Thursday, October 25, 2018

CONTOH SILABUS PKN TEMATIK KELAS 4


SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
Satuan Pendidikan       :  SD
Kelas / Semester        :  IV (Empat) / 2
Mata Pelajaran          : Pendidikan Kewarganegaraan
Kompetensi Inti
KI 1   :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2   :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI 3   :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4:    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.3. Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari
4.3. mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari

·   Keragaman pekerjaan dan SDA yang dimanfaatkan
·   Sikap dan nilai dalam menghadapi perbedaan agama
·   Nama – nama suku dan cara melestarikan bahasa daerah
·   Nama-nama pakaian adat dan cara melestarikannya

·    Membuat komik profesi
·    Survei keragaman pekerjaan orang tua  dan SDA yang dimanfaatkannya
·    Identifikasi tentang giat mengejar cita-cita
·    Mendiskusikan sikap dan nilai dalam menghadapi perbedaan agama
·    Matching card tentang nama-nama suku di Indonesia
·    Mendiskusikan tentang cara melestarikan bahasa daerah
·    Matching card tentang nama-nama pakaian adat di Indonesia
·    Mendiskusikan tentang cara melestarikan pakaian adat di Indonesia
·      Tes lisan
·      Unjuk kerja
·      Tes tertulis
·      Home projek tentang karakteristik anggota keluarga dan kegemaran anggota keluarga
12 m x 3 JP
·      Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Revisi 2017
·      Buku Pendamping Tematik Terpadu Kurikulum K13, Pendidikan Kewarganegaraan. Erlanger
·      Buku Penilaian Autentik(BUPENA) kelas 4, Erlangga
·      Erlanlangga straight point series (ESPS) PKn kelas 4, Erlangga
3.4. Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, social, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
4.4. menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, social, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
·   Toleransi terhadap keragaman suku
·   Sikap dalam menghadapi perbedaan lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat
·   Hak dan kewajiban terhadap lingkungan dan negara
·   Sikap dan akibat tidak menjaga lingkungan sekitar
·    Mendiskusikan tentang toleransi terhadap keragaman suku di Indonesia
·    Mendiskusikan sikap dalam menghadapi perbedaan di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat
·    Identifikasi tentang keunikan di daerah tempat tinggal
·    Mendiskusikan keberagaman dilingkungan tempat tinggal dan manfaatnya
·    Mendiskusikan hak dan kewajiban terhadap lingkungan
·    Menyebutkan contoh sikap yang menunjukkan peduli terhadap lingkungan
·    Mendiskusikan hak dan kewajiban terhadap negara
·    Menyebutkan sikap persatuan dan kesatuan dalam menjaga lingkungan sekitar
·    Menyebutkan sikap dan akibat tidak menjaga lingkungan sekitar

·      Tes lisan
·      Unjuk kerja
·      Tes tertulis
·      Home projek tentang karakteristik anggota keluarga dan kegemaran anggota keluarga
12 m x 3 JP
·      Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Revisi 2017
·      Buku Pendamping Tematik Terpadu Kurikulum K13, Pendidikan Kewarganegaraan. Erlanger
·      Buku Penilaian Autentik(BUPENA) kelas 4, Erlangga
·      Erlanlangga straight point series (ESPS) PKn kelas 4, Erlangga


Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                                                Guru Kelas


(...........................)                                                                                                                                           (.......................)







SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

Satuan Pendidikan         :   SD
Kelas / Semester             :   IV (Empat) / 1
Mata Pelajaran                :   Pendidikan Kewarganegaraan

 

Kompetensi Inti
KI 1    :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2    :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI 3    :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4    :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

3.1 Memahami makna dan keterkaitan simbol-simbol sila dalam Pancasila untuk memahami Pancasila secara utuh
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh

·   Lambang dan makna simbol Pancasila
·   Perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh

·    Menyebutkan sila pancasila
·    Matching card antara lambang dan sila pada pancasila
·    Mendiskusikan makna sila dalam pancasila
·    Mendiskusikan makna symbol sila pancasila
·    Mempresentasikan makna symbol sila pancasila
·    Mendiskusikan sikap yang sesuai dengan sila pancasila
·    Mendiskusikan tentang pengambilan keputusan yang sesuai nilai pancasila
·    Membuat kliping gambar penerapan  sila 1-5 pancasila
·     
·      Tes lisan
·      Unjuk kerja
·      Tes tertulis
·      Home projek tentang aplikasi kewajiban terhadap tumbuhan
12 m x 3 JP
·      Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Revisi 2017
·      Buku Pendamping Tematik Terpadu Kurikulum K13, Pendidikan Kewarganegaraan. Erlanger
·      Buku Penilaian Autentik(BUPENA) kelas 4, Erlangga
·      Erlangga straight point series (ESPS) PKn kelas 4, Erlangga

3.2. Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
4.2. Menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

·   Jenis-jenis tanggung jawab
·   Hak dan kewajiban terhadap tumbuhan
·   Cara-cara menjaga lingkungan
·    Mendiskusikan tentang contoh dari jenis tanggung jawab
·    Mempresentasikan hasil diskusi tentang contoh dari jenis tanggung jawab
·    Menyebutkan hak dan kewajiban terhadap tumbuhan
·    Menjelaskan pemanfaatan hewan dari perburuan hewan liar
·    Mendiskusikan cara-cara menjaga lingkungan
·    Membuat poster hemat energy sebagai aplikasi kewajiban menjaga energy
·    Stori telling menggunakan puppet tentang akibat tidak menjaga lingkungan
·     
·      Tes lisan
·      Unjuk kerja
·      Tes tertulis
·      Home projek tentang aplikasi kewajiban terhadap tumbuhan
12 m x 3 JP
·      Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Revisi 2017
·      Buku Pendamping Tematik Terpadu Kurikulum K13, Pendidikan Kewarganegaraan. Erlanger
·      Buku Penilaian Autentik(BUPENA) kelas 4, Erlangga
·      Erlangga straight point series (ESPS) PKn kelas 4, Erlangga


·    
·     
·        

·        


Mengetahui
Kepala Sekolah


(...............................)



Guru Kelas IV


(.............................)




1 comment:

Cerita Nyata

BAPAK HOBI SELINGKUH Cerita ini merupakan pengalaman anak tetanggaku, sebut saja namanya Finsa. Saat ini usianya hampir mendekati 20 t...