan makna
tersirat suatu teks
§ Menentukan pokok
pikiran paragraf
§ Menyebutkan kata
ungkapan dalam teks
§ Menyebutkan arti
kata ungkapan dalam teks
|
§ Tertulis
§ Praktek
|
1
minggu
|
§ Buku bacaan
§ Kartu permainan
“mencocokkan kartu”
§ Lembar tugas
§ Buku B.Indonesia
|
|
3.2.
Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat,
latar, tema, jalan cerita dan amanat) dari teks drama anak
|
Unsur-unsur
intrinsik dalam drama anak
Menentukan
pokok pikiran dan menyusun paragraf (pengayaan)
|
· Menentukan unsur
intrinsik
· Menentukan pokok
pikiran teks drama
|
§ Membaca teks
drama
§ Mengidentifikasi
unsur-unsur intrinsik dari teks drama anak
§ Menyebutkan pokok
paragraf dalam teks drama
|
§ Tertulis
§ Praktek
|
1
minggu
|
§ Buku cerita
§ Lembar tugas
§ Buku B.Indonesia
|
MENULIS
4.
Mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis
dalam bentuk naskah pidato dan surat resmi
|
4.1.
Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang
tahun, perayaan sekolah, dll) dengan bahasa yang baik dan benar, serta
memperhatikan penggunaan ejaan
|
Membuat
naskah pidato
Kalimat
efektif dan tidak efektif
Kata
ulang (pengayaan)
|
· Membuat naskah pidato
· Menentukan kata efektif
dan tidak efektif
· Menentukan kata ulang
|
§ Menentukan
kerangka/bagian-bagian pidato
§ Membuat naskah
pidato/sambutan
§ Menentukan
jenis-jenis pidato
§ Menenyebutkan
metode pidato
§ Membedakan
kalimat efektif dan tidak efektif
§ Menyebutkan
kalimat efektif dan tidak efektif
§ Menemukan kata
ulang
§ Membedakan kata
ulang asli dan bukan kata ulang
|
§Tertulis
§Praktek
|
2
minggu
|
§ Internet (video pidato)
§ Slide power point
§ Lembar tugas
§ Kartu kalimat efektif
dan tidak efektif
§ Kartu kata ulang
§ Buku B.Indonesia
|
|
4.2.
Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan
kata sesuai dengan orang yang dituju
|
Surat
resmi
|
· Menentukan ciri-ciri
surat resmi
· Membuat surat resmi
|
§ Menyebutkan
bagian-bagian surat resmi
§ Membuat surat
resmi
§ Membandingkan
surat resmi dan tidak resmi
|
§ Tertulis
§ Praktek
|
1
minggu
|
§ Contoh berbagai surat
resmi
§ Internet
§ Buku B.Indonesia
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
No comments:
Post a Comment