Thursday, October 25, 2018

CONTOH KKM KELAS 6 SD












KRITERIA KETUNTASAN MINIMALMata Pelajaran : B.Indonesia                                                                                                                                                                       T.A 2016/2017
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Kriteria Ketuntasan Minimal
Nilai
Nilai KKM
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
1.       MENDENGARKAN
Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan
1.1. Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan
1.1.1.        Siswa mendengarkan bacaan tema yang ditentukan
1.1.2.        Menentukan hal-hal pokok suatu bacaan
Menyampaikan kembali isi bacaan
2
2
3
2
2
2
7/9.100
6/9.100
77.7
66.6
Nilai KD 1.1 = 72.2
1.2. Mengidentifikasi tokoh, watak, latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan
1.2.1.        Mengidentifikasi tokoh, watak, tema dari bacaan yang didengar
1.2.2.        Menyebutkan unsure indtrinsik dari bacaan yang didengar
2

2
2

2
3

2

6/9.100

6/9.100
77.7

66.6
Nilai KD 1.2 72.2
Nilai SK 1 = 72.2
2.       BERBICARA
Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
2.1. Menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yng runtut, baik dan benar
2.1.1.        Menentukan pokok-pokok informasi yang diperolah
2.1.2.        Menjelaskan pokok-pokok informasi
2.1.3.        Menyampaikan informasi kepada orang lain
2.1.4.        Menyampaikan kalimat permintaan dengan bahasa yang runtut dan santun
2.1.5.        Menyampaikan kalimat pengandaian
2.1.6.        Mengetahui sinonim dan antonym sebuah kata
2.1.7.        Membedakan antar akronim dan singkatan
2
3
1
1

2
2
2

2
2
2
2

2
2
2

2
2
3
3

2
2
3

6/9.100
7/9.100
6/9.100
6/9.100

6/9.100
6/9.100
7/9.100

66.6
77.7
66.6
66.6

66.6
66.6
77.7

Nilai KD 2.1 = 69.7
2.2. Menanggapi (mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang santun
2.2.1.        Menyampaikan kritik kepada orang lain dengan alasan
2.2.2.        Memuji sesuatu dengan alas an
2.2.3.        Menentukan hal-hal yang di kritik
2.2.4.        Menentukan hal-hal yang dipuji
2.2.5.        Berdiskusi dengan tema tertentu
2.2.6.        Menyampaikan argument disertai alasan
2
3
1
1
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
3
3
2
2
6/9.100
7/9.100
6/9.100
6/9.100
6/9.100
6/9.100
66.6
77.7
66.6
66.6
66.6
66.6
Nilai KD 2.2 = 68.5
Nilai SK 2 = 69.1
3.       MEMBACA
Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
3.1. Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan
3.1.1.        Menentukan topic laporan
3.1.2.        Siswa menulis paragraph laporan singkat sesuai data yg disajikan
3.1.3.        Meringkas laporan kunjungan
3.1.4.        Menentukan unsureunsur laporan
3.1.5.        Membuat laporan
3.1.6.        Menggunakan kalimat majemuk bertingkat
3.1.7.        Memisahkan kalimat majemuk bertingkat
3.1.8.        Menyebutkan isi bacaan
3.1.9.        Meringkas bacaan
3.1.10.    Membaca cepat
2
3

1
1
2
2
2
2
2
3
2
2

2
2
2
2
2
2
2
2
2
2

3
3
2
2
3
2
2
2
6/9.100
7/9.100

6/9.100
6/9.100
6/9.100
6/9.100
7/9.100
6/9.100
6/9.100
7/9.100
66.6
77.7

66.6
66.6
66.6
66.6
77.7
66.6
66.6
77.7
Nilai KD 3.1 = 69.9

3.2. Menanggapi informasi dari kolom/rubric khusus (majalah anak,Koran,dll)
3.2.1.        Membaca rubric khusus
3.2.2.        Menanggapi informasi dari surat anak dalam rubric anak
3.2.3.        Menggunakan kalimat pengandaian
3.2.4.        Menggunakan kalimat anjuran
3.2.5.        Menemukan unsure-unsur iklan
3.2.6.        Menentukan jenis-jenis iklan
3.2.7.        Membuat iklan
2
3
1
1
2
2
2

2
2
2
2
2
2
2

2
2
3
3
2
2
3

6/9.100
7/9.100
6/9.100
6/9.100
6/9.100
6/9.100
7/9.100

66.6
77.7
66.6
66.6
66.6
66.6
77.7

Nilai 3.2 = 69.7
Nilai SK 3 = 69.8
4.       MENULIS
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan paraphrase
4.1. Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos. daftar riwayat hidup, dll) dengan benar
4.1.1.        Mengisi formulir sederhana
4.1.2.        Mengisi daftar riwayat hidup berdasarkan format tersedia
4.1.3.        Menuliskan data diri dalam bentuk narasi
4.1.4.        Mengisi formulir sederhana di  bank (mengenal slip setoran dan penarikan)
4.1.5.        Menentukan cirri-ciri wesel
4.1.6.        Mengisi wesel sesuai aturan
2
2
3
2

2
2

2
2
2
2

2
2

2
2
2
2

2
2
6/9.100
6/9.100
7/9.100
6/9.100

6/9.100
6/9.100
66.6
66.6
77.7
66.6

66.6
66.6
Nilai KD 4.1 = 68.5

4.2. Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar
4.2.1.        Membuat ringkasan dari teks yang didengar
4.2.2.        Menulis kembali isi cerita dengan kalimat sendiri
4.2.3.        Menentukan unsure intrinsic dalam cerita
2
2
3
2
2
2
2
2
2
6/9.100
6/9.100
7/9.100
66.6
66.6
77.7

Nilai KD 4.2 = 70.3

4.3. Menyusun percakapan tentang berbagai topic dengan memperhatikan penggunaan ejaan
4.3.1.        Menyusun percakapan berdasarkan gambar
4.3.2.        Siswa melengkapi dialog
4.3.3.        Menentukan topic dialog
4.3.4.        Menyusun percakapan
4.3.5.        Membuat percakapan berdasarkan gambar
4.3.6.        Siswa mengetahui fungsi tanda baca garis miring
4.3.7.        Menentukan penggunaan garis miring
2
2
3
2
2
2
3
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
6/9.100
6/9.100
7/9.100
6/9.100
6/9.100
6/9.100
7/9.100
66.6
66.6
77.7
66.6
66.6
66.6
77.7
Nilai KD 4.3 = 69.8

4.4. Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi
4.4.1.        Menentukan unsure itrinsik puisi
4.4.2.        Membuat puisi bebas
4.4.3.        Menentukan tema puisi
4.4.4.        Mengubah puisi dalam bentuk prosa
2
2
2
2
2
2
3
2
2
2
2
2
6/9.100
6/9.100
7/9.100
6/9.100
66.6
66.6
77.7
66.6
Nilai KD 4.4 = 69.4
Nilai SK 4 =69.5
Nilai KKM = 70
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran


          ……………………………                                                                                                                                                                                                 …………………………………..                                                                                                                                             















Grade 6/Term 2Mata Pelajaran : B.Indonesia                                                                                                                                       T.A 2016/2017
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Kriteria Ketuntasan Minimal
Nilai
Nilai KKM
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Mendengarkan
5.     Memahami wacana lisan tentang berita dan drama pendek
5.1.     Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televsi dan radio
5.1.1.        Mendengarkan berita dari TV/radio
5.1.2.        Menentukan hal-hal pokok berita
5.1.3.        Menyimpulkan isi berita yang didengar
2
2
2
2
2
2
3
3
2
7/9.100
7/9.100
6/9.100
77.7
77.7
66.6
Nilai KD 5.1 = 74

5.2.     Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan
5.2.1.        Mendengarkan drama pendek yang disampaikan
5.2.2.        Menjawab pertanyaan berdasarkan drama yang didengar
5.2.3.        Menceritakan kembali isi drama yang didengar
2
2
2
3
2
2
2
2
2
7/9.100
6/9.100
6/9.100
77.7
66.6
66.6
Nilai KD 5.2 = 70.3
Nilai SK 5 = 72.1
Bebicara
6.      Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi
6.1.     Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulangtahun, dll) dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat
6.1.1.        Menyampaikan pidato untuk berbagai keperluan
6.1.2.        Menyampaikan pidato dengan intonasi, lafal dan sikap yang tepat
2
2
2
2
2
2
6/9.100
6/9.100
66.6
66.6
Nilai KD 6.1 = 66.6

6.2.     Melaporkan isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut
6.2.1.        Menentukan judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi
6.2.2.        Menemukan pokok-pokok isi buku
6.2.3.        Menceritakan kembali buku yang dibaca dengan bahasa sendiri secara ringkas
1
2
2
2
2
2
2
2
2
5/9.100
7/9.100
6/9.100
55.5
77.7
66.6
Nilai KD 6.2 = 66.6

6.3.     Membacakan puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat
6.3.1.        Memahami puisi
6.3.2.        Membuat puisi karya sendiri
6.3.3.        Membaca puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat
2
2
2
2
2
2
2
2
2
6/9.100
6/9.100
66.6
66.6
Nilai KD 6.3 = 66.6
Nilai SK 6 = 66.6
Membaca
7.     Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama
7.1.     Menemukan makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif
7.1.1.        Memahami teks yang di baca
7.1.2.        Menemukan makna tersirat suatu teks
7.1.3.        Mengartikan makna tersirat suatu teks
7.1.4.        Menentukan pokok pikiran paragraf
7.1.5.        Menyebutkan kata ungkapan dalam teks
7.1.6.        Menyebutkan arti kata ungkapan dalam teks
2
2
3
2
2
2

2
2
2
2
2
2

2
2
2
2
2
2
6/9.100
6/9.100
7/9.100
6/9.100
6/9.100
6/9.100
66.6
66.6
77.7
66.6
66.6
66.6
Nilai KD 7.1 = 68.4

7.2.     Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak
7.2.1.        Membaca teks drama
7.2.2.        Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dari teks drama anak
7.2.3.        Menyebutkan pokok paragraf dalam teks drama
2
1
2
2
3
2
3
2
2
7/9.100
6/9.100
6/9.100
77.7
66.6
66.8
Nilai KD 7.2 = 70.3
Nilai SK 7 = 69.3
Menulis
8.     Mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah pidato dan surat resmi
8.1.   Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulangtahun,perayaan sekola,dll) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
8.1.1.        Menentukan kerangka/bagian-bagian pidato
8.1.2.        Membuat naskah pidato/sambutan
8.1.3.        Menentukan jenis-jenis pidato
8.1.4.        Menenyebutkan metode pidato
8.1.5.        Membedakan kalimat efektif dan tidak efektif
8.1.6.        Menyebutkan kalimat efektif dan tidak efektif
8.1.7.        Menemukan kata ulang
8.1.8.        Menentukan jenis-jenis kata ulang
2
3
1
1
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
3
3
2
2
3
2
6/9.100
7/9.100
6/9.100
6/9.100
6/9.100
6/9.100
7/9.100
6/9.100
66.6
77.7
66.6
66.6
66.6
66.6
77.7
66.6
Nilai KD 8.1 = 69.4

8.2.   Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang di tuju
8.2.1.        Menyebutkan bagian-bagian surat resmi
8.2.2.        Membuat surat resmi
8.2.3.        Membandingkan surat resmi dan tidak resmi
8.2.4.        Mengidentifikasi ciri-ciri bahasa surat undangan
2
3
2
2
3
2
3
2
2
2
2
2
7/9.100
7/9.100
7/9.100
6/9.100
77.7
77.7
77.7
66.6
Nilai KD 8.2 = 73.5
Nilai SK 8 = 71.4
Nilai KKM = 70

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran


          ……………………………                                                                                                                                                                                                 …………………………………..                                                                                                                                             




No comments:

Post a Comment

Cerita Nyata

BAPAK HOBI SELINGKUH Cerita ini merupakan pengalaman anak tetanggaku, sebut saja namanya Finsa. Saat ini usianya hampir mendekati 20 t...