SILABUS
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas /Semester :
4 / II
Standar Kompetensi :
3.1 Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam
pemecahan masalah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.1.1Mengidentifikasi sifat- sifat operasi hitung
|
Sifat
–sifat operasi hitung bilangan
|
§ Menjelaskan macam-macam
sifat operasi hitung campur
§ Menyelesaikan soal yang
berkaitan dengan sifat operasi hitung campur
|
-
Siswa dapat menyebutkan macam-macam sifat operasi hitung
campur
-
Siswa dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan sifat
operasi hitung campur
|
Tertulis
Kinerja
Portofolio
|
2 x 35 menit
|
-
Sulardi. Pandai
Berhitung Matematika Untuk SD Kelas
IV. Erlangga
-
Marthen Kanginan, dan Andreas B. Darmawan. Matematika Untuk SD / MI Kelas IV Satu
Nusa
-
Gunanto dan Dhesy A. ESPS
untuk SD /MI kela IV. Erlangga
-
Tim Penulis Grasindo.
Pintar matematika untuk SD / MI kelas 4. Grasindo
|
3.1.2
Melakukan operasi perkalian dan pembagian
|
Operasi
hitung perkalian dan pembagian
|
§
Mengalikan bilangan dua angka dengan dua angka dan tiga
angka
234
12 x
468
234 +
2808
§
Mempelajari pembagian bilangan tiga angka dengan dua
bilangan atau satu angka secara berurutan. Membagi bilangan empat angka
dengan bilangan satu atau dua angka.
§
Membagi bilangan tiga angka dengan bilangan satu angka
4√848 = 212
8 -
48
48 –
0
|
-
Siswa dapat mengalikan bilangan dua angka dengan bilangan
dua angka dan tiga angka
-
Siswa dapat menghitung pembagian dengan cara tidak bersisa
|
Tertulis
Kinerja
Portofolio
|
2 x 35 menit
|
|
3.1.3
Melakukan operasi hitung campuran
|
Operasi
hitung campur dan soal cerita
|
§ Melakukan operasi hitung campuran dengan menentukan urutan dalam
pengerjaan hitung.
§ 42 + 38 x 27 - 144 : 9 = 1052
§ Menyelesaikan soal
cerita yang berkaitan dengan kehidupan-sehari-hari.
Contoh
:
Seorang
pedagang buah mempunyai persediaan apel sebanyak 672 buah. Apel itu akan
dikemas dalam kantong plastik sama banyak. Setiap kantong berisi 8 buah.
Berapa buah kantong plastik yang harus disiapkan pedagang tersebut ? 672 : 8
= 84 kantong plastik
|
-
Siswa dapat melakukan operasi
hitung campuran dan menentukan urutan operasi hitung dalam pengerjaan soal
-
Siswa dapat memecahkan masalah yang melibatkan operasi
hitung campur
|
Tertulis
Kinerja
Portofolio
|
2 x 35 menit
|
Standar Kompetensi :
3.2 Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||||||||||||||||||||
3.2.1 Mengurutkan bilangan bulat
|
Mengurutkan
bilangan bulat
|
§
Memahami bilangan positif dan bilangan negatif
§
Membaca dan menulis lambang bilangan
bulat
10
dibaca positif sepuluh
–10 dibaca
negatif sepuluh
negatif sembilan puluh
sembilan dituliskan –99
seratus lima dituliskan
105
§
Penggunaan bilangan bulat negatif
ü
Suhu di daerah kutub dapat mencapai 15 derajat di bawah permukaan air laut
ü
Daerah itu rawan banjir karena ketinggiannya 5 cm di bawah
air sungai
§
Membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat
Semakin ke kiri nilai
bilangan semakin kecil. Sebaliknya, semakin ke kanan nilai bilangan semakin
besar.
Ex : 1 > 0
ü Urutan bilangan dari
yang terkecil adalah
–25, –10,
–5, 0,
10, 20, 30
ü Urutan bilangan dari
yang terbesar adalah
30, 20,
10, 0, –5,
–10, –25
|
-
Siswa dapat mengurutkan bilangan
bulat dari yang terkecil atau sebaliknya.
|
Tertulis
Kinerja
Portofolio
|
2 x 35 menit
|
-
Sulardi. Pandai
Berhitung Matematika Untuk SD Kelas
IV. Erlangga
-
Marthen Kanginan, dan Andreas B. Darmawan. Matematika Untuk SD / MI Kelas IV Satu
Nusa
-
Gunanto dan Dhesy A. ESPS
untuk SD /MI kela IV. Erlangga
-
Tim Penulis Grasindo.
Pintar matematika untuk SD / MI kelas 4. Grasindo
|
|||||||||||||||||||||
3.2.2
Menjumlahkan bilangan bulat
|
Penjumlahan
bilangan bulat
|
1.
Penjumlahan bilangan bulat
menggunakan garis bilangan
A.
Positif
dengan positif 4 + 5 = 9
-5 -4
-3 -2 -1 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Diagram panah dari 0
ke 4 menunjukkan bilangan 4
Diagram panah dari 4
ke 9 menunjukkan bilangan 5
Hasilnya ditunjukkan diagram
panah dari 0 ke 9
Jadi, 4 + 5 = 9
B.
Positif
dengan negatif
7
-5 -4
-3 -2 -1 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9
C.
Negatif dengan positif -6 + 9 = 3
9
-6
-7 -6
-5 -4 -3
-2 -1 0 1 2 3
4 5
D.
-8 -7 -6 -5 -4 -3 -2 -1 0 1 2 3 4
2. Penjumlahan tanpa menggunakan garis bilangan
a. 56 + (–18)
56 – 18 = 38
b. (–206) + 106 = –100
|
-
Siswa dapat mejumlahkan bilangan
bulat tiga angka kurang dari 5000
|
Tertulis
Kinerja
Portofolio
|
2 x 35 menit
|
||||||||||||||||||||||
3.2.3Mengurangkan
bilangan bulat
|
Pengurangan
bilangan bulat
|
|
-
Siswa dapat mengurangkan bilangan
bulat
|
Tertulis
Kinerja
Portofolio
|
2 x 35 menit
|
||||||||||||||||||||||
3.2.4
melakukan operasi hitung campuran
|
Operasi
hitung campur bilangan bulat
|
§ Melakukan hitung campuran
(penjumlahan dan pengurangan) pada bilangan bulat menggunakan garis bilangan
§ Melakukan hitung campuran (penjumlahan
dan pengurangan) pada bilangan bulat menggunakan garis bilangan
§ Melakukan hitung campuran bilangan
bulat yang melibatkan 2 jenis operasi hitung
Jadi, (–4)
+ 12 – 3 = 5
Ex :
42 + (–35)
– 12
42 – 35
– 12
7
– 12 = –5
§ Menyelesaikan soal
cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campur bilangan bulat
Contoh
:
Seekor
katak melompat 3 satuan ke kanan dari titik nol, lalu berbalik 5 satuan ke
kiri. Katak itu sekarang berada di titik
-2
|
-
Siswa dapat melakukan operasi
hitung campuran penjumlahan dan pengurangan
-
Siswa mampu menyelesaikan soal
cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campur bilangan bulat
|
|
|
Standar Kompetensi :
3.4. Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.4.1 Mendeskripsikan konsep faktor dan kelipatan
|
kelipatan dan
faktor
|
§ Menulis kelipatan dari bilangan
yang ditentukan
§ Membuat kesimpulan tentang
pengertian konsep kelipatan
§ Menulis faktor dari bilangan
ditentukan
§ Membuat kesimpulan tentang pengertian konsep
faktor
|
-
Menjelaskan arti kelipatan berdasarkan contoh
-
Menjelaskan arti faktor berdasarkan contoh
|
Tertulis
Kinerja
Portofolio
|
2 x 35 menit
|
- Sulardi. Pandai Berhitung Matematika Untuk SD Kelas IV. Erlangga
- Marthen Kanginan, dan
Andreas B. Darmawan. Matematika Untuk
SD / MI Kelas IV Satu Nusa
- Gunanto dan Dhesy A. ESPS untuk SD /MI kela IV. Erlangga
- Tim Penulis Grasindo. Pintar matematika untuk SD / MI kelas 4.
Grasindo
|
3.4.2 Menentukan
kelipatan dan faktor bilangan
|
Kelipatan dan faktor
|
§ Menyelesaikan soal berkaitan
kelipatan suatu bilangan
§ Menyelesaikan soal berkaitan
faktor suatu bilangan
§ Menyelesaikan soal berkaitan
kelipatan dan faktor dari dua bilangan
|
-
Menentukan kelipatan suatu bilangan melalui latihan
soal
-
Menentukan faktor dari suatu bilangan melalui latihan
soal
-
Menentukan kelipatan dan faktor dari dua bilangan
melalui latihan soal
|
Tertulis
Kinerja
Portofolio
|
2 x 35 menit
|
|
3.4.3 Menentukan
kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
|
FPB dan KPK
|
§ Menentukan faktor dari bilangan
yang ditentukan sekurangnya dua bilangan
§ Menentukan kelipatan dari bilangan
yang ditentukan sekurangnya dua bilangan
§ Menentukan KPK dari bilangan yang
ditentukan sekurangnya dua bilangan
§ Menentukan FPB dari bilangan yang
ditentukan sekurangnya dua bilangan
|
-
Menentukan faktor dan kelipatan sekurang – kurangnya
dua bilangan
-
Menentukan KPK dan FPB dari dua bilangan
|
Tertulis
Kinerja
Portofolio
|
2 x 35 menit
|
|
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor
Persekutuan Terbesar (FPB)
|
|
§
Menyelesaikan soal cerita
yang berkaitan dengan KPK dan FPB
|
- Memecahkan masalah sehari – hari
berkaitan dengan KPK dan FPB melalui soal cerita
|
|
|
Standar
Kompetensi : 3.7 Menjelaskan dan
melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan satuan panjang dan berat
|
Satuan panjang dan
berat
|
§ Menentukan hasil operasi hitung
satuan panjang yang berbeda.
§ Menentukan hasil operasi hitung
satuan berat yang berbeda.
§ Menyelesaikan soal cerita
sederhana dalam kehidupan sehari – hari melalui operasi hitung berkaitan
dengan satuan panjang dan berat
|
-
Mengubah ukuran satuan panjang dan berat
- Menyelesaikan soal cerita
sederhana dalam kehidupan sehari – hari berkaitan dengan satuan panjang dan
berat
|
Tertulis
Kinerja
Portofolio
|
2 x 35 menit
|
- Sulardi. Pandai Berhitung Matematika Untuk SD Kelas IV. Erlangga
- Marthen Kanginan, dan
Andreas B. Darmawan. Matematika Untuk
SD / MI Kelas IV Satu Nusa
- Gunanto dan Dhesy A. ESPS untuk SD /MI kela IV. Erlangga
- Tim Penulis Grasindo. Pintar matematika untuk SD / MI kelas 4.
Grasindo
|
Standar
Kompetensi : 3.11 Menjelaskan data diri
peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Mengumpulkan dan membaca
data
|
Diagram
batang
|
§ Mengumpulkan data berat badan siswa
§ Mengolah dan mengurutkan data
§ menyajikan dalam bentuk tabel
§ Menyajikan dalam bentuk diagram batang
§ Membaca data dalam bentuk diagram batang
|
- Memahami cara
mengumpulkan data
- Mampu mengolah dan
mengurutkan data
- Mampu menyajikan data
dalam bentuk tabei
- Mampu menyajikan data
dalam bentuk diagram batang
- Mampu membaca data dalam
bentuk diagram batang
|
Tertulis
Kinerja
Portofolio
|
2 x 35 menit
|
- Sulardi. Pandai Berhitung Matematika Untuk SD Kelas IV. Erlangga
- Marthen Kanginan, dan
Andreas B. Darmawan. Matematika Untuk
SD / MI Kelas IV Satu Nusa
- Gunanto dan Dhesy A. ESPS untuk SD /MI kela IV. Erlangga
- Tim Penulis Grasindo. Pintar matematika untuk SD / MI kelas 4.
Grasindo
|
No comments:
Post a Comment