SILABUS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
SD ………………………………
KELAS 6, SEMESTER I,T.A 2016/2017
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/Bahan/
Alat
|
MENDENGARKAN
1.
Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
|
1.1.
Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu
teks yang dibacakan
|
· Unsure-unsur
Intrinsik
· Mengarang
bebas menggunakan unsure intrinsic
|
· Analisa
unsur-unsur intrinsik dalam cerita
|
·
Siswa mendengarkan bacaan tema yang
ditentukan
·
Menentukan hal-hal pokok suatu bacaan
·
Menyampaikan kembali isi bacaan
|
· Tertulis
|
· 2
minggu
|
· Buku cerita
|
|
1.2.
Mengidentifikasi tokoh, watak, latar, tema
atau amanat dari cerita anak yang dibacakan
|
· Menentukan
unsure-unsur intrinsic dalam cerita
|
· Menentukan
unsur intrinsik cerita
|
·
Mengidentifikasi tokoh, watak, tema dari
bacaan yang didengar
·
Menyebutkan unsure indtrinsik dari bacaan
yang didengar
|
· Tertulis
|
· 1 minggu
|
· Buku cerita
|
BERBICARA
2.
Memberikan informasi dan tanggapan secara
lisan
|
2.1.
Menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh
dari berbagai media dengan bahasa yng runtut, baik dan benar
|
· Kalimat
permintaan
· Kalimat
pengandaian
· Sinonim
dan antonym
· Akronim
dan singkatan
|
· Membuat kalimat
permintaan
· Membuat kalimat
pengandaian
· Menyebutkan
sinonim dan antonim sebuah kata
· Menyebutkan
kata-kata akronim
· Menyebutkan
kata-kata singkatan
|
·
Menentukan pokok-pokok informasi yang
diperolah
·
Menjelaskam pokok-pokok informasi
·
Menyampaikan informasi kepada orang lain
·
Menyampaikan kalimat permintaan dengan
bahasa yang runtut dan santun
·
Menyampaikan kalimat pengandaian
·
Mengetahui sinonim dan antonym sebuah kata
·
Membedakan antara
akronim dan singkatan
·
Menentukan akronim dan singkatan
|
· Tertulis
· Praktek
|
· 2 minggu
|
· Kartu bergambar
· Permainan
memasangkan kartu
· Kartu kosakata
|
|
2.2.
Menanggapi (mengkritik/memuji) sesuatu hal
disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang santun
|
· Pujian
dan kritikan
· Debat
|
· Membuat kalimat
pujian dan kritikan
· Melakukan
perdebatan terarah
|
·
Menyampaikan kritik kepada orang lain dengan
alasan
·
Memuji sesuatu dengan alasan
·
Menentukan hal-hal yang di kritik
·
Menentukan hal-hal yang dipuji
·
Berdiskusi dengan tema tertentu
·
Menyampaikan argument disertai alasan
|
· Tertulis
· Praktek
|
· 1 minggu
|
· Kartu bergambar
· Role play
|
MEMBACA
3.
Memahami teks dengan membaca intensif dan
membaca sekilas
|
3.1.
Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian
suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan
|
· Membaca
laporan pengamatan
· Membaca
sekilas (PBL)
|
· Membaca laporan
pengamatan
· Membuat laporan
pengamatan
· Merubah laporan
dalam bentuk narasi
· Membaca sekilas
dan menyebutkan kesimpulan cerita
|
·
Menentukan topic laporan
·
Siswa menulis paragraph laporansingkat
sesuai data yg disajikan
·
Meringkas laporan kunjungan
·
Menentukan unsure-unsur laporan
·
Membuat laporan
·
Menggunakan kalimat majemuk bertingkat
·
Memisahkan kalimat majemuk bertingkat
·
Menyebutkan isi bacaan
·
Meringkas bacaan
·
Membaca cepat
|
· Tertulis
· Praktek
|
· 2 minggu
|
· Laporan
penelitian
· Buku cerita
pendek
|
|
3.2.
Menanggapi informasi dari kolom/rubric
khusus (majalah anak,Koran,dll)
|
· Menanggapi
rubric
· Iklan
· Hal-hal
penting surat kabar
|
· Membuat
tanggapan terhadap sebuah rubrik
· Menentukan
jenis rubrik
· Menyebutkan
hal-hal penting dalam surat kabar
|
·
Membaca rubric khusus
·
Menanggapi informasi dari surat anak dalam
rubric anak
·
Menggunakan kalimat pengandaian
·
Menggunakan kalimat anjuran
·
Menemukan unsure-unsur iklan
·
Menentukan jenis-jenis iklan
·
Membuat iklan
|
· Tertulis
· Praktek
|
· 2 minggu
|
· Koran
· Majalah
|
MENULIS
4.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan
paraphrase
|
4.1.
Mengisi formulir (pendaftaran, kartu
anggota, wesel pos, kartu pos. daftar riwayat hidup, dll) dengan benar
|
· Mengisi
formulir
· Membuat/menarasikan
formulir
|
· Mengisi
formulir
· Merubah
formulir dalam bentuk narasi
· Menentukan
jenis-jenis formulir
|
·
Mengisi formulir sederhana
·
Mengisi daftar riwayat hidup berdasarkan
format tersedia
·
Menuliskan data diri dalam bentuk narasi
·
Menentukan unsure-unsur formulir
·
Menentukan jenis-jenis formulir
·
Menentukan cirri-ciri wesel
·
Mengisi wesel sesuai aturan
|
· Tertulis
· Praktek
|
· 1 minggu
|
· Formulir kosong
|
|
4.2.
Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau
yang didengar
|
· Wawancara
|
· Menentukan
unsur-unsur wawancara
· Membuat
pertanyaan 5W + 1 H
|
·
Membuat ringkasan dari teks yang didengar
(ringkasan wawancara)
·
Menulis kembali isi cerita dengan kalimat
sendiri (hasil wawancara)
·
Unsure-unsur wawancara 5 W 1 H
|
· Tertulis
· Praktek
|
· 1 minggu
|
· Koran
·
|
|
4.3.
Menyusun percakapan tentang berbagai topic
dengan memperhatikan penggunaan ejaan
|
· Tanda
baca titik dua (:) / dialog
· Tanda
baca
garis miring (/)
· Keteranagn
waktu dan tempat (SPOK)
· Kalimat
majemuk 1
· Kalimat
majemuk 2
|
· Menyebutkan
fungsi tanda baca titik dua
· Mengaplikasikan
tanda baca titik dua dalam dialog
· Menentukan
ungsi tanda baca garis miring
· Mengidentifikasi
kalimat berdasarkan S P O K
· Membedakan
kalimat majemuk setara dan majemuk bertingkat
|
·
Menyusun percakapan berdasarkan gambar
·
Siswa melengkapi dialog
·
Menentukan topic dialog
·
Menyusun percakapan
·
Membuat percakapan berdasarkan gambar
·
Siswa mengetahui fungsi tanda baca titik dua
·
Menentukan penggunaan titik dua
·
Siswa mengetahui fungsi tanda baca garis
miring
·
Menentukan penggunaan garis miring
·
Mengidentifikasi kata keterangan waktu dalam
kalimat
·
Mengidentifikasi kata keterangan tempat dalam
kalimat
·
Membuat kalimat berpola SPOK
·
Membuat kalimat majemuk setara
·
Membuat kalimat majemuk bertingkat
·
Membedakan antara kalimat majemuk setara dan
bertingkat
|
· Tertulis
· Praktek
|
· 3 minggu
|
· Kartu fungsi
tanda baca titik dua
· Kartu fungsi
tanda baca garis miring
· Kartu kalimat
majemuk setara
· Kartu kalimat
majemuk bertingkat
|
|
4.4.
Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan
tetap memperhatikan makna puisi
|
· Puisi
dan parafrase
|
· Membuat puisi
· Merubah puisi
menjadi prosa
|
·
Membuat puisi
·
Menyebutkan syarat-syarat membuat puisi
·
Mengubah puisi dalam bentuk prosa
|
· Tertulis
· Praktek
|
· 2 minggu
|
· Puisi
· Prosa puisi
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
…………………………… …………………………………..
No comments:
Post a Comment