KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
(KKM)
TAHUN
AJARAN 2018/2019
Nama Sekolah :
SD
Mata Pelajaran ;
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelasa :
4 (Empat)
Semester :
1 (Satu)
Kompetensi Dasar :
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Standar
Ketuntasan Minimal
|
Nilai
|
||
Kompleksitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
|
|||
3.1Mengidentifikasi
karakteristik
ruang dan
pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat
kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi
|
3.1.1 Mengidentifikasi
karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta pemanfaatan
sumber daya alamnya bagi kesejahteraan
masyarakat.
|
70
|
80
|
80
|
76.6
|
3.1.2 Menjelaskan karakteristik ruang dan
pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat
kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
|
70
|
80
|
70
|
73.3
|
|
3.1.3 Mengidentifikasi
pemanfatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat.
|
60
|
70
|
70
|
66.6
|
|
3.1.5 Mengidentifikasi
pemanfatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat.
|
70
|
70
|
70
|
70
|
|
Nilai
KD 3.1 = 71.6
|
|||||
3.2 Memahami
keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat
sebagai identitas bangsa Indonesia.
|
3.2.1 Mengidentifikasi
keragaman budaya, etnis, dan agama dari temanteman di kelas sebagai identitas
bangsa Indonesia.
|
75
|
80
|
60
|
71.6
|
3.2.2
Menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan
sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
|
70
|
80
|
65
|
71.6
|
|
3.2.4 Menjelaskan
perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya, dan agama
di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan
lisan.
|
65
|
75
|
70
|
70
|
|
3.2.5 Menjelaskan pengalaman sikap menghargai maknanan tradisional sebagai
identitas bangsa Indonesia.
|
70
|
80
|
70
|
73.7
|
|
Nilai
KD 3.2 =71.6
|
|||||
3.3 Mengidentifikasi kegiatan
ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat dibidang pekerjaan, sosial
dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
|
3.3.1
Membandingkan jenis pekerjaan sesuai tempat hidup penduduk.
|
70
|
80
|
70
|
73.7
|
3.3.2
Menjelaskan hasil identifikasi tentang kegiatan ekonomi dan berbagai
pekerjaan yang terkait dengan kegiatan ekonomi tersebut di lingkungan
sekitar.
|
75
|
80
|
75
|
76.6
|
|
3.3.3
Membandingkan jenis pekerjaan yang terlibat dalam suatu kegiatan ekonomi.
|
70
|
70
|
70
|
70
|
|
3.3.4 Menjelaskan hasil identifikasi tentang kegiatan
ekonomi
dan berbagai pekerjaan yang terkait dengan
kegiatan ekonomi tersebut di lingkungan sekitar.
|
75
|
80
|
70
|
75
|
|
3.3.5 Menyebutkan
jenis pekerjaan yang berhubungan dengan sosial budaya
|
70
|
70
|
75
|
70
|
|
Nilai
KD 3.3 = 73.06
|
|||||
3.4 Mengidentifikasi kerajaan
Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini
di lingkungan daerah setempat.
|
3.4.1 Menyebutkan
peninggalan kerajaan masa Islam pada masa kini dan pengaruhnya bagi
mastarakat di wilayah setempat.
|
75
|
75
|
65
|
71.6
|
3.4.2 Menyebutkan
sikap kepahlawanan sebagai peninggalan kerajaan masa Islam dan pengaruhnya
terhadap masa kini bagi mastarakat di wilayah setempat.
|
80
|
70
|
65
|
71.6
|
|
Nilai
KD 3.4 = 71.6
|
|||||
4.1 Menyajikan hasil identifikasi
karakteristik
ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari
tingkat kota/
kabupaten sampai
tingkat provinsi
|
4.1.1 Menyajikan
informasi hasil identifikasi karakteristik dataran tinggi, dataran rendah,
dan pantai serta pemanfaatan sumber daya alamnya bagi kesejahteraan
masyarakat.
|
65
|
80
|
75
|
73.3
|
4.1.2 Menyajikan
informasi dari karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat
provinsi.
|
65
|
70
|
80
|
71.6
|
|
4.1.3 Menyajikan informasi hasil identifikasi pemanfataan sumber daya alam
hayati bagi kesejahteraan masyarakat.
|
75
|
75
|
70
|
73.3
|
|
4.1.5 Menyajikan
informasi hasil identifikasi pemanfataan sumber daya alam hayati bagi
kesejahteraan masyarakat
|
75
|
75
|
70
|
73.3
|
|
Nilai
KD 4.1 = 72.8
|
|||||
4.2 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya,
etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
|
4.2.1 Mengomunikasikan
secara lisan dan tulisan keragaman budaya, etnis, dan agama dari temanteman
di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia.
|
70
|
80
|
70
|
73.7
|
4.2.2
Mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan
sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten
sampai tingkat provinsi.
|
65
|
70
|
75
|
70
|
|
4.2.4 Menceritakan
perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial,budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia
secara tertulis dan lisan.
|
70
|
75
|
80
|
75
|
|
4.2.5 Mengomunikasikan
pengalaman sikap menghargai makanan
tradisional sebagai identitas bangsa Indonesia.
|
75
|
80
|
80
|
78.3
|
|
Nilai
KD 4.2 = 74.25
|
|||||
4.3Menyajikan hasil
identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat
dibidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
|
4.3.1 Melaporkan
jenis pekerjaan berdasarkan tempat tinggal penduduk dalam bentuk tulisan.
|
65
|
70
|
75
|
70
|
4.3.2
Menyajikan hasil identifikasi tentang kegiatan ekonomi dan berbagai pekerjaan
yang terkait dengan kegiatan ekonomi tersebut di lingkungan sekitar.
|
70
|
70
|
75
|
71.6
|
|
4.3.3 Melaporkan
jenis pekerjaan berdasarkan suatu kegiatan ekonomi.
|
70
|
75
|
80
|
75
|
|
4.3.4 Menyajikan hasil
identifikasi tentang kegiatan ekonomi
dan berbagai pekerjaan yang terkait dengan
kegiatan ekonomi tersebut di lingkungan sekitar.
|
65
|
70
|
75
|
70
|
|
4.3.5 Melaporkan
jenis pekerjaan yang berhubungan dengan sosial budaya.
|
70
|
70
|
70
|
70
|
|
Nilai
KD 4.3 = 71.32
|
|||||
4.4 Menyajikan
hasil identifikasi kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada
kehidupan masyarakat masa kini di lingkungan daerah setempat.
|
4.4.1 Membuat
laporan peninggalan kerajaan masa Islam pada masa kini dan pengaruhnya bagi
masyarakat di wilayah setempat dalam bentuk peta pikiran.
|
75
|
70
|
65
|
70
|
4.4.2
Menyajikan dalam bentuk peta pikiran pahlawanan di masa kerajaan Islam dan
pengaruhnya bagi masyarakat di wilayah setempat pada masa kini.
|
75
|
70
|
65
|
70
|
|
Nilai
KD 4.4 =70
|
|||||
KKM IPS Semester 1= 72
|
No comments:
Post a Comment