SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
Satuan Pendidikan : SD
Kelas / Semester : IV (Empat) / 2
Mata Pelajaran : IPA
Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
3.2 Membandingkan siklus hidup
beberapa
jenis makhluk hidup
serta
mengaitkan dengan
upaya
pelestariannya.
4.2 Membuat skema siklus hidup
beberapa
jenis makhluk
hidup
yang ada di lingkungan
sekitarnya,
dan slogan upaya
pelestariannya.
|
Siklus hidup makhluk
hidup dan upaya pelestariannya
|
·
Menjelaskan pengertian daur hidup hewan
·
Memahami hewan yang mengalami daur hidup yang bermetamorfosis dan tanpa metamorfosis
·
Menyebutkan contoh hewan yang mengalami metamorphosis sempurna dan metamorphosis tidak sempurna
·
Menjelaskan dengan skema siklus
hidup hewan
·
Menjelaskan manfaat hewan dan tumbuhan
·
Menjelasakan upaya pelestarian hewan dan tumbuhan
|
Tes
lisan, tertulis dan perbuatan
·
Menyelesaikan
LKS tentang bunyi,
·
Melaporkan
hasil diskusi/observasi
·
Presentasi daur hidup hewan dengan
gambar
Portofolio
·
Menggambar beberapa hewan dengan daur
hidupnya
|
5 M x 32 JP
|
· Buku
Teks Pelajaran Tematik Kelas IV Tema
1 Kelas IV
· Media
gambar
·
Perlengkapan
untuk eksperimen
·
Video
|
||
Tema
6
|
|||||||
3.3 Mengidentifikasi macam-
macam
gaya, antara lain:
gaya
otot, gaya listrik, gaya
magnet,
gaya gravitasi, dan
gaya gesekan.
4.3 Mendemonstrasikan manfaat
gaya
dalam kehidupan
sehari-hari,
misalnya gaya
otot,
gaya listrik, gaya
magnet,
gaya gravitasi, dan
gaya
gesekan.
|
Gaya dan jenisnya
|
· Memahami
gaya dan jenisnya melalui percobaan untuk menjelaskan pengertian gaya dengan
mendorong atau menarik meja
· Mengidentifikasi
manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari dengan gambar atau media seperti
gaya pegas digunakan pada spring bad
· Mengidentifikasi
pengaruh gaya terhadap benda dengan
percobaan menggunakan bola atau yang lainnya
· Meyebutkan
contoh-contoh gaya (gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi,
dan gaya gesekan) dalam kehidupan sehari-hari
· Menyajikan
laporan hasil pengamatan tentang gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan)
· Menyajikan
laporan hasil pengamatan tentang pengaruh gaya
|
Tes lisan, tertulis dan perbuatan
·
Melaporkan
hasil diskusi/observasi/percobaan
·
Menyelesaikan
LKS tentang gaya
·
Melakukan percobaan tentang gaya listrik
Portofolio
· Membuat
karya yang berhubungan dengan gaya seperti panahan
|
5 M x 32 JP
|
·
Buku
Teks Pelajaran Tematik Kelas IV Tema
1 Kelas IV
·
Media
gambar
·
Perlengkapan
untuk eksperimen
·
Video
·
Mainan atau alat yang berhubungan
dengan gaya
|
||
Tema 7
|
|||||||
3.4 Menghubungkan
gaya
dengan gerak pada peristiwa
di lingkungan sekitar.
4.4 Menyajikan
hasil percobaan
tentang hubungan antara
gaya dan gerak.
|
Perbedaan gaya dan gerak
|
· Memahami perbedaan gaya dan gerak
dengan percobaan atau gambar
· Menjelaskan perubahan gerak
akibat gaya dengan percobaan
· Melakukan percobaan tentang gaya
dorongan dan gaya tarikan
· Menyajikan laporan tentang
pengaruh gaya dengan gerak
· Melakukan percobaan gaya apung
dengan menggunakan plastisin
· Membuat laporan tentang percobaan
mengapung, tenggelam dan melayang.
|
Tes lisan, tertulis dan perbuatan
·
Melaporkan
hasil diskusi/observasi/percobaan
·
Menyelesaikan
LKS tentang gaya dan gerak
·
Melakukan percobaan tentang gaya apung
|
5 M x 32 JP
|
·
Buku
Teks Pelajaran Tematik Kelas IV Tema
1 Kelas IV
·
Media
gambar
·
Perlengkapan
untuk eksperimen
·
Video
·
Mainan atau alat yang berhubungan
dengan gaya
|
||
Tema 8
|
|||||||
3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi,
perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari,
panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari
4.5 Menyajikan laporan hasil
pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk
energy
|
Sumber Energi
|
· Menyebutkan
sumber energy yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari
· Menjelaskan
keterkaitan antara sumber daya air dan energy listrik dengan penuh tanggung jawab
· Mengidentifikasi
berbagai sumber energy yang ada di sekitar dengan penuh tanggung jawab
· Mengetahui
macam-macam energy dan perubahannya dengan penuh kepedulian
· menyajikan
laporan tentang usaha pelestarian lingkungan hidup dengan penuh kepedulian
· Menyajikan
laporan hasil pengamatan atau percobaan tentang sumber energy alternative
|
Tes lisan, tertulis dan perbuatan
·
Melaporkan
hasil diskusi/observasi/percobaan
·
Menyelesaikan
LKS tentang gaya dan gerak
·
Melakukan percobaan tentang gaya apung
|
5 M x 32 JP
|
·
Buku
Teks Pelajaran Tematik Kelas IV Tema
1 Kelas IV
·
Media
gambar
·
Perlengkapan
untuk eksperimen
·
Video
·
Mainan atau alat yang berhubungan
dengan gaya
|
||
Tema 9
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment