Thursday, October 25, 2018

CONTOH KKM MATEMATIKA KELAS 4


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
(KKM)
TAHUN AJARAN 2016/2017
Nama Sekolah              : SD ……………………………
Mata Pelajaran             ; Matematika
Kelasa                         : 4 (Empat)
Semester                    : 1 (Satu)
Kompetensi Dasar         : 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
         ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
         dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 

Kompetensi Dasar
Indikator
Standar Ketuntasan Minimal
Rata-rata
Nilai KKM
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
3.1 Menjelaskan pecahan-pecahan yang senilai dengan gambar atau model kongkrit.
3.1.1 Membuktikan hubungan pembilang dan penyebut antar pecahan senilai.
72
74
73
73
73
KKM KD 3.1 = 73

3.2 Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya. 
3.2.1 Menunjukkan perbandingan pecahan dengan garis bilangan dan gambar.
72
74
73
73
73
3.2.2 Mengidentifikasi unsur-unsur pada pecahan campuran.
72
74
73
73
73
3.2.3 Mengidentifikasi bentuk pecahan desimal.
72
74
72
73
73
KKM KD 3.2 = 73
3.3 Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan.
3.3.1 Menjelaskan cara melakukan penaksiran jumlah dan selisih.
72
74
72
73
73
3.3.2 Menjelaskan cara melakukan penaksiran perkalian dan pembagian
70
73
71
71
71
3.3.3 Menjelaskan prosedur penaksiran bilangan cacah.
71
73
71
72
72
3.3.3 Menjelaskan konsep penaksiran operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan
72
73
71
72
72
3.3.4 Menjelaskan cara melakukan penaksiran bilangan decimal
70
74
72
72
72
3.3.5 Menjelaskan cara melakukan penaksiran bilangan pecahan dan persen
70
73
72
72
72
3.3.6 Menjelaskan konsep penaksiran operasi penjumlahan dan pengurangan decimal
70
73
71
71
71
3.3.7 Menjelaskan cara melakukan penaksiran perkalian bilangan pecahan
70
73
72
72
72
3.3.7 Membuat soal yang terkait dengan operasi penaksiran jumlah, selisih dan perkalian pada penaksiran pada bilangan pecahan
70
73
70
71
71
3.3.7 Menjelaskan konsep penaksiran operasi perkalian dan pembagian decimal
70
73
72
72
72
3.3.10 Menjelaskan cara melakukan penaksiran jumlah dan selisih bilangan decimal
70
73
72
72
72
3.3.11 Menjelaskan cara melakukan penaksiran operasi persen
70
73
72
72
72
KKM KD 3.3 = 72
3.8 Menjelaskan segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan.
3.8.1 Menyebutkan contoh-contoh segi banyak di sekitar.
73
76
74
74
74
3.8.2 Menyebutkan contoh segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan di lingkungan.
72
76
73
74
74
3.8.3 Menjelaskan segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan.
72
76
73
73
73
3.8.6 Membandingkan hasil penaksiran dan pengukuran sudut- sudut yang terdapat dalam segi banyak pada tangram
70
77
72
73
73
3.8.6 Mengidentifikasi hubungan antarsudut pada bangun segiempat

71
77
73
74
74
KKM KD 3.8 = 74

3.9 Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas daerah persegi, persegi panjang, dan segi tiga.
3.9.1 Menemukan rumus luas persegi menggunakan benda kongkrit.
70
75
72
72
72
3.9.2 Menemukan rumus keliling persegi menggunakan benda kongkrit
70
75
72
72
72
3.9.3 Menjelaskan penyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari tentang keliling dan luas persegi
68
74
70
71
71
3.9.3 Menemukan rumus luas dan keliling persegi panjang menggunakan benda konkret
69
76
72
72
72
3.9.4 Menemukan cara mencari luas dan keliling bangun gabungan (persegi dan persegi panjang)

67
75
70
71
71
3.9.5 Menjelaskan penyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari tentang keliling dan luas persegi dan persegi panjang.
68
74
70
71
71
3.9.6 Menemukan rumus luas segi tiga menggunakan benda konkret
70
75
72
72
72
3.9.10 Menjelaskan dan menemukan keliling dan luas daerah persegi, persegi panjang, dan segi tiga
69
74
70
71
71
3.9.10 Menemukan garis sejajar dan berpotongan dalam kehidupan sehari- hari
67
76
70
71
71
KKM KD 3.9 = 71
3.10 Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model kongkrit

3.10.1 Menunjukkan garis dengan model kongkrit
70
72
71
71
71
3.10.2 Menjelaskan konsep garis sejajar dan berpotongan dengan benda kongkrit
67
75
71
71
71
3.10.3 Menunjukkan garis berpotongan tegak lurus dan berpotongan tidak tegak lurus dengan model konkret
68
74
71
71
71
3.10.4 Mengidentifikasi perbedaan garis sejajar, berpotongan
69
72
70
70
70
3.10.5 Mengidentifikasi sudut-sudut yang dihasilkan dari perpotongan garis sejajar
68
73
70
70
70
KKM KD 3.10 = 71
3.12 Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat.
3.12.1. Mengidentifikasi hubungan antarsudut pada bangun segiempat.
71
76
73
73
73
3.12.2 Menentukan banyak sudut pada bangun datar
72
76
74
74
74
3.12.3 Menentukan besar sudut dalam pada segi banyak.
70
75
72
72
72
3.12.4 Mengidentifikasi jumlah besar sudut pada segitiga yang berbeda-beda
70
74
72
72
72
KKM KD 3.12 = 73
KKM KD 3 = 72
4.1 Mengidentifikasi pecahan-pecahan yang senilai dengan gambar atau model kongkrit.
4.1.1 Menemukan pecahan-pecahan yang senilai dengan satu pecahan.
73
74
73
73
73
KKM KD 4.1 = 73

4.2 Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa campuran, desimal, dan persen).
4.2.1 Membandingkan nilai dua pecahan.
72
73
72
72
72
4.2.2 Menyatakan pecahan campuran ke dalam pecahan biasa atau sebaliknya.
72
73
72
72
72
4.2.3 Menganalisis hubungan pecahan desimal dan pecahan biasa.
70
73
71
71
71
KKM KD 4.2 = 72
4.3 Menyelesaikan masalah penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan.
4.3.1 Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran jumlah dan selisih bilangan cacah.
70
72
70
71
71
4.3.2 Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran perkalian dan pembagian.
70
72
70
71
71
4.3.3 Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran bilangan cacah.
70
72
70
71
71
4.3.4 Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran bilangan desimal
70
72
70
71
71
4.3.5 Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran bilangan pecahan dan persen
70
72
70
71
71
4.3.6 Menyelesaikan masalah tentang penaksiran operasi penjumlahan dan pengurangan desimal
70
72
70
71
71
4.3.7 Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran perkalian pecahan.
70
72
70
71
71
4.3.7 Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penakasiran operasi jumlah, selisih,dan perkalian pada bilangan pecahan
70
72
70
71
71
4.3.7 Menyelesaikan masalah tentang penaksiran operasi perkalian dan pembagian desimal
70
72
70
71
71
4.3.10 Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran jumlah dan selisih bilangan decimal
70
72
70
71
71
4.3.11 Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penakasiran operasi persen
70
72
71
71
71
KKM KD 4.3 =71
4.8 Mengidentifikasi segi banyak beraturan dan segi
banyak tidak beraturan.
4.8.1 Menuliskan segi banyak dalam bentuk diagram frayer (contoh, bukan contoh, ciri-ciri dan definisi).
72
73
72
72
72
4.8.2 Menunjukkan perbedaan segi banyak beraturan dan tidak beraturan.
72
73
73
73
73
4.8.3 Menyajikan segi banyak beraturan dan tak beraturan dalam diagram frayer.
71
73
72
72
72
4.8.6 Menyajikan hasil analisis tentang hubungan antar sudut pada bangun segiempat
71
73
72
72
72
KKM KD 4.8 = 72
4.9 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan keliling dan luas daerah persegi, persegi panjang, dan segi tiga.
4.9.1 Menyelesaikan masalah tentang luas persegi.
71
72
72
72
72
4.9.1 Menyelesaikan masalah garis sejajar dan berpotongan
70
72
71
71
71
4.9.2 Menyelesaikan masalah tentang keliling persegi
70
72
72
71
71
4.9.3 Menyajikan penyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari tentang keliling dan luas persegi
70
72
71
71
71
4.9.3 Menyelesaikan masalah tentang luas dan keliling persegi dan persegi panjang
70
72
71
71
71
4.9.4 Menyelesaikan masalah tentang luas dan keliling bangun gabungan (persegi dan persegi panjang).
70
72
70
71
71
4.9.5 Menyajikan penyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari tentang keliling dan luas persegi dan persegi panjang.
70
72
70
71
71
4.9.6 Menyelesaikan masalah tentang luas segi tiga.
70
72
71
71
71
4.9.6 Menyelesaikan masalah tentang keliling segi tiga.
70
72
71
71
71
4.9.10 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan keliling dan luas daerah persegi, persegi panjang, dan segi tiga
70
72
71
71
71
4.9.10 Menyelesaikan masalah garis sejajar dan berpotongan dalam kehidupan sehari- hari
70
72
70
71
71
KKM KD 4.9 = 71

4.10 Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model kongkrit

4.10.1 Menemukan garis dalam kehidupan sehari-hari
70
72
70
71
71
4.10.2 Menemukan garis sejajar dan berpotongan dalam kehidupan sehari-hari
70
72
70
71
71
4.10.3 Mengidentifikasi sudut yang dihasilkan dari garis berpotongan tegak lurus dan berpotongan tidak tegak lurus dengan model konkret
70
72
70
71
71
4.10.4 Mempresentasikan perbedaan garis sejajar dan berpotongan
70

70
71
71
4.10.5 Menunjukkan sudut sehadap dan bertolak belakang dari perpotongan garis sejajar
70
72
70
71
71
4.10.6 Menunjukkan pasangan sudut yang sama besar pada perpotongan garis sejajar
70
72
70
71
71
KKM KD 4.10 = 71
4.12 Mengukur sudut pada bangun datar dalam
satuan baku dengan menggunakan busur derajat.
4. 12.1. Menyajikan hasil analisis tentang hubungan
antarsudut pada bangun segiempat.
72
73
72
72
72
4.12.2 Mengukur besar sudut pada bangun datar
72
74
73
73
73
4.12.3 Menjelaskan hubungan banyak sisi dan besar sudut pada segi banyak beraturan.
73
75
74
74
74
4.12.4 Memberikan nama segitiga berdasarkan sudutnya
71
72
72
72
72
KKM KD 4 : 73
KKM MATEMATIKA KD 3 + KD 4 = 72 + 72 = 72
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                                    Guru kelas IV



…………………………………………                                                                                                                          …………………………………



No comments:

Post a Comment

Cerita Nyata

BAPAK HOBI SELINGKUH Cerita ini merupakan pengalaman anak tetanggaku, sebut saja namanya Finsa. Saat ini usianya hampir mendekati 20 t...