SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
Satuan Pendidikan : SD
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Mata Pelajaran : IPA samaan
Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.6
Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan
dan/atau percobaan tentang sifatsifat bunyi.
|
Sifat-sifat bunyi dan keterkait-annya
dengan indera pendengaran
|
·
Berdiskusi tentang bagaimana benda yang dibunyikan menghasilkan bunyi
yang harmonis
·
Melakukan percobaan tentang bunyi dari selang
·
Membuat percobaan tentang bunyi identifikasi sumber dan tempat bunyi berasal menggunakan alat musik
daerah
·
Menjelaskan bagaimana telinga
merasakan getaran
·
Menjelaskan bagaian, fungsi dan
cara merawat telinga
·
Melakukan percobaan tentang
pemantulan dan penyerapan bunyi dengan menggunakan bahan-bahan sederhana
sperti arloji, gabus, tabung.
·
Menjelaskan macam-macam bunyi
pantul (gaung, dan gema)
|
Tes lisan, tertulis
dan perbuatan
·
Mempraktekkan tentang
bunyi
·
Menyelesaikan LKS
tentang bunyi,
·
Melaporkan hasil
diskusi/observasi
Portofolio
·
Membuat karya yang berhubungan dengan bunyi (telepon
kaleng )
|
5 M x 32 JP
|
·
Benda-benda yang
mengha-silkan sumber bunyi : alat musik, peluit dll
·
Perleng-kapan untuk
eksperi-men
·
Recorder
·
Video
|
Tema 1
|
|||||
3.5
Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi,dan sumber energi
alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan
nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.
4.5
Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang
berbagai perubahan bentuk energi
|
Berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
|
· Mengamati
teks visual tentang manfaat energy matahari dalam kehidupan sehari-hari
· Membuat
peta pikiran matahari sebagai sumber kehidupan
· Membuat
kincir angin
· Membuat
laporan hasil percobaan tentang angin sebagai sumber energi
· Mengamati
gambar beragam aktifitas, dan mengidentifikasi sumber energy dan perubahan
bentuk energi yang terjadi
· Mengamati
teks visual tentang energy alternative
|
Tes lisan, tertulis dan perbuatan
·
Melaporkan hasil
diskusi/observasi
·
Menyelesaikan LKS
tentang manfaat
enegi matahari dan energy alternatif
·
Mempraktekan kincir angin
Portofolio
· Membuat kincir angin
Menggambar energy alternatif
|
5 M x 32 JP
|
·
Perleng-kapan untuk
eksperi-men
·
Teks bacaan tentang energy alternative dan manfaat
energy matahari
·
Video
|
Tema 2
|
|||||
3.8
Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di
lingkungannya
3.1
Memahami hubungan anatara bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan
4.8 Melakukan kegiatan upaya
pelestarian sumber daya alam bersama
orang-orang di lingkungannya
|
Upaya keseimbangan
dan pelestarian SDA di lingkungan
|
· Mengidentifikasi
masalah-masalah keseimbangan
lingkungan seperti tumbuhan yang dapat
dimanfaatkan sebagai makanan pokok seperti padi, singkong dan sagu
· Membuat pertanyaan
sebanyak mungkin tentang tanaman pilihan mereka
· Menjelaskan cara
menjaga pelestarian SDA hayati yang sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup.
· Mengamati tumbuhan
(akar, batang, daun , bunga, biji, dan bunga)
· Membuat laporan
identifikasi tumbuhan ( bagian dan fungsi tumbuhan)
· Mengamati hewan
dilindungi di Indonesia
· Menjelaskan upaya –
upaya pelestarian hewan agar tidak punah (burung cendrawasih)
· Mengamati bagian
tubuh burung dan menyebutkan fungsinya
· Mengamati perbedaan
dan persamaan laba-laba dan kumbang
· Mengidentifikasi
hewan dan tumbuhan yang terawatt dan tidak terawat
· Merencanakan
kegiatan peduli lingkungan
Menanam tumbuhan di pot
|
Tes lisan, tertulis dan perbuatan
·
Melaporkan hasil
diskusi/observasi
·
Menyelesaikan LKS
tentang bagian
tubuh hewan dan tumbuahan beserta fungsinya
·
Mempraktekan kegiatan peduli lingkungan
Portofolio
·
Menggambar pemandangan alam
|
5 M x 32 JP
|
· Foto bentang alam : pantai,
dataran rendah, dan dataran tinggi
· Serumpun padi
·
Perleng-kapan untuk
eksperi-men
·
Gambar
·
Video
|
Tema 3
|
|||||
3.8
Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di
lingkungannya.
4.8 Melakukan kegiatan upaya
pelestarian sumber daya alam bersama
orang-orang di lingkungannya
|
Upaya keseimbangan
dan pelestarian SDA di lingkungan
|
· Mengamati tumbuhan
teh dalam bentuk gambar
· Menyimpulkan
nilai-nilai yang perlu dimiliki sehubungan dengan pelestarian alam dan
sumber daya alam
· Membuat peta pikiran
· Mendiskusikan
tentang pekerjaan nelayan yang menggunakan teknologi modern dan teknologi
ramah lingkungan kemudian membandingkannya dengan menggunakan diagram venn
berdasarkan gambar
· Membaca teks
“pensil” (budidaya kayu)
· Mengidentifikasi gambar ( pekerjaan, barang yang
dihasilkan, bahan asal dan jenis SDA yang digunakan)
· Mengamati dan
mendiskusikan kondisi hutan di Kalimantan dari tahun ke tahun
· Membaca teks “
sampah” dan membuat peta pikiran pengolahan sampah (reduce, reuse, replace,
dan recycle)
|
Tes lisan, tertulis dan perbuatan
·
Melaporkan hasil
diskusi/observasi
·
Menyelesaikan LKS
tentang Upaya
keseimbangan dan pelestarian SDA di lingkungan
proyek
·
Mempraktekan kegiatan peduli lingkungan
·
Menanam tumbuhan di pot
|
5 M x 32 JP
|
· Foto bentang alam :
pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi
· Tumbuhan hidup
· Hewan kumbang dan
belalang dan burung
·
Perleng-kapan untuk
eksperi-men
·
Gambar
·
Video
|
Tema 4
|
|||||
3.7 Memahami sifat-sifat cahaya
dan keterkaitannya dengan indera penglihatan
4.7
Menyajikan laporan hasil pengamatan
dan/atau percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya
|
Sifat-sifat cahaya
dan keterkaitannya dengan indera penglihatan
|
· Melakukan percobaan tentang
sifat-sifat cahaya
· Membuat cakram warna
· Membuat laporan
hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya
· Bermain dengan
cermin ( berkomunikasi menggunakan cermin)
· Melakukan percobaan
membuat lup (kaca pembesar ) sederhana (plastic, air, tulisan di kertas)
· Membuat laporan
hasil percobaan
· Membuat periskop sederhana
|
Tes lisan, tertulis dan perbuatan
·
Mempraktekkan tentang sifat-sifat cahaya
·
Menyelesaikan LKS
tentang sifat-sifat
cahaya
·
Melaporkan hasil
diskusi/observasi
|
5 M x 32 JP
|
·
Perleng-kapan untuk
eksperi-men
·
Gambar
·
Video
|
Tema 5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment