Thursday, October 25, 2018

CONTOH SILABUS MATEMATIKA KELAS 4



SILABUS PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Semester       : 4 / II
Standar Kompetensi   : 3.1 Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.1.1Mengidentifikasi sifat- sifat operasi hitung
Sifat –sifat operasi hitung bilangan
§  Menjelaskan macam-macam sifat operasi hitung campur
§  Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan sifat operasi hitung campur
-       Siswa dapat menyebutkan macam-macam sifat operasi hitung campur
-       Siswa dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan sifat operasi hitung campur
Tertulis
Kinerja
Portofolio
2 x 35 menit
-       Sulardi. Pandai Berhitung Matematika Untuk SD Kelas IV. Erlangga
-       Marthen Kanginan, dan Andreas B. Darmawan. Matematika Untuk SD / MI Kelas IV Satu Nusa
-       Gunanto dan Dhesy A. ESPS untuk SD /MI kela IV. Erlangga
-       Tim Penulis Grasindo. Pintar matematika untuk SD / MI kelas 4. Grasindo
3.1.2 Melakukan operasi perkalian dan pembagian
Operasi hitung perkalian dan pembagian
§  Mengalikan bilangan dua angka dengan dua angka dan tiga angka
234
   12 x
468
     234 +
     2808
§  Mempelajari pembagian bilangan tiga angka dengan dua bilangan atau satu angka secara berurutan. Membagi bilangan empat angka dengan bilangan satu atau dua angka.
§  Membagi bilangan tiga angka dengan bilangan satu angka
4√848 = 212
    8   -
      48
      48 –
        0
-       Siswa dapat mengalikan bilangan dua angka dengan bilangan dua angka dan tiga angka
-       Siswa dapat menghitung pembagian dengan cara tidak bersisa
Tertulis
Kinerja
Portofolio
2 x 35 menit
3.1.3 Melakukan operasi hitung campuran
Operasi hitung campur dan soal cerita
§  Melakukan operasi hitung campuran dengan menentukan urutan dalam pengerjaan hitung.
§         42 + 38 x 27 - 144 : 9 = 1052
§  Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan kehidupan-sehari-hari.
Contoh :
Seorang pedagang buah mempunyai persediaan apel sebanyak 672 buah. Apel itu akan dikemas dalam kantong plastik sama banyak. Setiap kantong berisi 8 buah. Berapa buah kantong plastik yang harus disiapkan pedagang tersebut ? 672 : 8 = 84 kantong plastik
-       Siswa dapat melakukan operasi hitung campuran dan menentukan urutan     operasi hitung dalam    pengerjaan soal
-       Siswa dapat memecahkan masalah yang melibatkan operasi hitung campur

Tertulis
Kinerja
Portofolio
2 x 35 menit

Standar Kompetensi   : 3.2 Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.2.1 Mengurutkan bilangan bulat
Mengurutkan bilangan bulat 
§ Memahami bilangan positif dan bilangan negatif
§ Membaca dan menulis lambang bilangan
   bulat
 10  dibaca  positif sepuluh
–10  dibaca  negatif sepuluh
negatif sembilan puluh sembilan  dituliskan  –99
seratus lima  dituliskan  105
§ Penggunaan bilangan bulat negatif
ü Suhu di daerah kutub dapat mencapai 15  derajat di bawah permukaan air laut
ü Daerah itu rawan banjir karena ketinggiannya 5 cm di bawah air sungai
§ Membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat
Semakin ke kiri nilai bilangan semakin kecil. Sebaliknya, semakin ke kanan nilai bilangan semakin besar.
Ex : 1 > 0
ü Urutan bilangan dari yang terkecil adalah
–25,  –10, –5,  0,  10,  20,  30
ü Urutan bilangan dari yang terbesar adalah
30,  20,  10,  0,  –5,  –10, –25
-       Siswa dapat mengurutkan bilangan bulat dari yang terkecil atau sebaliknya.
Tertulis
Kinerja
Portofolio
2 x 35 menit
-       Sulardi. Pandai Berhitung Matematika Untuk SD Kelas IV. Erlangga
-       Marthen Kanginan, dan Andreas B. Darmawan. Matematika Untuk SD / MI Kelas IV Satu Nusa
-       Gunanto dan Dhesy A. ESPS untuk SD /MI kela IV. Erlangga
-       Tim Penulis Grasindo. Pintar matematika untuk SD / MI kelas 4. Grasindo
3.2.2 Menjumlahkan bilangan bulat
Penjumlahan bilangan bulat 
1.   Penjumlahan  bilangan bulat menggunakan garis bilangan
A.   Positif dengan positif 4 + 5 = 9
9
 
 

5
 
                        
                       
                                                  
                                                       
             -5  -4  -3  -2  -1  0  1   2  3  4  5  6  7  8  9

Diagram panah dari  0  ke  4  menunjukkan bilangan  4
Diagram panah dari  4  ke  9  menunjukkan bilangan  5
Hasilnya ditunjukkan diagram panah dari  0  ke  9
Jadi,  4 + 5 = 9

B.    Positif dengan negatif
2
 
7 +  (-5) = 2

-5
 
                        
                                                         7
 

                                                       
             -5  -4  -3  -2  -1  0  1   2  3  4  5  6  7  8  9



C.    Negatif dengan positif -6 + 9 = 3
3
 
 

                                 9
     
                      -6
                 
           -7  -6  -5  -4  -3  -2  -1  0   1  2  3  4  5 

D.  
-7
 
Negatif dengan negatif - 4 + (-3) = -7
-3
 
            
                                     
                 
 

                    
               
-8   -7   -6   -5  -4   -3  -2  -1   0   1   2   3   4 
2.  Penjumlahan tanpa menggunakan garis bilangan
a.  56 + (–18)
  56 – 18  =  38
b. (–206) + 106 = –100

-       Siswa dapat mejumlahkan bilangan bulat tiga angka kurang dari 5000
Tertulis
Kinerja
Portofolio
2 x 35 menit
3.2.3Mengurangkan bilangan bulat
Pengurangan bilangan bulat 
§ Lawan bilangan bulat
Jadi, lawan dari 7 adalah –7
Dengan cara yang sama, lawan dari –15 adalah 15
§ Mengurangkan bilangan bulat
Pengurangan bilangan bulat adalah penjumlahan dengan lawan bilangannya
a – b = a + (–b)
a – (–b) = a + b
-       Siswa dapat mengurangkan bilangan bulat
Tertulis
Kinerja
Portofolio
2 x 35 menit
3.2.4 melakukan operasi hitung campuran
Operasi hitung campur bilangan bulat
§ Melakukan hitung campuran (penjumlahan dan pengurangan) pada bilangan bulat menggunakan garis bilangan
§ Melakukan hitung campuran (penjumlahan dan pengurangan) pada bilangan bulat menggunakan garis bilangan
§ Melakukan hitung campuran bilangan bulat yang melibatkan 2 jenis operasi hitung

Jadi, (–4) + 12 – 3 = 5
Ex :
42 + (–35) – 12
  42 – 35   – 12 
 7        – 12  =  –5
§ Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campur bilangan bulat
Contoh :
Seekor katak melompat 3 satuan ke kanan dari titik nol, lalu berbalik 5 satuan ke kiri. Katak itu sekarang berada di titik  -2
-       Siswa dapat melakukan operasi hitung campuran penjumlahan dan pengurangan
-       Siswa mampu menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campur bilangan bulat



Standar Kompetensi   : 3.4. Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.4.1 Mendeskripsikan konsep faktor dan kelipatan
kelipatan dan faktor
§ Menulis kelipatan dari bilangan yang ditentukan
§ Membuat kesimpulan tentang pengertian konsep kelipatan
§ Menulis faktor dari bilangan ditentukan
§ Membuat kesimpulan tentang pengertian konsep faktor
-   Menjelaskan arti kelipatan berdasarkan contoh
-   Menjelaskan arti faktor berdasarkan contoh

Tertulis
Kinerja
Portofolio
2 x 35 menit
-   Sulardi. Pandai Berhitung Matematika Untuk SD Kelas IV. Erlangga
-   Marthen Kanginan, dan Andreas B. Darmawan. Matematika Untuk SD / MI Kelas IV Satu Nusa
-   Gunanto dan Dhesy A. ESPS untuk SD /MI kela IV. Erlangga
-   Tim Penulis Grasindo. Pintar matematika untuk SD / MI kelas 4. Grasindo
3.4.2 Menentukan kelipatan dan faktor bilangan
Kelipatan dan faktor

§ Menyelesaikan soal berkaitan kelipatan suatu bilangan
§ Menyelesaikan soal berkaitan faktor suatu bilangan
§ Menyelesaikan soal berkaitan kelipatan dan faktor dari dua bilangan

-   Menentukan kelipatan suatu bilangan melalui latihan soal
-   Menentukan faktor dari suatu bilangan melalui latihan soal
-   Menentukan kelipatan dan faktor dari dua bilangan melalui latihan soal
Tertulis
Kinerja
Portofolio
2 x 35 menit
3.4.3 Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
FPB dan KPK
§ Menentukan faktor dari bilangan yang ditentukan sekurangnya dua bilangan
§ Menentukan kelipatan dari bilangan yang ditentukan sekurangnya dua bilangan
§ Menentukan KPK dari bilangan yang ditentukan sekurangnya dua bilangan
§ Menentukan FPB dari bilangan yang ditentukan sekurangnya dua bilangan
-   Menentukan faktor dan kelipatan sekurang – kurangnya dua bilangan
-   Menentukan KPK dan FPB dari dua bilangan

Tertulis
Kinerja
Portofolio
2 x 35 menit
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)

§ Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK dan FPB
-   Memecahkan masalah sehari – hari berkaitan dengan KPK dan FPB melalui soal cerita



Standar Kompetensi   : 3.7 Menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan panjang dan berat
Satuan panjang dan berat

§ Menentukan hasil operasi hitung satuan panjang yang berbeda.
§ Menentukan hasil operasi hitung satuan berat yang berbeda.
§ Menyelesaikan soal cerita sederhana dalam kehidupan sehari – hari melalui operasi hitung berkaitan dengan satuan panjang dan berat
-   Mengubah ukuran satuan panjang dan berat



-   Menyelesaikan soal cerita sederhana dalam kehidupan sehari – hari berkaitan dengan satuan panjang dan berat
Tertulis
Kinerja
Portofolio
2 x 35 menit
-   Sulardi. Pandai Berhitung Matematika Untuk SD Kelas IV. Erlangga
-   Marthen Kanginan, dan Andreas B. Darmawan. Matematika Untuk SD / MI Kelas IV Satu Nusa
-   Gunanto dan Dhesy A. ESPS untuk SD /MI kela IV. Erlangga
-   Tim Penulis Grasindo. Pintar matematika untuk SD / MI kelas 4. Grasindo

Standar Kompetensi   : 3.11 Menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Mengumpulkan dan membaca  data
Diagram batang
§ Mengumpulkan data berat badan siswa
§ Mengolah dan mengurutkan data
§ menyajikan dalam bentuk tabel
§ Menyajikan dalam bentuk diagram batang
§ Membaca data dalam bentuk diagram batang
-   Memahami cara mengumpulkan data
-   Mampu mengolah dan mengurutkan data
-   Mampu menyajikan data dalam bentuk tabei
-   Mampu menyajikan data dalam bentuk diagram batang
-   Mampu membaca data dalam bentuk diagram batang
Tertulis
Kinerja
Portofolio
2 x 35 menit
-   Sulardi. Pandai Berhitung Matematika Untuk SD Kelas IV. Erlangga
-   Marthen Kanginan, dan Andreas B. Darmawan. Matematika Untuk SD / MI Kelas IV Satu Nusa
-   Gunanto dan Dhesy A. ESPS untuk SD /MI kela IV. Erlangga
-   Tim Penulis Grasindo. Pintar matematika untuk SD / MI kelas 4. Grasindo
               


No comments:

Post a Comment

Cerita Nyata

BAPAK HOBI SELINGKUH Cerita ini merupakan pengalaman anak tetanggaku, sebut saja namanya Finsa. Saat ini usianya hampir mendekati 20 t...