SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
Satuan Pendidikan : SD
Kelas / Semester : IV (Empat) / 2
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
3.4 Memahami kehidupan manusia dalam kelembagaan sosial, ekonomi,
pendidikan, dan budaya di masyarakat sekitar
3.5 Memahami manusia dalam
dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.4. Mendeskripsikan kehidupan
manusia dalam kelembagaan sosial, pendidikan, ekonomi, dan budaya di
masyarakat sekitar
4.5. Menceritakan manusia dalam
dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
|
Jenis Profesi dan
Cita-cita
|
·
Mengamati gambar usaha pelajar untuk meraih cita-cita
·
Membuat daftar cita-cita teman dan usaha yang perlu diraih untuk
mencapai cita-cita tersebut melalui wawancara, studi pustaka, media
elektronik atau media cetak.
·
Mencari informasi tentang cita-cita dari berbagai sumber informasi,
misalnya perpustakaan, radio, televisi dll yang berhubungan dengan cita-cita
|
·
Observasi
·
Portofolio
·
Tes lisan, terulis dan
perbuatan
|
5 M x 32 JP
|
· Buku
Teks Pelajaran Tematik Kelas IV Tema
1 Kelas IV
· Media
gambar
·
Perlengkapan
untuk eksperimen
·
Video
|
|
Tema
6
|
||||||
3.3 Memahami manusia dalam
hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya
4.3 Menceritakan manusia dalam
hubungannya dengan lingkungan geografis tempat tinggalnya
4.5. Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
|
Persebaran Sumber
Daya Alam di Indonesia
|
Indonesia, tempat-tempat wisata
|
·
Observasi
·
Portofolio
·
Tes lisan, terulis dan
perbuatan
|
5 M x 32 JP
|
·
Buku
Teks Pelajaran Tematik Kelas IV Tema
1 Kelas IV
·
Media
gambar
·
Perlengkapan
untuk eksperimen
·
Video
·
Mainan atau alat yang berhubungan
dengan gaya
|
|
Tema 7
|
||||||
4.1 Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang,
konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial,
ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang,
perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.3. Memahami manusia dalam
hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya
4.3 Menceritakan manusia dalam hubungannyadengan lingkungan
geografis tempat tinggalnya
|
Karakteristik Sumber
Daya Alam berdasarkan daerah tempat tinggal
|
·
Mengamati daerah tempat tinggal dan batas-batas wilayah tempat tinggal
·
Mengumpulkan data tentang
pengelompokkan daerah tempat
tinggal ( perkotaan, pedesaan,
pegunungan, pesisir ) dan mata pencaharian di daerah tersebut
·
Menggambar simbol pemerintahan
daerah tempat tinggalku menggunakan data distrik
·
Mencatat arah, nama jalan, bangunan, jarak, titik lokasi suatu tempat
dalam denah
· Membuat denah tempat tinggalku dengan memperhitungkan
arah mata angin, jarak dan lokasi.
·
Mengkomunikasikan denah yang dibuatnya
|
·
Observasi
·
Portofolio
·
Tes lisan, terulis dan
perbuatan
|
5 M x 32 JP
|
·
Buku
Teks Pelajaran Tematik Kelas IV Tema
1 Kelas IV
·
Media
gambar
·
Perlengkapan
untuk eksperimen
·
Video
·
Mainan atau alat yang berhubungan
dengan gaya
|
|
Tema 8
|
||||||
3.5 Memahami manusia dalam
dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5. Menceritakan manusia dalam dinamika
interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
|
Sumber Daya Alam di
Daerah Sendiri
|
·
Mencari data sumber daya alam yang ada
di wilayah sendiri
·
Menyimak penjelasan dari teman tentang sumber daya alam yang ada di
daerah masing masing siswa
·
Mencatat sumber daya alam beserta
fungsinya dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Observasi
·
Portofolio
·
Tes lisan, terulis dan
perbuatan
|
5 M x 32 JP
|
·
Buku
Teks Pelajaran Tematik Kelas IV Tema
1 Kelas IV
·
Media
gambar
·
Mainan atau alat yang berhubungan
dengan gaya
|
|
Tema 9
|
||||||
No comments:
Post a Comment