Thursday, October 25, 2018

SILABUS PEMBELAJARAN BAHASA TERM 2

SILABUS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
SD ………………….
KELAS 6, SEMESTER II,T.A 2016/2017
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan
Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/Bahan/
Alat
MENDENGARKAN
1.       Memahami wacana lisan tentang berita dan drama pendek
1.1.  Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televise atu radio
Mendengarkan berita radio/TV (menyimpulkan berita)
·      Mendengarkan berita TV
·      Mendengarkan berita radio
§ Mendengarkan berita dari TV/radio
§ Menentukan hal-hal pokok berita
§ Menyimpulkan isi berita yang didengar
§ Tertulis
1 minggu
§ Internet
§ Lembar tugas
§ Buku B.Indonesia

1.2.  Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan
Mendengarkan drama pendek (menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang di dengar)
·     Mendengarkan cerita drama anak
§ Mendengarkan drama pendek yang disampaikan
§ Menjawab pertanyaan berdasarkan drama yang didengar
§ Menceritakan kembali isi drama yang didengar
§ Tertulis
§ Praktek
1 minggu
§ Internet
§ Wayang stik
§ Lembar tugas
§ Buku B.Indonesia
BERBICARA
2.       Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi
2.1.  Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll)ndengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat
Berpidato (berdasarkan naskah yang dibuat)
·     Berpidato
§ Menyampaikan pidato untuk berbagai keperluan
§ Menyampaikan pidato dengan intonasi, lafal dan sikap yang tepat
§ Praktek
1 minggu
§ Contoh pidato
§ Buku B.Indonesia


2.2.  Melaporkan isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman , dan isi) dengan kalimat yang runtut
Melaporkan isi buku
·     Melaporkan isi buku
§ Menentukan judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi
§ Menemukan pokok-pokok isi buku
§ Menceritakan kembali buku yang dibaca dengan bahasa sendiri secara ringkas
§ Tertulis
§ Praktek
1 minggu
§ Berbagai buku
§ Lembar tugas
§ Buku B.Indonesia

2.3.   Membacakan puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat
Membaca puisi karya sendiri

Pemahaman tentang puisi (pengayaan)
·     Membacakan puisi karya sendiri
§ Memahami puisi
§ Membuat puisi karya sendiri
§ Membaca puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat
§ Tertulis
§ Praktek
1 minggu
§ Internet (video puisi)
§ Buku B.Indonesia
MEMBACA
3.       Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama
3.1.  Menemukan makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif
Menentukan makna tersirat

Ungkapan (pengayaan)
·      Menentukan makna tersirat

·      Menyebutkan dan mengartikan kata ungkapan
§ Memahami teks yang di baca
§ Menemukan makna tersirat suatu teks
§ Mengartikan makna tersirat suatu teks
§ Menentukan pokok pikiran paragraf
§ Menyebutkan kata ungkapan dalam teks
§ Menyebutkan arti kata ungkapan dalam teks
§ Tertulis
§ Praktek
1 minggu
§ Buku bacaan
§ Kartu permainan “mencocokkan kartu”
§ Lembar tugas
§ Buku B.Indonesia

3.2.  Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita dan amanat) dari teks drama anak
Unsur-unsur intrinsik dalam drama anak

Menentukan pokok pikiran dan menyusun paragraf (pengayaan)
·      Menentukan unsur intrinsik


·      Menentukan pokok pikiran teks drama
§ Membaca teks drama
§ Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dari teks drama anak
§ Menyebutkan pokok paragraf dalam teks drama
§ Tertulis
§ Praktek
1 minggu
§ Buku cerita
§ Lembar tugas
§ Buku B.Indonesia
MENULIS
4.       Mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah pidato dan surat resmi
4.1.  Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
Membuat naskah pidato

Kalimat efektif dan tidak efektif

Kata ulang (pengayaan)
·      Membuat naskah pidato

·      Menentukan kata efektif dan tidak efektif

·      Menentukan kata ulang
§ Menentukan kerangka/bagian-bagian pidato
§ Membuat naskah pidato/sambutan
§ Menentukan jenis-jenis pidato
§ Menenyebutkan metode pidato
§ Membedakan kalimat efektif dan tidak efektif
§ Menyebutkan kalimat efektif dan tidak efektif
§ Menemukan kata ulang
§ Membedakan kata ulang asli dan bukan kata ulang
§Tertulis
§Praktek
2 minggu
§ Internet (video pidato)
§ Slide power point
§ Lembar tugas
§ Kartu kalimat efektif dan tidak efektif
§ Kartu kata ulang
§ Buku B.Indonesia

4.2.  Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju
Surat resmi
·     Menentukan ciri-ciri surat resmi
·     Membuat surat resmi
§ Menyebutkan bagian-bagian surat resmi
§ Membuat surat resmi
§ Membandingkan surat resmi dan tidak resmi
§ Tertulis
§ Praktek
1 minggu
§ Contoh berbagai surat resmi
§ Internet
§ Buku B.Indonesia
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran


          ……………………………                                                                                                                                                                                                 …………………………………..          

No comments:

Post a Comment

Cerita Nyata

BAPAK HOBI SELINGKUH Cerita ini merupakan pengalaman anak tetanggaku, sebut saja namanya Finsa. Saat ini usianya hampir mendekati 20 t...