KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
(KKM)
TAHUN AJARAN 2016/2017
Nama Sekolah :
SD ……………………………
Mata Pelajaran ;
Matematika
Kelasa :
4 (Empat)
Semester :
1 (Satu)
Kompetensi Dasar : 3. Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Standar
Ketuntasan Minimal
|
Rata-rata
|
Nilai
KKM
|
||
Kompleksitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
|
||||
3.1 Menjelaskan pecahan-pecahan
yang senilai dengan gambar atau model kongkrit.
|
3.1.1 Membuktikan hubungan pembilang dan
penyebut antar pecahan senilai.
|
72
|
74
|
73
|
73
|
73
|
KKM KD 3.1 = 73
|
||||||
3.2
Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen)
dan hubungan diantaranya.
|
3.2.1
Menunjukkan perbandingan pecahan dengan garis bilangan dan gambar.
|
72
|
74
|
73
|
73
|
73
|
3.2.2
Mengidentifikasi unsur-unsur pada pecahan campuran.
|
72
|
74
|
73
|
73
|
73
|
|
3.2.3
Mengidentifikasi bentuk pecahan desimal.
|
72
|
74
|
72
|
73
|
73
|
|
KKM KD 3.2 = 73
|
||||||
3.3 Menjelaskan dan melakukan
penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan
cacah maupun pecahan.
|
3.3.1 Menjelaskan cara melakukan
penaksiran jumlah dan selisih.
|
72
|
74
|
72
|
73
|
73
|
3.3.2 Menjelaskan cara melakukan
penaksiran perkalian dan pembagian
|
70
|
73
|
71
|
71
|
71
|
|
3.3.3 Menjelaskan prosedur penaksiran
bilangan cacah.
|
71
|
73
|
71
|
72
|
72
|
|
3.3.3 Menjelaskan konsep penaksiran
operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan
|
72
|
73
|
71
|
72
|
72
|
|
3.3.4
Menjelaskan cara melakukan penaksiran bilangan decimal
|
70
|
74
|
72
|
72
|
72
|
|
3.3.5
Menjelaskan cara melakukan penaksiran bilangan pecahan dan persen
|
70
|
73
|
72
|
72
|
72
|
|
3.3.6
Menjelaskan konsep penaksiran operasi penjumlahan dan pengurangan decimal
|
70
|
73
|
71
|
71
|
71
|
|
3.3.7
Menjelaskan cara melakukan penaksiran perkalian bilangan pecahan
|
70
|
73
|
72
|
72
|
72
|
|
3.3.7 Membuat soal yang terkait dengan
operasi penaksiran jumlah, selisih dan perkalian pada penaksiran pada
bilangan pecahan
|
70
|
73
|
70
|
71
|
71
|
|
3.3.7
Menjelaskan konsep penaksiran operasi perkalian dan pembagian decimal
|
70
|
73
|
72
|
72
|
72
|
|
3.3.10 Menjelaskan cara melakukan
penaksiran jumlah dan selisih bilangan decimal
|
70
|
73
|
72
|
72
|
72
|
|
3.3.11 Menjelaskan cara melakukan
penaksiran operasi persen
|
70
|
73
|
72
|
72
|
72
|
|
KKM KD 3.3 = 72
|
||||||
3.8 Menjelaskan segi banyak beraturan dan segi
banyak tidak beraturan.
|
3.8.1 Menyebutkan contoh-contoh segi
banyak di sekitar.
|
73
|
76
|
74
|
74
|
74
|
3.8.2 Menyebutkan contoh segi banyak
beraturan dan segi banyak tidak beraturan di lingkungan.
|
72
|
76
|
73
|
74
|
74
|
|
3.8.3 Menjelaskan segi banyak beraturan
dan segi banyak tidak beraturan.
|
72
|
76
|
73
|
73
|
73
|
|
3.8.6 Membandingkan hasil penaksiran dan
pengukuran sudut- sudut yang terdapat dalam segi banyak pada tangram
|
70
|
77
|
72
|
73
|
73
|
|
3.8.6 Mengidentifikasi hubungan antarsudut
pada bangun segiempat
|
71
|
77
|
73
|
74
|
74
|
|
KKM KD 3.8 = 74
|
||||||
3.9
Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas daerah persegi, persegi panjang,
dan segi tiga.
|
3.9.1
Menemukan rumus luas persegi menggunakan benda kongkrit.
|
70
|
75
|
72
|
72
|
72
|
3.9.2
Menemukan rumus keliling persegi menggunakan benda kongkrit
|
70
|
75
|
72
|
72
|
72
|
|
3.9.3
Menjelaskan penyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari tentang
keliling dan luas persegi
|
68
|
74
|
70
|
71
|
71
|
|
3.9.3 Menemukan rumus luas dan keliling
persegi panjang menggunakan benda konkret
|
69
|
76
|
72
|
72
|
72
|
|
3.9.4
Menemukan cara mencari luas dan keliling bangun gabungan (persegi dan persegi
panjang)
|
67
|
75
|
70
|
71
|
71
|
|
3.9.5
Menjelaskan penyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari tentang
keliling dan luas persegi dan persegi panjang.
|
68
|
74
|
70
|
71
|
71
|
|
3.9.6
Menemukan rumus luas segi tiga menggunakan benda konkret
|
70
|
75
|
72
|
72
|
72
|
|
3.9.10
Menjelaskan dan menemukan keliling dan luas daerah persegi, persegi panjang,
dan segi tiga
|
69
|
74
|
70
|
71
|
71
|
|
3.9.10
Menemukan garis sejajar dan berpotongan dalam kehidupan sehari- hari
|
67
|
76
|
70
|
71
|
71
|
|
KKM KD 3.9 = 71
|
||||||
3.10 Menjelaskan
hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model
kongkrit
|
3.10.1
Menunjukkan garis dengan model kongkrit
|
70
|
72
|
71
|
71
|
71
|
3.10.2
Menjelaskan konsep garis sejajar dan berpotongan dengan benda kongkrit
|
67
|
75
|
71
|
71
|
71
|
|
3.10.3
Menunjukkan garis berpotongan tegak lurus dan berpotongan tidak tegak lurus
dengan model konkret
|
68
|
74
|
71
|
71
|
71
|
|
3.10.4
Mengidentifikasi perbedaan garis sejajar, berpotongan
|
69
|
72
|
70
|
70
|
70
|
|
3.10.5
Mengidentifikasi sudut-sudut yang dihasilkan dari perpotongan garis sejajar
|
68
|
73
|
70
|
70
|
70
|
|
KKM KD 3.10 = 71
|
||||||
3.12 Menjelaskan dan menentukan
ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur
derajat.
|
3.12.1.
Mengidentifikasi hubungan antarsudut pada bangun segiempat.
|
71
|
76
|
73
|
73
|
73
|
3.12.2 Menentukan banyak sudut pada bangun
datar
|
72
|
76
|
74
|
74
|
74
|
|
3.12.3 Menentukan besar sudut dalam pada
segi banyak.
|
70
|
75
|
72
|
72
|
72
|
|
3.12.4 Mengidentifikasi jumlah besar sudut
pada segitiga yang berbeda-beda
|
70
|
74
|
72
|
72
|
72
|
|
KKM KD 3.12 = 73
|
||||||
KKM KD 3 = 72
|
||||||
4.1 Mengidentifikasi
pecahan-pecahan yang senilai dengan gambar atau model kongkrit.
|
4.1.1
Menemukan pecahan-pecahan yang senilai dengan satu pecahan.
|
73
|
74
|
73
|
73
|
73
|
KKM KD 4.1 = 73
|
||||||
4.2
Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa campuran, desimal, dan
persen).
|
4.2.1
Membandingkan nilai dua pecahan.
|
72
|
73
|
72
|
72
|
72
|
4.2.2
Menyatakan pecahan campuran ke dalam pecahan biasa atau sebaliknya.
|
72
|
73
|
72
|
72
|
72
|
|
4.2.3
Menganalisis hubungan pecahan desimal dan pecahan biasa.
|
70
|
73
|
71
|
71
|
71
|
|
KKM KD 4.2 = 72
|
||||||
4.3 Menyelesaikan masalah
penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan
cacah maupun pecahan.
|
4.3.1 Menyelesaikan masalah yang terkait
dengan penaksiran jumlah dan selisih bilangan cacah.
|
70
|
72
|
70
|
71
|
71
|
4.3.2 Menyelesaikan masalah
yang terkait dengan penaksiran perkalian dan pembagian.
|
70
|
72
|
70
|
71
|
71
|
|
4.3.3
Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran bilangan cacah.
|
70
|
72
|
70
|
71
|
71
|
|
4.3.4
Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran bilangan desimal
|
70
|
72
|
70
|
71
|
71
|
|
4.3.5
Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran bilangan pecahan dan
persen
|
70
|
72
|
70
|
71
|
71
|
|
4.3.6 Menyelesaikan
masalah tentang penaksiran operasi penjumlahan dan pengurangan desimal
|
70
|
72
|
70
|
71
|
71
|
|
4.3.7
Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran perkalian pecahan.
|
70
|
72
|
70
|
71
|
71
|
|
4.3.7
Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penakasiran operasi jumlah,
selisih,dan perkalian pada bilangan pecahan
|
70
|
72
|
70
|
71
|
71
|
|
4.3.7
Menyelesaikan masalah tentang penaksiran operasi perkalian dan pembagian
desimal
|
70
|
72
|
70
|
71
|
71
|
|
4.3.10 Menyelesaikan masalah yang terkait
dengan penaksiran jumlah dan selisih bilangan decimal
|
70
|
72
|
70
|
71
|
71
|
|
4.3.11 Menyelesaikan masalah yang terkait
dengan penakasiran operasi persen
|
70
|
72
|
71
|
71
|
71
|
|
KKM KD 4.3 =71
|
||||||
4.8 Mengidentifikasi segi banyak beraturan dan
segi
banyak tidak beraturan.
|
4.8.1 Menuliskan segi banyak dalam bentuk
diagram frayer (contoh, bukan contoh, ciri-ciri dan definisi).
|
72
|
73
|
72
|
72
|
72
|
4.8.2 Menunjukkan perbedaan segi banyak
beraturan dan tidak beraturan.
|
72
|
73
|
73
|
73
|
73
|
|
4.8.3
Menyajikan segi banyak beraturan dan tak beraturan dalam diagram frayer.
|
71
|
73
|
72
|
72
|
72
|
|
4.8.6
Menyajikan hasil analisis tentang hubungan antar sudut pada bangun segiempat
|
71
|
73
|
72
|
72
|
72
|
|
KKM KD 4.8 = 72
|
||||||
4.9
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan keliling dan luas daerah persegi,
persegi panjang, dan segi tiga.
|
4.9.1
Menyelesaikan masalah tentang luas persegi.
|
71
|
72
|
72
|
72
|
72
|
4.9.1 Menyelesaikan masalah garis sejajar
dan berpotongan
|
70
|
72
|
71
|
71
|
71
|
|
4.9.2 Menyelesaikan masalah
tentang keliling persegi
|
70
|
72
|
72
|
71
|
71
|
|
4.9.3 Menyajikan penyelesaikan
masalah dalam kehidupan sehari-hari tentang keliling dan luas persegi
|
70
|
72
|
71
|
71
|
71
|
|
4.9.3
Menyelesaikan masalah tentang luas dan keliling persegi dan persegi panjang
|
70
|
72
|
71
|
71
|
71
|
|
4.9.4
Menyelesaikan masalah tentang luas dan keliling bangun gabungan (persegi dan persegi
panjang).
|
70
|
72
|
70
|
71
|
71
|
|
4.9.5
Menyajikan penyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari tentang keliling
dan luas persegi dan persegi panjang.
|
70
|
72
|
70
|
71
|
71
|
|
4.9.6
Menyelesaikan masalah tentang luas segi tiga.
|
70
|
72
|
71
|
71
|
71
|
|
4.9.6
Menyelesaikan masalah tentang keliling segi tiga.
|
70
|
72
|
71
|
71
|
71
|
|
4.9.10
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan keliling dan luas daerah persegi,
persegi panjang, dan segi tiga
|
70
|
72
|
71
|
71
|
71
|
|
4.9.10 Menyelesaikan masalah garis sejajar dan
berpotongan dalam kehidupan sehari- hari
|
70
|
72
|
70
|
71
|
71
|
|
KKM KD 4.9 = 71
|
||||||
4.10 Mengidentifikasi hubungan antar garis
(sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model kongkrit
|
4.10.1
Menemukan garis dalam kehidupan sehari-hari
|
70
|
72
|
70
|
71
|
71
|
4.10.2
Menemukan garis sejajar dan berpotongan dalam kehidupan sehari-hari
|
70
|
72
|
70
|
71
|
71
|
|
4.10.3
Mengidentifikasi sudut yang dihasilkan dari garis berpotongan tegak lurus dan
berpotongan tidak tegak lurus dengan model konkret
|
70
|
72
|
70
|
71
|
71
|
|
4.10.4
Mempresentasikan perbedaan garis sejajar dan berpotongan
|
70
|
|
70
|
71
|
71
|
|
4.10.5
Menunjukkan sudut sehadap dan bertolak belakang dari perpotongan garis
sejajar
|
70
|
72
|
70
|
71
|
71
|
|
4.10.6
Menunjukkan pasangan sudut yang sama besar pada perpotongan garis sejajar
|
70
|
72
|
70
|
71
|
71
|
|
KKM KD 4.10 = 71
|
||||||
4.12 Mengukur sudut pada bangun
datar dalam
satuan
baku dengan menggunakan busur derajat.
|
4. 12.1. Menyajikan hasil analisis tentang
hubungan
antarsudut
pada bangun segiempat.
|
72
|
73
|
72
|
72
|
72
|
4.12.2 Mengukur besar sudut pada bangun
datar
|
72
|
74
|
73
|
73
|
73
|
|
4.12.3 Menjelaskan hubungan banyak sisi
dan besar sudut pada segi banyak beraturan.
|
73
|
75
|
74
|
74
|
74
|
|
4.12.4 Memberikan nama segitiga
berdasarkan sudutnya
|
71
|
72
|
72
|
72
|
72
|
|
KKM KD 4 : 73
|
||||||
KKM MATEMATIKA KD 3 + KD 4 = 72 + 72 = 72
|
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru kelas IV
………………………………………… …………………………………
No comments:
Post a Comment