Thursday, October 25, 2018

CONTOH KKM IPS TEMATIK KELAS 4 SEMESTER 1


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
(KKM)
TAHUN AJARAN 2018/2019
Nama Sekolah              : SD
Mata Pelajaran             ; Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelasa                         : 4 (Empat)
Semester                    : 1 (Satu)
Kompetensi Dasar         : 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
         ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
         dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 

Kompetensi Dasar
Indikator
Standar Ketuntasan Minimal
Nilai
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
3.1Mengidentifikasi karakteristik
ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi
3.1.1 Mengidentifikasi karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta pemanfaatan sumber daya alamnya bagi kesejahteraan
masyarakat.

70

80

80

76.6
3.1.2  Menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi

70

80

70

73.3
3.1.3 Mengidentifikasi pemanfatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat.
60
70
70
66.6
3.1.5 Mengidentifikasi pemanfatan sumber daya alam hayati bagi    kesejahteraan masyarakat.
70
70
70
70
Nilai KD 3.1 = 71.6
3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
3.2.1 Mengidentifikasi keragaman budaya, etnis, dan agama dari temanteman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia.
75
80
60
71.6
3.2.2 Menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya  alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
70
80
65
71.6
3.2.4 Menjelaskan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.
65
75
70
70
3.2.5  Menjelaskan pengalaman sikap menghargai maknanan tradisional sebagai identitas bangsa Indonesia.
70
80
70
73.7
Nilai KD 3.2 =71.6
3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat dibidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
3.3.1 Membandingkan jenis pekerjaan sesuai tempat hidup penduduk.
70
80
70
73.7
3.3.2 Menjelaskan hasil identifikasi tentang kegiatan ekonomi dan berbagai pekerjaan yang terkait dengan kegiatan ekonomi tersebut di lingkungan sekitar.

75

80

75

76.6
3.3.3 Membandingkan jenis pekerjaan yang terlibat dalam suatu kegiatan ekonomi.
70
70
70
70
3.3.4 Menjelaskan hasil identifikasi tentang kegiatan ekonomi
dan berbagai pekerjaan yang terkait dengan kegiatan ekonomi tersebut di lingkungan sekitar.
75
80
70
75
3.3.5 Menyebutkan jenis pekerjaan yang berhubungan dengan sosial budaya
70
70
75
70
Nilai KD 3.3 = 73.06
3.4 Mengidentifikasi kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini di lingkungan daerah setempat.
3.4.1 Menyebutkan peninggalan kerajaan masa Islam pada masa kini dan pengaruhnya bagi mastarakat di wilayah setempat.
75
75
65
71.6
3.4.2 Menyebutkan sikap kepahlawanan sebagai peninggalan kerajaan masa Islam dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi mastarakat di wilayah setempat.

80

70

65

71.6
Nilai KD 3.4 = 71.6
4.1  Menyajikan hasil identifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari tingkat kota/
kabupaten sampai tingkat provinsi
4.1.1  Menyajikan informasi hasil identifikasi karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta pemanfaatan sumber daya alamnya bagi kesejahteraan masyarakat.

65

80

75

73.3
4.1.2  Menyajikan informasi dari karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.

65

70

80

71.6
4.1.3  Menyajikan informasi hasil identifikasi pemanfataan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat.
75
75
70
73.3
4.1.5  Menyajikan informasi hasil identifikasi pemanfataan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat
75
75
70
73.3
Nilai KD 4.1 = 72.8
4.2  Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
4.2.1 Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan keragaman budaya, etnis, dan agama dari temanteman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia.

70

80

70

73.7
4.2.2 Mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.

65

70

75

70
4.2.4 Menceritakan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial,budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.

70

75

80

75
4.2.5 Mengomunikasikan pengalaman sikap menghargai makanan tradisional sebagai identitas bangsa Indonesia.

75

80

80

78.3
Nilai KD 4.2 = 74.25
4.3Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat dibidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
4.3.1 Melaporkan jenis pekerjaan berdasarkan tempat tinggal penduduk dalam bentuk tulisan.
65
70
75
70
4.3.2 Menyajikan hasil identifikasi tentang kegiatan ekonomi dan berbagai pekerjaan yang terkait dengan kegiatan ekonomi tersebut di lingkungan sekitar.

70

70

75

71.6
4.3.3 Melaporkan jenis pekerjaan berdasarkan suatu kegiatan ekonomi.
70
75
80
75
4.3.4  Menyajikan hasil identifikasi tentang kegiatan ekonomi
dan berbagai pekerjaan yang terkait dengan kegiatan ekonomi tersebut di lingkungan sekitar.

65

70

75

70
4.3.5 Melaporkan jenis pekerjaan yang berhubungan dengan sosial budaya.
70
70
70
70
Nilai KD 4.3 = 71.32
4.4 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini di lingkungan daerah setempat.
4.4.1 Membuat laporan peninggalan kerajaan masa Islam pada masa kini dan pengaruhnya bagi masyarakat di wilayah setempat dalam bentuk peta pikiran.

75

70

65

70
4.4.2 Menyajikan dalam bentuk peta pikiran pahlawanan di masa kerajaan Islam dan pengaruhnya bagi masyarakat di wilayah setempat pada masa kini.

75

70

65

70
Nilai KD 4.4 =70
KKM IPS Semester 1= 72



No comments:

Post a Comment

Cerita Nyata

BAPAK HOBI SELINGKUH Cerita ini merupakan pengalaman anak tetanggaku, sebut saja namanya Finsa. Saat ini usianya hampir mendekati 20 t...