Thursday, October 25, 2018

SILABUS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA


SILABUS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
SD ………………………………
KELAS 6, SEMESTER I,T.A 2016/2017
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan
Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/Bahan/
Alat
MENDENGARKAN
1.       Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
1.1.  Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan
·    Unsure-unsur Intrinsik
·    Mengarang bebas menggunakan unsure intrinsic
·    Analisa unsur-unsur intrinsik dalam cerita
·      Siswa mendengarkan bacaan tema yang ditentukan
·      Menentukan hal-hal pokok suatu bacaan
·      Menyampaikan kembali isi bacaan
·   Tertulis

·     2 minggu
·    Buku cerita

1.2.  Mengidentifikasi tokoh, watak, latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan
·    Menentukan unsure-unsur intrinsic dalam cerita
·    Menentukan unsur intrinsik cerita
·      Mengidentifikasi tokoh, watak, tema dari bacaan yang didengar
·      Menyebutkan unsure indtrinsik dari bacaan yang didengar
·   Tertulis
·     1 minggu
·    Buku cerita
BERBICARA
2.       Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
2.1.  Menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yng runtut, baik dan benar
·    Kalimat permintaan
·    Kalimat pengandaian
·    Sinonim dan antonym
·    Akronim dan singkatan
·    Membuat kalimat permintaan
·    Membuat kalimat pengandaian
·    Menyebutkan sinonim dan antonim sebuah kata
·    Menyebutkan kata-kata akronim
·    Menyebutkan kata-kata singkatan
·      Menentukan pokok-pokok informasi yang diperolah
·      Menjelaskam pokok-pokok informasi
·      Menyampaikan informasi kepada orang lain
·      Menyampaikan kalimat permintaan dengan bahasa yang runtut dan santun
·      Menyampaikan kalimat pengandaian
·      Mengetahui sinonim dan antonym sebuah kata
·      Membedakan antara akronim dan singkatan
·      Menentukan akronim dan singkatan
·   Tertulis
·   Praktek
·     2 minggu
·    Kartu bergambar
·    Permainan memasangkan kartu
·    Kartu kosakata

2.2.  Menanggapi (mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang santun
·    Pujian dan kritikan
·    Debat
·    Membuat kalimat pujian dan kritikan
·    Melakukan perdebatan terarah
·      Menyampaikan kritik kepada orang lain dengan alasan
·      Memuji sesuatu dengan alasan
·      Menentukan hal-hal yang di kritik
·      Menentukan hal-hal yang dipuji
·      Berdiskusi dengan tema tertentu
·      Menyampaikan argument disertai alasan

·   Tertulis
·   Praktek
·     1 minggu
·    Kartu bergambar
·    Role play
MEMBACA
3.       Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
3.1.  Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan
·    Membaca laporan pengamatan
·    Membaca sekilas (PBL)
·    Membaca laporan pengamatan
·    Membuat laporan pengamatan
·    Merubah laporan dalam bentuk narasi
·    Membaca sekilas dan menyebutkan kesimpulan cerita
·      Menentukan topic laporan
·      Siswa menulis paragraph laporansingkat sesuai data yg disajikan
·      Meringkas laporan kunjungan
·      Menentukan unsure-unsur laporan
·      Membuat laporan
·      Menggunakan kalimat majemuk bertingkat
·      Memisahkan kalimat majemuk bertingkat
·      Menyebutkan isi bacaan
·      Meringkas bacaan
·      Membaca cepat
·   Tertulis
·   Praktek
·     2 minggu
·    Laporan penelitian
·    Buku cerita pendek

3.2.  Menanggapi informasi dari kolom/rubric khusus (majalah anak,Koran,dll)
·    Menanggapi rubric
·    Iklan
·    Hal-hal penting surat kabar
·    Membuat tanggapan terhadap sebuah rubrik
·    Menentukan jenis rubrik
·    Menyebutkan hal-hal penting dalam surat kabar
·      Membaca rubric khusus
·      Menanggapi informasi dari surat anak dalam rubric anak
·      Menggunakan kalimat pengandaian
·      Menggunakan kalimat anjuran
·      Menemukan unsure-unsur iklan
·      Menentukan jenis-jenis iklan
·      Membuat iklan
·   Tertulis
·   Praktek
·     2 minggu
·    Koran
·    Majalah
MENULIS
4.       Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan paraphrase
4.1.  Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos. daftar riwayat hidup, dll) dengan benar
·    Mengisi formulir
·    Membuat/menarasikan formulir
·    Mengisi formulir
·    Merubah formulir dalam bentuk narasi
·    Menentukan jenis-jenis formulir
·      Mengisi formulir sederhana
·      Mengisi daftar riwayat hidup berdasarkan format tersedia
·      Menuliskan data diri dalam bentuk narasi
·      Menentukan unsure-unsur formulir
·      Menentukan jenis-jenis formulir
·      Menentukan cirri-ciri wesel
·      Mengisi wesel sesuai aturan
·   Tertulis
·   Praktek
·     1 minggu
·    Formulir kosong

4.2.  Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar
·    Wawancara

·    Menentukan unsur-unsur wawancara
·    Membuat pertanyaan 5W + 1 H

·      Membuat ringkasan dari teks yang didengar (ringkasan wawancara)
·      Menulis kembali isi cerita dengan kalimat sendiri (hasil wawancara)
·      Unsure-unsur wawancara 5 W 1 H
·   Tertulis
·   Praktek
·     1 minggu
·    Koran
·     

4.3.  Menyusun percakapan tentang berbagai topic dengan memperhatikan penggunaan ejaan
·    Tanda baca titik dua (:) / dialog
·    Tanda baca garis miring (/)
·    Keteranagn waktu dan tempat (SPOK)
·    Kalimat majemuk 1
·    Kalimat majemuk 2
·    Menyebutkan fungsi tanda baca titik dua
·    Mengaplikasikan tanda baca titik dua dalam dialog
·    Menentukan ungsi tanda baca garis miring
·    Mengidentifikasi kalimat berdasarkan S P O K
·    Membedakan kalimat majemuk setara dan majemuk bertingkat
·      Menyusun percakapan berdasarkan gambar
·      Siswa melengkapi dialog
·      Menentukan topic dialog
·      Menyusun percakapan
·      Membuat percakapan berdasarkan gambar
·      Siswa mengetahui fungsi tanda baca titik dua
·      Menentukan penggunaan titik dua
·      Siswa mengetahui fungsi tanda baca garis miring
·      Menentukan penggunaan garis miring
·      Mengidentifikasi kata keterangan waktu dalam kalimat
·      Mengidentifikasi kata keterangan tempat dalam kalimat
·      Membuat kalimat berpola SPOK
·      Membuat kalimat majemuk setara
·      Membuat kalimat majemuk bertingkat
·      Membedakan antara kalimat majemuk setara dan bertingkat
·   Tertulis
·   Praktek
·     3 minggu
·    Kartu fungsi tanda baca titik dua
·    Kartu fungsi tanda baca garis miring
·    Kartu kalimat majemuk setara
·    Kartu kalimat majemuk bertingkat

4.4.  Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi
·    Puisi dan parafrase
·    Membuat puisi
·    Merubah puisi menjadi prosa
·      Membuat puisi
·      Menyebutkan syarat-syarat membuat puisi
·      Mengubah puisi dalam bentuk prosa
·   Tertulis
·   Praktek
·     2 minggu
·    Puisi
·    Prosa puisi
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran


          ……………………………                                                                                                                                                                                                 …………………………………..                                                                                                                                             


No comments:

Post a Comment

Cerita Nyata

BAPAK HOBI SELINGKUH Cerita ini merupakan pengalaman anak tetanggaku, sebut saja namanya Finsa. Saat ini usianya hampir mendekati 20 t...