SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
Satuan Pendidikan : SD
Kelas / Semester : IV (Empat) / 2
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4: Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.3. Menjelaskan manfaat keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari
4.3. mengemukakan manfaat keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari
|
· Keragaman pekerjaan dan SDA yang dimanfaatkan
· Sikap dan nilai dalam menghadapi perbedaan agama
· Nama – nama suku dan cara melestarikan bahasa daerah
· Nama-nama pakaian adat dan cara melestarikannya
|
·
Membuat komik profesi
·
Survei keragaman pekerjaan orang
tua dan SDA yang dimanfaatkannya
·
Identifikasi tentang giat
mengejar cita-cita
·
Mendiskusikan sikap dan nilai
dalam menghadapi perbedaan agama
·
Matching card tentang nama-nama suku
di Indonesia
·
Mendiskusikan tentang cara
melestarikan bahasa daerah
·
Matching card tentang nama-nama
pakaian adat di Indonesia
·
Mendiskusikan tentang cara
melestarikan pakaian adat di Indonesia
|
· Tes lisan
· Unjuk kerja
· Tes tertulis
· Home projek tentang karakteristik anggota keluarga dan kegemaran
anggota keluarga
|
12 m x 3 JP
|
·
Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Revisi 2017
·
Buku Pendamping Tematik Terpadu
Kurikulum K13, Pendidikan Kewarganegaraan. Erlanger
·
Buku Penilaian Autentik(BUPENA)
kelas 4, Erlangga
·
Erlanlangga straight point
series (ESPS) PKn kelas 4, Erlangga
|
3.4. Mengidentifikasi berbagai bentuk
keberagaman suku bangsa, social, dan budaya di Indonesia yang terikat
persatuan dan kesatuan
4.4. menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku
bangsa, social, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
|
· Toleransi terhadap keragaman suku
· Sikap dalam menghadapi perbedaan lingkungan sekolah, keluarga dan
masyarakat
· Hak dan kewajiban terhadap lingkungan dan negara
· Sikap dan akibat tidak menjaga lingkungan sekitar
|
·
Mendiskusikan tentang toleransi
terhadap keragaman suku di Indonesia
·
Mendiskusikan sikap dalam
menghadapi perbedaan di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat
·
Identifikasi tentang keunikan di
daerah tempat tinggal
·
Mendiskusikan keberagaman
dilingkungan tempat tinggal dan manfaatnya
·
Mendiskusikan hak dan kewajiban
terhadap lingkungan
·
Menyebutkan contoh sikap yang
menunjukkan peduli terhadap lingkungan
·
Mendiskusikan hak dan kewajiban
terhadap negara
·
Menyebutkan sikap persatuan dan
kesatuan dalam menjaga lingkungan sekitar
·
Menyebutkan sikap dan akibat
tidak menjaga lingkungan sekitar
|
· Tes lisan
· Unjuk kerja
· Tes tertulis
· Home projek tentang karakteristik anggota keluarga dan kegemaran
anggota keluarga
|
12 m x 3 JP
|
·
Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Revisi 2017
·
Buku Pendamping Tematik Terpadu
Kurikulum K13, Pendidikan Kewarganegaraan. Erlanger
·
Buku Penilaian Autentik(BUPENA)
kelas 4, Erlangga
·
Erlanlangga straight point
series (ESPS) PKn kelas 4, Erlangga
|
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
(...........................) (.......................)
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
Satuan Pendidikan : SD
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||||
3.1
Memahami makna dan keterkaitan
simbol-simbol sila dalam Pancasila untuk memahami Pancasila secara utuh
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar
rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu
kesatuan yang utuh
|
· Lambang dan makna
simbol Pancasila
· Perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima
simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh
|
·
Menyebutkan sila pancasila
·
Matching card antara lambang dan sila pada pancasila
·
Mendiskusikan makna sila dalam pancasila
·
Mendiskusikan makna symbol sila pancasila
·
Mempresentasikan makna symbol sila pancasila
·
Mendiskusikan sikap yang sesuai dengan sila pancasila
·
Mendiskusikan tentang pengambilan keputusan yang sesuai
nilai pancasila
·
Membuat kliping gambar penerapan sila 1-5 pancasila
·
|
· Tes lisan
· Unjuk kerja
· Tes tertulis
· Home projek tentang
aplikasi kewajiban terhadap tumbuhan
|
12 m x 3 JP
|
·
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Revisi 2017
·
Buku Pendamping Tematik Terpadu Kurikulum K13,
Pendidikan Kewarganegaraan. Erlanger
·
Buku Penilaian Autentik(BUPENA) kelas 4, Erlangga
·
Erlangga straight point series (ESPS) PKn kelas 4,
Erlangga
|
||||
3.2. Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak
sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
4.2. Menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan
kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
|
· Jenis-jenis tanggung jawab
· Hak dan kewajiban terhadap tumbuhan
· Cara-cara menjaga lingkungan
|
·
Mendiskusikan tentang contoh dari jenis tanggung jawab
·
Mempresentasikan hasil diskusi tentang contoh dari jenis
tanggung jawab
·
Menyebutkan hak dan kewajiban terhadap tumbuhan
·
Menjelaskan pemanfaatan hewan dari perburuan hewan liar
·
Mendiskusikan cara-cara menjaga lingkungan
·
Membuat poster hemat energy sebagai aplikasi kewajiban
menjaga energy
·
Stori telling menggunakan puppet tentang akibat tidak
menjaga lingkungan
·
|
· Tes lisan
· Unjuk kerja
· Tes tertulis
· Home projek tentang
aplikasi kewajiban terhadap tumbuhan
|
12 m x 3 JP
|
·
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Revisi 2017
·
Buku Pendamping Tematik Terpadu Kurikulum K13,
Pendidikan Kewarganegaraan. Erlanger
·
Buku Penilaian Autentik(BUPENA) kelas 4, Erlangga
·
Erlangga straight point series (ESPS) PKn kelas 4,
Erlangga
|
||||
|
·
|
·
|
·
|
|
·
|
||||
Mengetahui
Kepala Sekolah
(...............................)
|
|
Guru Kelas IV
(.............................)
|
|||||||
Assalamu'alaiku
ReplyDelete