Friday, October 19, 2018

RPP TEMA 4 KELAS 4 SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan                  :  SEKOLAH DASAR
Kelas / semester                  :  4 / 1
Tema / Sub Tema                  :  4 /1
Alokasi waktu                      :  30 x 35 menit 
Tanggal                             : 2 – 6 Oktober 2017

A.   KOMPETENSI INTI
1.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
2.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
3.     Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

B.   KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR

Matematika
Kompetensi dasar
3.3 Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal.
4.3 Menyelesaikan masalah pennaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal.
Indikator:
3.3.1  Melakukan penaksiran pecahan dan bilangan desimal.
4.3.1  Menyelesaikan masalah  sehari-hari yang berkaitan dengan penaksiran pecahan dan bilangan desimal.

Bahasa Indonesia
Kompetensi dasar
3.5 Mengurai pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng dan sebagainya).
4.5 Mengomunikasikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih dan dibaca sendiri secara lisan dan tulis yang didukung oleh alasan.
Indikator:
3.5.1 Mengidentifikasi tokoh dalam cerita.
4.5.1 Mengemukakan pendapat dan alasan pribadi terhadap tokoh

PPKn
Kompetensi dasar
3.1 Memahami makna hubungan symbol dengan sila-sila Pancasila.
4.1 Menjelaskan makna hubungan symbol dengan sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator:
3.1.1   Mendiskusikan makna pada pancasila sila pertama
4.1.1   Mengomunikasikan makna symbol pada sila pertama Pancasila..

IPA
Kompetensi dasar
3.8. Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.
4.8. Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.
Indikator
3.1.1. Melakukan identifikasi cara menjaga kelestarian alam.

IPS
Kompetensi dasar
3.3   Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan social dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
4.3   Menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan social dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.
Indikator
3.3.1
4.1.1. Menggali informasi tentang karakteristik tempat tinggal dan pemanfaatan sumber daya alam

TUJUAN PEMBELAJARAN
1.  Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara dengan tepat.
2.  Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat pertanyaan tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif untuk persiapan wawancara dengan benar.
3.  Dengan diskusi pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi masalah-masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat.
4.  Dengan diskusi pemecahan maslah, siswa mampu melakukan identifikasi masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat.
5.  Dengan mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta   pemanfatan sumber daya alamnya bagi kesejahteraan masyarakat dengan tepat.
6.  Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyajikan informasi hasil identifikasi karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan   pantai serta pemanfataan sumber daya alamnya bagi kesejahteraan masyarakat dengan sistematis
7. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang ketika memanfaatkan tumbuhan dengan terperinci.
8.  Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat rencana melaksanakan kewajiban terhadap tumbuhan yang dipelihara dengan terperinci.
9.  Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat daftar pertanyaan
10. Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat pertanyaan tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif untuk persiapan wawancara dengan benar.
11. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri pertanyaan yang baik dengan benar.
   12. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengelompokkan pertanyaan berdasarkan ciri- ciri pertanyaan yang baik dengan benar.

13. Setelah membaca, mencermati langkah-langkah, dan berlatih, siswa mampu menerapkan keterampilan dalam melakukan wawancara dengan tepat.
14. Dengan melakukan refleksi, siswa mampu menjelaskan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
15. Dengan melakukan refleksi, siswa mampu mengomunikasikan pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.
16. Siswa dapat melakukan dan menjelaskan  penjumlahan dan pengurangan pecahan .
17.  Siswa mampu menyelesaikan masalah  sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan

D.  MATERI

1.    Penjumlahan dan pengurangan pecahan
2.  Soal cerita pecahan
3.  Wawancara 
4.  Kerusakan lingkungan
5.  Daur hidup kupu-kupu
6. Sikap bijak terhadap tumbuhan (hak dan kewajiban)
7. Karakteristik pantai, dataran tinggi, dan dataran rendah

C.    PENDEKATAN & METODE
Pendekatan             : Scientific ( mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan )
Metode                  : Penugasan, Tanya Jawab, eksplorasi.


D.   MEDIA, ALAT, dan SUMBER BELAJAR
a.    Media
·         vidio
·         gambar 
·         padi
·         teks wawancara
·         kartu angka
·         tumbuhan  

b. Sumber Belajar   :  - Buku Guru kelas 4 Tema 1  “Indahnya Kebersamaan”. Buku tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta :
                                     Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
                                   - Buku Siswa kelas 4 Tema 1  “Indahnya Kebersamaan”. Buku tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta:                         Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
                                            - www.wikipedia.com
                                            - www.google.com
                                            - Haryanto, Sains Kelas 4 SD, Erlangga
                                            - Bahasa Indonesia SD Kelas 4, KTSP 2006, Erlangga
                                            - Gunanto, Dhesy. A. ESPS, 2016 : Erlangga
                                            - Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD kelas 4. Buku pendamping Tematik terpadu. Dwi Tyas Utami, Irma   Murti K.A. Erlangga 2013

E.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
      PB 1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.     Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.     Guru memberi salam dan menanyakan kabar siswa
3.     Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
4.     Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan tema sebelumnya.
5 menit
Inti
1.    Sebagai kegiatan pembuka, guru memperlihatkan serumpun padi kepada
      siswa.
2.   Guru mengajukan pertanyaan: Apa yang kalian ketahui tentang tanaman ini?
3.   Guru memberikan penguatan : Tumbuhan sebagai sumber daya alam tentunya perlu dijaga keberadaannya
4.   Siswa menonton vidio tentang kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh faktor manusia dan alam
5.   Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi penyebab keusakan, dampak, dan cara melestarikan kerusakan lingkungan.
6.   Siswa mengerjakan tugas di lembar kerja
7.   Siswa mengamati gambar tiga kondisi geografis  yaitu: pantai, dataran tinggi, dan dataran rendah.
8.   Siswa diminta membuat pertanyaan tentang beragam hal yang ingin mereka ketahui tentang ketiga bentang alam tersebut.
9.   Siswa menuliskan perbedaan-perbedaan yang mereka temukan dari ketiga bentang alam tersebut.
10. Siswa menggambar pemandangan pantai, dataran tinggi, dan dataran rendah dan mengisi tabel tentang karakteristiknya
11.  Siswa membaca teks wawancara
12. Siswa menandai bagian penting dengan pensil warna dalam teks wawancara : narasumber, pewawancara, salam pembuka dll.
13. Siswa tanya jawab pengertian wawancara dan mendefinisikannya.
14. Siswa mengerjakan tugas di lembar kerja
195 menit
Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
2.     Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.     Melakukan penilaian hasil belajar
10 Menit

      PB 2
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.    Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.    Guru memberi salam dan menanyakan kabar siswa
3.    Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
4.     Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan tema sebelumnya.
5 menit
Inti
1.    Guru bertanya apa manfaat tumbuhan bagi manusia?Siswa menyampaikan jawabannya.
2.   Guru kembali lagi bertanya apakah yang kita makan sehari-hari juga berasal dari tumbuhan?
3.   Bagaimana sikap kita terhadap makanan yang kita makan sehari-hari? Siswa menjawab pertanyaan itu secara bergantian.
4.   Guru memberikan penguatan : Tumbuhan sebagai sumber daya alam tentunya perlu dijaga keberadaannya
5.   Siswa mendiskusikan proses tanaman padi menggunakan gambar sampai menjadi nasi yang bisa dimakan.(lebih bijak dalam menggunakan nasi karena membutuhkan proses yg lama)
6.   Setiap siswa mengerjakan tugas menuliskan refleksi tentang sikapnya dalam memanfaatkan tanaman secara bijak.
195 menit
Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
2.     Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.     Melakukan penilaian hasil belajar
10 Menit

      PB 3
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan

Pendahuluan
1.    Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.   Guru memberi salam dan menanyakan kabar siswa
3.    Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
4.    Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan tema sebelumnya.
5 menit
Inti
1.   Siswa membuat pertanyaan berdasarkan gambar tumbuhan dengan benar untuk persiapan wawancara
2.  Siswa membaca kembali artikel wawancara tentang tumbuhan
3.  Siswa menyebutkan langkah-langkah dalam membuat laporan wawancara
4.  Guru mengulas jawaban siswa
5.  Siswa mengerjakan di tugas di lembar kerja
6.  Siswa diminta kembali melihat gambar tumbuhan dan hewan diantaranya kupu-kupu
7.  Siswa melakukan Tanya jawab tentang : Habitat/tempat hidup kupu-kupu, Hubungan antara kegiatan manusia dengan kelangkaan kupu-kupu.
8.  Siswa berdiskusi tentang daur hidup kupu-kupu pada fase menguntungkan dan fase merugikan bagi makhluk hidup lain.
9.  Guru menunjukkan gambar daur hidup kupu-kupu
10.Siswa menjelaskan dan menyebutkan urutan daur hidup kupu-kupu
11. Siswa mengerjakan tugas pada lembar kerja  
195 menit
Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
2.     Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.     Melakukan penilaian hasil belajar
10 menit
      PB 4
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan

Pendahuluan
1.     Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.    Guru memberi salam dan menanyakan kabar siswa
3.    Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
4.    Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan tema sebelumnya.
5 menit
Inti
1.    Di awal pembelajaran guru membawa tanaman ke dalam kelas.
2.   Guru bertanya kepada siswa. Apakah kamu mempunyai tanaman di rumah? Bagaimana kamu merawatnya?
3.   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pengalamannya.
4.   Guru bertanya kembali, apa yang terjadi jika tanaman tidak kita rawat? Guru menulis jawabannya di papan tulis. Jawaban siswa didiskusikan secara klasikal.
5.   Guru menguatkan manfaat tanaman dalam kehidupan sehari-hari.
6.   Guru memberikan penguatan mengenai hal-hal yang harus dilakukan (kewajiban dan hak) untuk merawat tanaman. Misalkan menyiram, memberi pupuk, dan mengambil daun-daun yang kering.
7.   Secara individu siswa membuat jadwal merawat tanamannya. Guru memotivasi siswa untuk disiplin dalam merawat tanamannya.

195 menit
Penutup
1.     Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
2.     Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.     Melakukan penilaian hasil belajar
10 Menit
PB 5
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan

Pendahuluan
1.     Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.    Guru memberi salam dan menanyakan kabar siswa
3.    Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
4.    Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan tema sebelumnya.
5 menit
Inti
1.     Siswa menjawab pertanyaan: di mana padi dan teh bisa tumbuh?Lingkungan seperti apa yang baik untuk tanaman tersebut?
2.    Siswa menggambar  kembali dan menuliskan  perbedaan antara tempat hidup tanaman padi dan teh.
3.    Siswa menuliskan alasan mengapa padi dan teh tumbuh di tempat yang berbeda (sawah dan pegunungan).
4.    Siswa menuliskan penjelasan bahwa keadaan alam (iklim dan bentuk
5.    bumi) mempengaruhi pertumbuhan tanaman.
6.    Siswa menuliskan hal yang perlu diperhatikan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik Kondisi dan karakteristik alam yang berbeda mempengaruhi jenis tumbuhan yang hidup di sekitar wilayah tersebut.
7.    Siswa mengerjakan lembar tugas
8.    Untuk mengingatkan kepada pembelajaran sebelumnya, siswa diminta mendiskusikan kembali secara berkelompok ciri-ciri pertanyaan yang baik untuk wawancara.
9.    Siswa melakukan wawancara secara berpasangan dengan menggunakan etika wawancara yang benar.

195 menit
Penutup
1.     Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
2.    Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.     Melakukan penilaian hasil belajar
10 menit
Matematika
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan

Pendahuluan
1.     Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.    Guru memberi salam dan menanyakan kabar siswa
3.    Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
4.    Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan tema sebelumnya.
5 menit
Inti
Pertemuan 1
1.     Guru melakukan eksplorasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan contoh soal
Ex : penjumlahan
 



Ex : Pengurangan
 

                                     

2.    Guru memberi penekanan bahwa ketika melakukan penjumlahan dan pengurangan dalam pecahan yang penyebutnya berbeda , maka harus disamakan terlebih dahulu penyebutnya
3.    Siswa menyelesaikan beberapa latihan soal di depan dengan bimbingan dari guru
4.    Siswa mengerjakan soal penjumlahan dan pengurangan pecahan pada lembar kerja
5.    Guru mengecek pekerjaan siswa
Pertemuan ke 2
6.    Guru mengulang materi sebelumnya
7.    Siswa membacakan contoh kegiatan yang berhubungan dengan pecahan dalam kehidupan sehari-hari.
Ex : Ahmad memiliki tali sepanjang m. Kemudian tali tersebut dipotong  , maka sisa tali Ahmad adalah … m.  
Diketahui : panjang tali  m , dipotong
Ditanya    : sisa tali ?
Jawab      :   -   =   =
8.    Siswa menyelesaikan beberapa contoh latihan soal cerita lain di depan dengan bimbingan dari guru
9.    Siswa mengerjakan soal penjumlahan dan pengurangan pecahan di lembar kerja
10.  Guru mengecek tugas siswa
195 menit
Penutup
1.     Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
2.    Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.     Melakukan penilaian hasil belajar
10 menit














F.   PENILAIAN

1.      Penilaian
a.     Penilaian Sikap : Percaya diri , teliti, santun
b.     Penilaian Pengetahuan : Tes tertulis dan unjuk kerja
2.     Bentuk Instrumen Penilaian
a.     Bahasa Indonesia




Nama siswa
Kriteria
Identifikasi masalah keseimbangan lingkungan

Mampu menyebutkan langkah-langkah wawancara dengan benar dan runtut
Mampu menyebutkan langkah-langkah wawancara tetapi belum runtut
Belum dapat menyebutkan langkah-langkah wawancara, dan etika wawancara dengan benar dan runtut
................
4
3
2
1
................





b.     Matematika
Matematika: soal-soal latihan dinilai dengan penilaian angka

c.     IPA    

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     
Kriteria
Percobaan pemantulan dan penyerapan bunyi
Mengidentifikasi semua masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat
Mengidentifikasi sebagian besar  masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat
Mengidentifikasi hanya sebagian kecil masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat
Belum mampu Mengidentifikasi masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat
................
4
3
2                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     
1
.................




                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          
d.     PKn
Jadwal merawat tanaman
Guru memberikan komentar tentang jadwal yang sudah dan belum sesuai

e.     IPS  

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               
Kriteria
Menemukan dan menuliskan informasi keragaman makanan tradisional serta mengomunikasikannya
Mengidentifikasi semua karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta SDA dan pemanfaatannya dengan tepat
Mengidentifikasi sebagian besar karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta SDA dan pemanfaatannya dengan tepat
Mengidentifikasi sebagian kecil karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta SDA dan pemanfaatannya dengan tepat
Belum mampu mengidentifikasi semua karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta SDA dan pemanfaatannya dengan tepat
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         ................
4
3
2
1
................







Mengetahui ,                                                                                                            
Kepala Sekolah                                                                                            Guru Kelas 4
      
                                                                        






No comments:

Post a Comment

Cerita Nyata

BAPAK HOBI SELINGKUH Cerita ini merupakan pengalaman anak tetanggaku, sebut saja namanya Finsa. Saat ini usianya hampir mendekati 20 t...