KRITERIA KETUNTASAN MINIMALMata Pelajaran
: B.Indonesia T.A 2016/2017
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kriteria Ketuntasan
Minimal
|
Nilai
|
Nilai KKM
|
||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
|||||
1.
MENDENGARKAN
Memahami teks
dan cerita anak yang dibacakan
|
1.1. Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan
|
1.1.1.
Siswa mendengarkan bacaan
tema yang ditentukan
1.1.2.
Menentukan hal-hal pokok
suatu bacaan
Menyampaikan
kembali isi bacaan
|
2
2
|
3
2
|
2
2
|
7/9.100
6/9.100
|
77.7
66.6
|
Nilai KD 1.1 = 72.2
|
|||||||
1.2. Mengidentifikasi tokoh, watak, latar, tema atau amanat dari cerita
anak yang dibacakan
|
1.2.1.
Mengidentifikasi tokoh,
watak, tema dari bacaan yang didengar
1.2.2.
Menyebutkan unsure
indtrinsik dari bacaan yang didengar
|
2
2
|
2
2
|
3
2
|
6/9.100
6/9.100
|
77.7
66.6
|
|
Nilai KD 1.2 72.2
|
|||||||
Nilai SK 1 = 72.2
|
|||||||
2.
BERBICARA
Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
|
2.1. Menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan
bahasa yng runtut, baik dan benar
|
2.1.1.
Menentukan pokok-pokok
informasi yang diperolah
2.1.2.
Menjelaskan pokok-pokok
informasi
2.1.3.
Menyampaikan informasi
kepada orang lain
2.1.4.
Menyampaikan kalimat
permintaan dengan bahasa yang runtut dan santun
2.1.5.
Menyampaikan kalimat
pengandaian
2.1.6.
Mengetahui sinonim dan
antonym sebuah kata
2.1.7.
Membedakan antar akronim
dan singkatan
|
2
3
1
1
2
2
2
|
2
2
2
2
2
2
2
|
2
2
3
3
2
2
3
|
6/9.100
7/9.100
6/9.100
6/9.100
6/9.100
6/9.100
7/9.100
|
66.6
77.7
66.6
66.6
66.6
66.6
77.7
|
Nilai KD 2.1 = 69.7
|
|||||||
2.2. Menanggapi (mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai alasan dengan menggunakan
bahasa yang santun
|
2.2.1.
Menyampaikan kritik kepada
orang lain dengan alasan
2.2.2.
Memuji sesuatu dengan alas
an
2.2.3.
Menentukan hal-hal yang di
kritik
2.2.4.
Menentukan hal-hal yang
dipuji
2.2.5.
Berdiskusi dengan tema
tertentu
2.2.6.
Menyampaikan argument
disertai alasan
|
2
3
1
1
2
2
|
2
2
2
2
2
2
|
2
2
3
3
2
2
|
6/9.100
7/9.100
6/9.100
6/9.100
6/9.100
6/9.100
|
66.6
77.7
66.6
66.6
66.6
66.6
|
|
Nilai KD 2.2 = 68.5
|
|||||||
Nilai SK 2 = 69.1
|
|||||||
3.
MEMBACA
Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca
sekilas
|
3.1. Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil
pengamatan/kunjungan
|
3.1.1.
Menentukan topic laporan
3.1.2.
Siswa menulis paragraph
laporan singkat sesuai data yg disajikan
3.1.3.
Meringkas laporan
kunjungan
3.1.4.
Menentukan unsureunsur
laporan
3.1.5.
Membuat laporan
3.1.6.
Menggunakan kalimat
majemuk bertingkat
3.1.7.
Memisahkan kalimat majemuk
bertingkat
3.1.8.
Menyebutkan isi bacaan
3.1.9.
Meringkas bacaan
3.1.10.
Membaca cepat
|
2
3
1
1
2
2
2
2
2
3
|
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
|
2
2
3
3
2
2
3
2
2
2
|
6/9.100
7/9.100
6/9.100
6/9.100
6/9.100
6/9.100
7/9.100
6/9.100
6/9.100
7/9.100
|
66.6
77.7
66.6
66.6
66.6
66.6
77.7
66.6
66.6
77.7
|
Nilai KD 3.1 = 69.9
|
|||||||
|
3.2. Menanggapi informasi dari kolom/rubric khusus (majalah anak,Koran,dll)
|
3.2.1.
Membaca rubric khusus
3.2.2.
Menanggapi informasi dari
surat anak dalam rubric anak
3.2.3.
Menggunakan kalimat
pengandaian
3.2.4.
Menggunakan kalimat
anjuran
3.2.5.
Menemukan unsure-unsur
iklan
3.2.6.
Menentukan jenis-jenis
iklan
3.2.7.
Membuat iklan
|
2
3
1
1
2
2
2
|
2
2
2
2
2
2
2
|
2
2
3
3
2
2
3
|
6/9.100
7/9.100
6/9.100
6/9.100
6/9.100
6/9.100
7/9.100
|
66.6
77.7
66.6
66.6
66.6
66.6
77.7
|
Nilai 3.2 = 69.7
|
|||||||
Nilai SK 3 = 69.8
|
|||||||
4.
MENULIS
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi
secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan paraphrase
|
4.1. Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos.
daftar riwayat hidup, dll) dengan benar
|
4.1.1.
Mengisi formulir sederhana
4.1.2.
Mengisi daftar riwayat
hidup berdasarkan format tersedia
4.1.3.
Menuliskan data diri dalam
bentuk narasi
4.1.4.
Mengisi formulir sederhana
di bank (mengenal slip setoran dan
penarikan)
4.1.5.
Menentukan cirri-ciri
wesel
4.1.6.
Mengisi wesel sesuai
aturan
|
2
2
3
2
2
2
|
2
2
2
2
2
2
|
2
2
2
2
2
2
|
6/9.100
6/9.100
7/9.100
6/9.100
6/9.100
6/9.100
|
66.6
66.6
77.7
66.6
66.6
66.6
|
Nilai KD 4.1 = 68.5
|
|||||||
|
4.2. Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar
|
4.2.1.
Membuat ringkasan dari
teks yang didengar
4.2.2.
Menulis kembali isi cerita
dengan kalimat sendiri
4.2.3.
Menentukan unsure
intrinsic dalam cerita
|
2
2
3
|
2
2
2
|
2
2
2
|
6/9.100
6/9.100
7/9.100
|
66.6
66.6
77.7
|
|
Nilai KD 4.2 = 70.3
|
||||||
|
4.3. Menyusun percakapan tentang berbagai topic dengan memperhatikan
penggunaan ejaan
|
4.3.1.
Menyusun percakapan
berdasarkan gambar
4.3.2.
Siswa melengkapi dialog
4.3.3.
Menentukan topic dialog
4.3.4.
Menyusun percakapan
4.3.5.
Membuat percakapan
berdasarkan gambar
4.3.6.
Siswa mengetahui fungsi
tanda baca garis miring
4.3.7.
Menentukan penggunaan
garis miring
|
2
2
3
2
2
2
3
|
2
2
2
2
2
2
2
|
2
2
2
2
2
2
2
|
6/9.100
6/9.100
7/9.100
6/9.100
6/9.100
6/9.100
7/9.100
|
66.6
66.6
77.7
66.6
66.6
66.6
77.7
|
Nilai KD 4.3 = 69.8
|
|||||||
|
4.4. Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna
puisi
|
4.4.1.
Menentukan unsure itrinsik
puisi
4.4.2.
Membuat puisi bebas
4.4.3.
Menentukan tema puisi
4.4.4.
Mengubah puisi dalam bentuk
prosa
|
2
2
2
2
|
2
2
3
2
|
2
2
2
2
|
6/9.100
6/9.100
7/9.100
6/9.100
|
66.6
66.6
77.7
66.6
|
Nilai KD 4.4 = 69.4
|
|||||||
Nilai SK 4 =69.5
|
|||||||
Nilai KKM = 70
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
…………………………… …………………………………..
Mata Pelajaran
: B.Indonesia T.A
2016/2017
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kriteria Ketuntasan
Minimal
|
Nilai
|
Nilai KKM
|
||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
|||||
Mendengarkan
5.
Memahami
wacana lisan tentang berita dan drama pendek
|
5.1.
Menyimpulkan
isi berita yang didengar dari televsi dan radio
|
5.1.1.
Mendengarkan
berita dari TV/radio
5.1.2.
Menentukan
hal-hal pokok berita
5.1.3.
Menyimpulkan
isi berita yang didengar
|
2
2
2
|
2
2
2
|
3
3
2
|
7/9.100
7/9.100
6/9.100
|
77.7
77.7
66.6
|
Nilai
KD 5.1
= 74
|
|||||||
|
5.2.
Menceritakan
isi drama pendek yang disampaikan secara lisan
|
5.2.1.
Mendengarkan
drama pendek yang disampaikan
5.2.2.
Menjawab
pertanyaan berdasarkan drama yang didengar
5.2.3.
Menceritakan
kembali isi drama yang didengar
|
2
2
2
|
3
2
2
|
2
2
2
|
7/9.100
6/9.100
6/9.100
|
77.7
66.6
66.6
|
Nilai
KD 5.2
= 70.3
|
|||||||
Nilai
SK 5 = 72.1
|
|||||||
Bebicara
6.
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan
baca puisi
|
6.1.
Berpidato
atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan
ulangtahun, dll) dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat
|
6.1.1.
Menyampaikan
pidato untuk berbagai keperluan
6.1.2.
Menyampaikan
pidato dengan intonasi, lafal dan sikap yang tepat
|
2
2
|
2
2
|
2
2
|
6/9.100
6/9.100
|
66.6
66.6
|
Nilai
KD 6.1 = 66.6
|
|||||||
|
6.2.
Melaporkan
isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan
kalimat yang runtut
|
6.2.1.
Menentukan
judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi
6.2.2.
Menemukan
pokok-pokok isi buku
6.2.3.
Menceritakan
kembali buku yang dibaca dengan bahasa sendiri secara ringkas
|
1
2
2
|
2
2
2
|
2
2
2
|
5/9.100
7/9.100
6/9.100
|
55.5
77.7
66.6
|
Nilai
KD 6.2
= 66.6
|
|||||||
|
6.3.
Membacakan
puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat
|
6.3.1.
Memahami
puisi
6.3.2.
Membuat
puisi karya sendiri
6.3.3.
Membaca
puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat
|
2
2
2
|
2
2
2
|
2
2
2
|
6/9.100
6/9.100
|
66.6
66.6
|
Nilai
KD 6.3
= 66.6
|
|||||||
Nilai
SK 6
= 66.6
|
|||||||
Membaca
7.
Memahami
teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama
|
7.1.
Menemukan
makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif
|
7.1.1.
Memahami
teks yang di baca
7.1.2.
Menemukan
makna tersirat suatu teks
7.1.3.
Mengartikan
makna tersirat suatu teks
7.1.4.
Menentukan
pokok pikiran paragraf
7.1.5.
Menyebutkan
kata ungkapan dalam teks
7.1.6.
Menyebutkan
arti kata ungkapan dalam teks
|
2
2
3
2
2
2
|
2
2
2
2
2
2
|
2
2
2
2
2
2
|
6/9.100
6/9.100
7/9.100
6/9.100
6/9.100
6/9.100
|
66.6
66.6
77.7
66.6
66.6
66.6
|
Nilai
KD 7.1
= 68.4
|
|||||||
|
7.2.
Mengidentifikasi
berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari
teks drama anak
|
7.2.1.
Membaca
teks drama
7.2.2.
Mengidentifikasi
unsur-unsur intrinsik dari teks drama anak
7.2.3.
Menyebutkan
pokok paragraf dalam teks drama
|
2
1
2
|
2
3
2
|
3
2
2
|
7/9.100
6/9.100
6/9.100
|
77.7
66.6
66.8
|
Nilai
KD 7.2
= 70.3
|
|||||||
Nilai
SK 7
= 69.3
|
|||||||
Menulis
8.
Mengungkapkan
pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah pidato dan surat
resmi
|
8.1.
Menyusun
naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulangtahun,perayaan sekola,dll) dengan
bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
|
8.1.1.
Menentukan
kerangka/bagian-bagian pidato
8.1.2.
Membuat
naskah pidato/sambutan
8.1.3.
Menentukan
jenis-jenis pidato
8.1.4.
Menenyebutkan
metode pidato
8.1.5.
Membedakan
kalimat efektif dan tidak efektif
8.1.6.
Menyebutkan
kalimat efektif dan tidak efektif
8.1.7.
Menemukan
kata ulang
8.1.8.
Menentukan
jenis-jenis kata ulang
|
2
3
1
1
2
2
2
2
|
2
2
2
2
2
2
2
2
|
2
2
3
3
2
2
3
2
|
6/9.100
7/9.100
6/9.100
6/9.100
6/9.100
6/9.100
7/9.100
6/9.100
|
66.6
77.7
66.6
66.6
66.6
66.6
77.7
66.6
|
Nilai
KD 8.1
= 69.4
|
|||||||
|
8.2.
Menulis
surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang di
tuju
|
8.2.1.
Menyebutkan
bagian-bagian surat resmi
8.2.2.
Membuat
surat resmi
8.2.3.
Membandingkan
surat resmi dan tidak resmi
8.2.4.
Mengidentifikasi
ciri-ciri bahasa surat undangan
|
2
3
2
2
|
3
2
3
2
|
2
2
2
2
|
7/9.100
7/9.100
7/9.100
6/9.100
|
77.7
77.7
77.7
66.6
|
Nilai
KD 8.2
= 73.5
|
|||||||
Nilai
SK 8
= 71.4
|
|||||||
Nilai
KKM = 70
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
…………………………… …………………………………..
No comments:
Post a Comment