SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
Satuan Pendidikan : SD
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.1. Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang
gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku
4.1. Mengamati, mengolah, dan
menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas,
bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
|
·
Membaca informasi dari teks laporan hasil pengamat-an tentang gaya,
gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya
·
Pelaporan hasil pengamat-an tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi,
dan cahaya
|
·
Menanyakan tentang
keberagaman/perbeda-an
·
Menanyakan tentang ragam pakaian dan rumah adat yang ada di Indonesia
·
Saling bertanya tentang permainan fahombo
·
Mewawancarai masyarakat tentang pekerjaan yang menghasilkan karya seni
·
Bertanya dengan kata tanya (apa, siapa, mengapa, kapan, di mana, dan
bagaimana)
·
Membaca teks candi di Indonesia
·
Membaca teks kerajaan Demak
·
Mengamati makanan khas daerah
·
Mengamati daftar harga makanan
·
Membaca teks permainan kasti
·
Membaca teks pemantulan dan penyerapan bunyi
|
Tes lisan, tertulis
dan perbuatan
·
Menyelesaikan LKS
·
Melaporkan hasil
diskusi/observasi
Portofolio
·
Menulis cerita tentang
keanekaragaman budaya
|
5 M x 32 JP
|
·
Buku Teks Pelajaran Kelas IV
·
Media gambar
·
Casette tape recorder
·
Perleng-kapan untuk eksperi-men/ eksplora-si
·
Surat kabar, majalah, tabloid, print out internet dll
·
Teks bacaan tentang energy alternative dan manfaat
energy matahari
·
Video
|
Tema 1
|
|||||
3.1 Menggali informasi dari teks
laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan
cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2 Menguraikan teks instruksi
tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan
tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan
menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas,
bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
4.2 Menerangkan
dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang pemeliharaan pancaindera
serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
|
Bentuk dan ciri teks genre faktual (teks laporan informatif hasil observasi, teks
arahan/ petunjuk, teks instruksi, teks surat tanggapan pribadi), genre cerita (cerita petualang-an, genre tanggapan, teks dongeng, teks permain-an/dolan-an daerah (teks wan-cara, ulas-an buku)
|
·
Membaca teks energi air
·
Membaca teks kisah ‘Ali Si Biji
Energi’
·
Membaca teks makanan yang membahayakan
·
Membaca teks gaya gesek
·
Membaca teks gaya otot
·
Membaca teks gaya gravitasi bumi
·
Merangkum tentang energi dari teks bacaan yang dipilihnya.
·
Menulis tes deskriptif tentang energy dan gaya
·
Mencari beberapa kosa- kata dan maknanya dalam kamus
·
Melakukan wawancara
·
Menulis cerita
|
Tes lisan, tertulis dan perbuatan
·
Melaporkan hasil
diskusi/observasi
·
Menyelesaikan LKS
Portofolio
·
Membuat cerita
|
5 M x 32 JP
|
·
Buku Teks Pelajaran Kelas IV
·
Media gambar
·
Casette tape recorder
·
Perleng-kapan untuk eksperi-men/ eksplora-si
·
Surat kabar, majalah, tabloid, print out internet dll
·
Teks bacaan tentang energy alternative dan manfaat
energy matahari
|
Tema 2
|
|||||
3.1 Menggali informasi dari teks
laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan
cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan
menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas,
bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
|
teks arahan/ petunjuk, teks instruksi, teks
surat tangga-pan pribadi), genre cerita (cerita petualang-an,genre tanggapan, teks dongeng, teks permain-an/dolan-an daerah (teks
wa-wancara, ulasan buku)
|
·
Membaca cerita tentang keluarga
·
Mengamati foto keluarga
·
Membaca teks tentang metamorfosis
·
Membaca berita tentang serangan nyamuk demam berdarah
·
Membaca cerita tentang apel
·
Membaca cerita tentang padi
·
Membaca
teks petualangan
·
Menulis tes deskriptif tentang hewan (burung, kupu-kupu, kucing, ayam,
laba-laba, serangga dll.)
·
Mencari beberapa kosa- kata dan maknanya dalam kamus
·
Melakukan wawancara
·
Menulis cerita
|
Tes lisan, tertulis dan perbuatan
·
Melaporkan hasil
diskusi/observasi
·
Menyelesaikan LKS
Portofolio
·
Cerita pengalaman
·
Poster peduli lingkungan
|
5 M x 32 JP
|
·
Buku Teks Pelajaran Kelas IV
·
Media gambar
·
Casette tape recorder
·
Benda-benda sebenar-nya
(serang-ga, ku-cing, obat,
buah, sayuran dll.)
·
Perleng-kapan untuk eksperi-men/ eksplora-si
·
Surat kabar, majalah, tabloid, print out internet dll
·
Poster
|
Tema 3
|
|||||
3.1. Menggali
informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi
panas, bunyi dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis, dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3. Menggali
informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta
kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis, dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4 Menggali
informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya
alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis,
dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1. Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,
energi, panas, bunyi dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3. Mengolah
dan menyajikan teks wawancara tentang
4.4 Menyajikan
teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara
mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan
ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
|
·
Wawancara tentang jenis-jenis usaha
·
teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam
·
Penyajian teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi,
panas, bunyi dan cahaya
·
Penyajian teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam
|
·
Membaca kisah semut dan belalang
·
Membaca teks percakapan
·
Menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan
·
Membedakan dua bentuk tulisan (wawancara dan laporan)
·
Menceritakan keadaan wilayah tempat tinggal dan jenis-jenis
pekerjaan yang ada
·
Menirukan percakapan dalam teks percakapan
·
Menceritakan hasil wawancara
·
Menjelaskan cita-cita yang ingi n
diraih
·
Mendiskusikan cara meraih
cita-cita
·
Mengkomunikasikan
·
cara meraih cita-cita dilengkapi
dengan gambar dan tulisan.
|
Tes lisan, tertulis dan perbuatan
·
Melaporkan hasil
diskusi/observasi
·
Menyelesaikan LKS
Portofolio
·
Menulis cerita tentang keanekaragaman budaya
|
5 M x 32 JP
|
·
Buku Teks Pelajaran Kelas IV
·
Media gambar
·
Casette tape recorder
·
Ling-kungan sekitar
·
Apotek
·
Benda-benda sebenar-nya
(serang-ga, ku-cing, obat,
buah, sayuran dll.)
·
Perleng-kapan untuk eksperi-men/ eksplora-si
·
Surat kabar, majalah, tabloid, print out internet dll
·
Poster
|
Tema 4
|
|||||
3.4. Menggali informasi dari teks cerita
petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
3.5. Menggali informasi dari teks
ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha
di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Menyajikan teks cerita
petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam
teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku
4.5. Mengolah dan menyajikan teks
ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha
di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
|
·
Teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam
·
Informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan
perkembangan Hindu-Budha di Indonesia
·
Penyajian teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan
perkembangan
|
·
Mencari informasi cara
menyusun cerita narasi dan deskripsi
·
Menyusun cerita
deskripsi salah satu situs yang pernah dikunjungi
·
peserta didik dengan
susunan kalimat yang baik dan benar.menggunakan bahasa Indonesia maupun
bahasa daerah peserta
·
Mencatat bukti sejarah
dan cerita tentang tempat bersejarah yang dikunjungi.
·
Membaca teks
tentang makna upacara bendera di sekolah
·
Membuat
pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks bacaan
·
Menukarkan
pertanyaan-pertanyaan dengan teman untuk saling menjawab
·
Mempercakapkan cara
membuat peta Indonesia dan tempat-tempat penting yang berhubungan dengan
sejarah awal bangsa Indonesia
·
Membaca teks cerita
tentang tokoh-tokoh pada jaman hindu,
budha dan islam di Indonesia
·
Mengumpulkan data
pengertian pahlawan
·
Menjawab pertanyaan isi
teks cerita
tentang tokoh-tokoh
pada jaman hindu, budha dan islam
di Indonesia
·
Mencari informasi nama
raja pada jaman hindu, budha dan islam serta perilaku baik yang pantas
ditiru dari tokoh-tersebut.
|
Tes lisan, tertulis dan perbuatan
·
Membaca cerita
·
Mengerjakan LKS
|
5 M x 32 JP
|
·
Buku Teks Pelajaran Kelas IV
·
Media gambar
·
Perleng-kapan untuk eksperi-men/ eksplora-si
·
Surat kabar, majalah, tabloid, print out internet dll
|
Tema 5
|
No comments:
Post a Comment