KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
(KKM)
TAHUN AJARAN 2016/2017
Nama Sekolah
|
: SD
|
||||||||||
Mata Pelajaran
|
: Ilmu Pengetahuan Alam
|
||||||||||
Kelas
|
: 4 (Empat)
|
||||||||||
Semester
|
: I (Satu)
|
||||||||||
Kompetensi
dasar
|
: 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
|
||||||||||
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Kriteria
Penetapan Ketuntasan
|
|||||||||
Kompleksitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
|
Nilai
KKM Indikator
|
||||||||
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan
keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan
dan/atau percobaan tentang sifatsifat bunyi.
|
3.6.1
Menjelaskan cara menghasilkan bunyi
|
70
|
75
|
75
|
72
|
||||||
3.6.2
Menjelaskan sifat-sifat bunyi merambat
|
73
|
70
|
74
|
72
|
|||||||
3.6.4
Mengidentifikasi sumber bunyi
|
70
|
75
|
70
|
72
|
|||||||
3.6.5 Menjelaskan sifat-sifat
bunyi memantul menyerap.
|
72
|
76
|
70
|
73
|
|||||||
4.6.1 Menyajikan laporan
pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi.
|
70
|
75
|
70
|
72
|
|||||||
4.6.2 Menyajikan laporan hasil percobaan
tentang sifat-sifat bunyi merambat
|
74
|
73
|
73
|
73
|
|||||||
4.6.3 Menyajikan laporan percobaan
tentang sumber bunyi.
|
72
|
76
|
70
|
73
|
|||||||
4.6.5
Membuat peta pikiran tentang sifat bunyi
memantul dan menyerap
|
70
|
70
|
75
|
72
|
|||||||
Nilai KKM TEMA 1 = 72
|
|||||||||||
3.5 Memahami berbagai sumber energi,
perubahan bentuk energi,dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari,
panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.
4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan
dan/atau percobaan tentang sifatsifat bunyi
|
3.5.1 Menjelaskan manfaat energi
matahari dalam kehidupan sehari-hari.
|
73
|
77
|
70
|
73
|
||||||
3.5.2 Mengidentifikasi perubahan
bentuk energi angin dalam kehidupan
sehari-hari.
|
70
|
75
|
68
|
71
|
|||||||
3.5.3 Mengidentifikasi manfaat perubahan
bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari
|
68
|
77
|
67
|
71
|
|||||||
3.5.5 Mengidentifikasi manfaat
sumber energi alternative dalam kehidupan sehari- hari.
|
70
|
70
|
70
|
70
|
|||||||
3.5.6 Mengidentifikasi manfaat
kentang sebagai sumber energi alternative dalam kehidupan sehari-hari
|
75
|
75
|
70
|
73
|
|||||||
4.5.1 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi matahari
|
70
|
71
|
70
|
70
|
|||||||
4.5.2 Menyajikan laporan hasil
pengamatan tentang perubahan bentuk
energi.
|
73
|
73
|
73
|
73
|
|||||||
4.5.3 Menuajikan laporan hasil
pengamatan tentang berbagai perubahan bentuk energy dalam kehidupan sehari-hari
|
74
|
75
|
70
|
73
|
|||||||
4.5.5 Menyajikan laporan hasil
pengamatan tentang perubahan bentuk energi alternative dalam kehidupan sehrai-hari
|
74
|
75
|
70
|
73
|
|||||||
4.5.6 Menyajikan laporan hasil
pengamatan tentang perubahan bentuk energy pada kentang.
|
70
|
70
|
70
|
70
|
|||||||
Nilai KKM TEMA 2 = 72
|
|||||||||||
3.8 Memahami pentingnya upaya
keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
3.1 Memahami hubungan anatara
bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan
|
3.8.1 Mengidentifikasi masalah-masalah
keseimbangan lingkungan
|
70
|
75
|
64
|
69
|
||||||
3.8.2 Menjelaskan upaya
pelestarian lingkungan
|
70
|
70
|
70
|
70
|
|||||||
3.8.6 Menjelaskan penting
penghijauan sebagai salah satu upaya pelestarian
sumber daya alam
|
68
|
70
|
64
|
67
|
|||||||
3.8.2 Mengidentifikasi pentingnya
peran hewan sebagai sumber daya alam dalam menjaga keseimbangan alam
|
75
|
75
|
65
|
72
|
|||||||
3.8.4 Mengidentifikasi fungsi hewan
dalam pelestarian lingkungan
|
70
|
70
|
70
|
70
|
|||||||
3.8.5 Menjelaskan manfaat dari peduli
dan melestarikan sumber daya alam dan
lingkungan
|
78
|
80
|
75
|
78
|
|||||||
4.8
Melakukan kegiatan upaya
pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di
lingkungannya
4.1 Menyajikan laporan hasil pengamatan
tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan
|
4.8.6 Melakukan kegiatan menanam
tanaman sebagai upaya pelestarian sumber daya alam dan lingkungan
|
70
|
70
|
70
|
70
|
||||||
4.8.5 Melakukan refleksi kebiasaan
peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan dalam bentuk tabel
|
70
|
80
|
68
|
73
|
|||||||
Nilai KKM TEMA 3 = 71
|
|||||||||||
3.8 Memahami pentingnya upaya
keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.
|
3.8.1 Mengidentifikasi pentingnya
keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam
|
70
|
70
|
70
|
70
|
||||||
3.8.2 Mengidentifikasi pentingnya
menjaga keseimbangan dan sumber daya alam di lingkungan sekitar.
|
75
|
75
|
70
|
73
|
|||||||
3.8.3 Mengidentifikasi dampak
pemanfaatan teknologi bagi keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya
alam.
|
70
|
71
|
70
|
70
|
|||||||
3.8.4
Mengidentifikasi pentingnya
pembatasan penggunaan sumber daya alam sebagai langkah
pelestarian sumber daya alam.
|
73
|
73
|
73
|
73
|
|||||||
3.8.5 Mengidentifikasi dampak pemanfaatan sumber daya alam yang tidak terkontrol.
|
74
|
75
|
70
|
73
|
|||||||
3.8.6 Mengidentifikasi pentingnya
pemanfaatan barang bekas sebagai usaha pelestarian sumber
daya alam
|
70
|
70
|
70
|
70
|
|||||||
4.8 Melakukan kegiatan upaya
pelestarian
sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya
|
4.8.1 Memberikan contoh kegiatan
menjaga kelestarian sumber daya
alam.
|
70
|
70
|
70
|
70
|
||||||
4.8.2 Mempraktikkan pelestarian
sumber daya alam di lingkungan
sekitar.
|
70
|
70
|
70
|
70
|
|||||||
4.8.3 Memberikan contoh pemanfaatan teknologi
yang ramah lingkungan bagi kelestarian
sumber daya alam.
|
75
|
75
|
70
|
73
|
|||||||
4.8.4 Mempraktikkan pembatasan penggunaan sumber
daya alam dalam kehidupan sehari-hari.
|
70
|
71
|
70
|
70
|
|||||||
4.8.5 Memberikan tulisan kegiatan pencegahan
berkurangnya sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari.
|
73
|
73
|
73
|
73
|
|||||||
4.8.6 Mengomunikasikan contoh kegiatan
pemanfaatan sampah sebagai upaya
pelestarian sumber daya alam
|
74
|
75
|
70
|
73
|
|||||||
Nilai KKM Tema 4 = 72
|
|||||||||||
3.7
Memahami sifat-sifat cahaya
dan keterkaitannya dengan indera penglihatan
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau
percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya Indikator
|
3.7.1 Mengidentifikasi sifat-sifat
cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan dalam kehidupan sehari-
hari.
|
70
|
70
|
70
|
70
|
||||||
3.7.2 Mengidentifikasi sifat-sifat
cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan dalam kehidupan sehari-
hari.
|
75
|
75
|
70
|
73
|
|||||||
3.7.2 Mengidentifikasi sifat-
sifat cahaya melalui percobaan
dengan periskop yang dibuat sendiri
|
70
|
71
|
70
|
70
|
|||||||
3.7.1 Mengidentifikasi sifat-
sifat cahaya melalui percobaan
dengan jenis-jenis cermin
|
73
|
73
|
73
|
73
|
|||||||
4.7.1
Melaporkan hasil percobaan yang memanfaatkan sifat- sifat cahaya dalam bentuk
tulisan.
|
74
|
75
|
70
|
73
|
|||||||
4.7.2
Melaporkan hasil percobaan cakram warna yang memanfaatkan sifat-sifat
cahaya dalam bentuk tulisan.
|
70
|
70
|
70
|
70
|
|||||||
4.7.1
Melaporkan hasil percobaan
sifat cahaya melalui percobaan dengan berbagai jenis
cermin.
|
75
|
75
|
70
|
73
|
|||||||
4.7.1 Melaporkan hasil percobaan
sifat cahaya melalui percobaan dengan periskop yang dibuat sendiri
|
70
|
71
|
70
|
70
|
|||||||
Nilai KKM TEMA 5 = 71
|
|||||||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
Nilai KKM = 72
|
|||||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
No comments:
Post a Comment