Friday, October 19, 2018

RPP TEMA 3 KELAS 4 SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan        :  SEKOLAH DASAR
Kelas / Semester          :  4 / I
Tema / Sub Tema         :  Peduli Terhadap Makhluk Hidup /Ayo Cinta Lingkungan
Pertemuan ke                :  1- 5
Alokasi waktu               :  30 x 35 Menit

1.     KOMPETENSI INTI
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

2.     KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR
Matematika
3.3 Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan.
4.3 Menyelesaikan masalah penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan.
Indikator
3.3.1 Mengidentifikasi konsep pembulatan puluhan, ratusan, dan ribuan
3.3.2 Menyanyikan konsep pembulatn dalam melakukan penaksiran bilangan
4.3.1 Menyelesaikan soal penaksiran.

Bahasa Indonesia
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.
4.3 Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis.
Indikator
3.3.1 Menyebutkan kembali langkah-langkah kegiatan dalam melakukan wawancara.
3.3.2 Menyebutkan kembali langkah-langkah membuat laporan hsil wawancara.
4.3.1 Menuliskan laporan hasil wawancara saat kegiatan fieldtrip menggunakan kata-kata sendiri.

IPA
3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan
3.8 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.
4.1 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan
4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.
Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi tanaman dan hewan terawat dan tidak terawat
3.1.2 Mengelompokan hewan dan tanaman yang terawat dan tidak terawat
3.8.1 Melakukan percobaan erosi tanah
3.8.2 Mengidentifikasi penyebab terjadinya erosi tanah
3.8.3 Menyebutkan contoh cara menjaga lingkungan
4.1.1 Menyebutkan penyebab hewan dan tumbuhan tidak terawat.
4.8.1 Menyajikan laporan percobaan tentang erosi tanah.

IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkatprovinsi
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi kondisi lingkungan sekolah
3.1.2 Menyebutkan contoh sikap menjaga lingkungan sekolah.
3.1.3 Menjelaskan akibat perilaku manusia terhadap lingkungan
3.1.4 menyimpulkan pentingnya menjaga lingkungan.
4.1.1 Merwat tanaman di depan kelas.

PPKn
3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat sebagai wujud cinta tanah air.
4.2 Menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator:
3.2.1     Menyebutkan kembali hak dan kewajiban kita terhadap lingkungan
3.2.2    Menyebutkan contoh sikap menjaga lingkungan
3.2.3    Menyebutkan dampak jika kita tidak menjaga lingkungan
4.2.1   Menceritakan pengalaman menjaga lingkungan di rumah



3.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.   Siswa mampu memahami pembulatan bilangan
2.  Siswa dapat melakukan penaksiran bilangan
3.  Siswa mampu menuliskan laporan hasil wawancara saat kegiatan fieldtrip.
4.  Siswa dapat menyebutkan contoh sikap mencintai lingkungan
5.  Siswa mampu menganalisa sikap menjaga lingkungan sekitar
6.  Siswa mampu membedakan hewan/tumbuhan yang terawat dan tidak terawat.
7.  Siswa mampu menyimpulkan penyebab hewan/tumbuhan yang terawat dan tidak terawat.
8.  Siswa dapat menyimpulkan hasil percobaan erosi tanah.


4.     MATERI
1.      Pembulatan dan Penaksiran
2.     Laporan hasil kegiatan wawancara (Fieldtrip)
3.     Sikap mencintai lingkungan sekolah
4.     Menjaga lingkungan sekitar.
5.     Hewan/Tumbuhan terawat dan tidak terawat
6.     Formatif Tema 2

5.      PENDEKATAN & METODE
Pendekatan             : Scientific ( mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan )
Metode                  : Penugasan, Tanya Jawab, eksplorasi.

6.     MEDIA, ALAT, dan SUMBER BELAJAR
1.    Media:
a.  
Tanah berumput, air, gelas plastik
b.  Video jenis-jenis kerusakan lingkungan (banjir, longsor, dan hutan gundul)
2.  Alat :
3.  Sumber Belajar :  - Buku Guru kelas 4 Tema  “Peduli Terhadap makhluk hidup”. Buku tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
                                      - Buku Pendamping tematik, Erlangga.


7.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

PB 1 (B.Indonesia, IPS, dan IPA)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a
2.     Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan pengalaman siswa, dengan menanyakan;
-   
Apa hal yang paling menarik dari kegiatan Fieldtip ke Rumah Sutera?
5 menit
Inti
1.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya tentang kegiatan fieldtrip ke Rumah Sutera.
2.     Siswa menyebutkan hal-hal yang menarik dari kegiatan fieldtrip.
3.     Siswa menyebutkan kembali langkah-langkah saat melakukan wawancara
4.     Siswa menyebutkan kembali langkah-langkah dalam menulis laporan hasil wawancara
5.     Siswa menulis laporan hasil wawancara saat kegiatan fieldtrip ke Rumah Sutera.
6.     Guru mengajak siswa untuk mengidentifikasi lingkungan sekolah selama 5 menit;
7.     Siswa keluar kelas untuk mengamati lingkungan sekolah
8.     Siswa masuk kembali ke kelas setelah 5 menit
9.     Siswa menyebutkan kondisi sekolah yang mereka temukan.
10.   Siswa menyebutkan sikap menjaga lingkukngan sekolah
11.    Siswa menuliskan sikap menjaga lingkungan sekolah berdasarkan gambar yang ada di worksheet.
12.   Guru menunjukkan salah satu tanaman di depan kelas yang tidak terawat
13.   Siswa menyebutkan penyebab tanaman tersebut tidak terawat
14.   Guru menunjukkan gambar-gambar hewan dan tumbuhan yang terawat dan tidak terawat
15.   Guru membagikan 1 gambar hewan/tumbuhan yang terawat/tidak terawat kepada siswa.
16.   Siswa maju ke depan untuk menempelkan hewan/tumbuhan yang terawat/tidak terawat
17.   Siswa menuliskan kembali ciri-ciri hewan/tumbuhan yang terawat/tidak terawat.

195 menit
Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar .
2.     Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.     Melakukan penilaian hasil belajar
10 menit
PB 2  (PKn dan Matematika)
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a
2.     Guru menyiapkan video tentang kerusakan lingkungan (banjir, longsor, dan hutan gundul)
5 menit
Inti
1.      Guru mengajak siswa untuk menonton video
2.     Siswa menyebutkan kerusakan lingkungan yang terjadi dalam video
3.     Siswa menyebutkan penyebab terjadinya kerusakan lingkungan
4.     Siswa memberikan pendapat cara menjaga lingkungan
5.     Siswa menyebutkan dampak jika kita tidak menjaga lingkungan
6.     Siswa menuliskan kembali cara menjaga lingkungan dan akibat jika tidak menjaganya.
7.     Guru memberikan pertanyaan tentang pembulatan dan penaksiran
“Saat musibah banjir, ada 743 orang yang kehilangan tempat tinggal, 1.258 orang yang kehilangan pekerjaan, dan 45 orang yang meninggal. Berapa kira-kira jumlah orang yang terkena musibah banjir?
8.     Siswa menghitung perkiraan jumlah orang yang terkena musibah
9.     Guru menjelaskan cara melakukan penaksiran dengan melakukan pembulatan
10.   Siswa menyanyikan lagu konsep pembulatan
(1, 2, 3, 4 dibulatkan ke bawah. 5, 6, 7, 8, 9 ke atas)
11.    Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya.
12.   Salah satu siswa maju ke depan untuk mengerjakan soal latihan
13.   Siswa menyelesaikan soal latihan penkasiran.
14.   Guru berkeliling dan mendampingi siswa yang membutuhkan pendampingan.

Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar .
10 menit
PB 3 (IPS)
Pendahuluan
1.      Guru Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi sebelumnya tentang kerusakan lingkungan, dengan memberikan pertanyaan;
a.     Kerusakan lingkungan apa saja yang ada dalam video kemarin?
b.     Menurut kamu, siapakah penyebab terjadinya kerusakan lingkungan?
5 menit
Inti
1.      Siswa menyampaikan pendapatnya tentang pertanyaan di atas
2.     Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok sesuai jenis kerusakan lingkungan (Banjir, Hutan gundul, dan tanah longsor)
3.     Siswa mendiskusikan faktor penyebab, dampak bagi lingkungan/masyarakat dan cara pencegahan kerusakan lingkungan bersama kelompoknya
4.     Perwakilan siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
5.     Siswa yang lain memberikan pendapat hasil presentasi temannya.
6.     Siswa menuliskan kembali hasil diskusi semua siswa.
195 menit
Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar .
2.     Guru melakukan penilaian hasil belajar siswa
10 menit
PB 4 & 5 (IPA dan B. Indonesia)
Pendahuluan
1.      Guru menyiapkan tanah berumput, tanah gembur, air dan gelas plastic untuk kegiatan percobaan erosi tanah.
2.     Mengajak semua siswa berdo’a
5 menit
Inti
1.      Guru menunjukkan alat dan bahan untuk percobaan erosi tanah.
2.     Siswa menyebutkan bahan untuk melakukan percobaan
3.     Guru mendemonstrasikan percobaan erosi tanah
4.     Siswa memberikan pendapat tentang percobaan erosi tanah
5.     Siswa menyimpulkan hasil percobaan erosi tanah
6.     Guru memberikan contoh cara mempresentasikan laporan
7.     Guru menjelaskan penilaian yang akan diambil saat siswa presentasi, yaitu; Kejelasan suara dan  bahasa yang digunakan,)
8.     Siswa mempresentasikan laporan hasil
195 menit
Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar .
2.     Guru melakukan penilaian hasil belajar siswa
10 menit

G. PENILAIAN
1.      Teknik Penilaian
c.     Sikap                        : Ketelitian, Ketertiban, dan Percaya diri
d.     Pengetahuan  : Test tertulis (Lembar kerja siswa terlampir)
e.     Keterampilan  : Unjuk kerja
2.     Bentuk Instrumen penilaian
a.     IPA
Nama Siswa
Kriteria
Identifikasi cara menghasilkan bunyi
Menyebutkan 4 cara menghasilkan bunyi (4)
Menyebutkan 3 cara menghasilkan bunyi (3)
Menyebutkan 2 cara menghasilkan bunyi (2)
Menyebutkan 1 cara menghasilkan bunyi (1)
……………………
4
3
2
1
……………………





Nama Siswa
Kriteria
Percobaan Sifat Bunyi
Dapat melakukan percobaan dan mempresentasikan dengan benar dan rinci (4)
Dapat melakukan percobaan dan mempresentasikan dengan benar (3)
Dapat melakukan percobaan dan masih memerlukan pendampingan saat mempresentasikannya(2)
Perlu pendampingan saat melakukan percobaan dan mempresentasikannya (1)
……………………
4
3
2
1
……………………






b.     B. Indonesia
Nama Siswa
Kriteria
Gagasan pokok dan pendukung
Menemukan gagasan pokok dan pendukung
Hanya mampu menemukan gagasan pokok
Hanya mampu menemukan gagasan pendukung
Belum dapat menemukan gagasan pokok dan pendukung
…………………
……………………






c.     PPkn
Nama Siswa
Kriteria
Toleransi
Menyebutkan definisi sikap persatuan dan kesatuan dengan benar
sikap persatuan dan kesatuan
Menganalisis contoh sikap persatuan dan kesatuan dengan mandiri
Mengaplikasikan sikap persatuan dan kesatuan
…………………
……………………





Mengetahui ,                                                                                                               
Kepala Sekolah                                                                                             Guru Kelas 4
                                                           
PKn
Ø  Persatuan dan Kesatuan

 

No comments:

Post a Comment

Cerita Nyata

BAPAK HOBI SELINGKUH Cerita ini merupakan pengalaman anak tetanggaku, sebut saja namanya Finsa. Saat ini usianya hampir mendekati 20 t...