Thursday, October 25, 2018

CONTOH KKM IPA TEMATIK KELAS 4 SEMESTER 1


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
(KKM)
TAHUN AJARAN 2016/2017

Nama Sekolah
: SD

Mata Pelajaran
: Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas
: 4 (Empat)

Semester
: I  (Satu)

Kompetensi dasar
: 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan
      Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam  
       tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


Kompetensi Dasar
Indikator
Kriteria Penetapan Ketuntasan

Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Nilai KKM Indikator

3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.


4.6  Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan tentang sifatsifat bunyi.


3.6.1 Menjelaskan cara menghasilkan bunyi       
70
75
75
72

3.6.2 Menjelaskan sifat-sifat bunyi merambat
73
70
74
72

3.6.4 Mengidentifikasi sumber bunyi
70
75
70
72

3.6.5 Menjelaskan sifat-sifat bunyi memantul   menyerap.
72
76
70
73

4.6.1 Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi.
70
75
70
72

4.6.2 Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi merambat
74
73
73
73

4.6.3 Menyajikan laporan percobaan tentang  sumber bunyi.
72
76
70
73

4.6.5 Membuat peta pikiran tentang sifat bunyi
         memantul dan menyerap
70
70
75
72

Nilai KKM TEMA 1 = 72

3.5 Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi,dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.




4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan tentang sifatsifat bunyi
3.5.1 Menjelaskan manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari.
73
77
70
73

3.5.2 Mengidentifikasi perubahan bentuk energi   angin dalam kehidupan sehari-hari.
70
75
68
71

3.5.3 Mengidentifikasi manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari
68
77
67
71

3.5.5 Mengidentifikasi manfaat sumber energi alternative dalam kehidupan sehari-   hari.
70
70
70
70

3.5.6 Mengidentifikasi manfaat kentang sebagai sumber energi alternative dalam kehidupan sehari-hari
75
75
70
73

4.5.1 Menyajikan laporan hasil pengamatan           tentang perubahan bentuk energi matahari
70
71
70
70

4.5.2 Menyajikan laporan hasil pengamatan   tentang perubahan bentuk energi.
73
73
73
73

4.5.3 Menuajikan laporan hasil pengamatan tentang berbagai perubahan bentuk      energy dalam kehidupan sehari-hari
74
75
70
73

4.5.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi alternative dalam kehidupan sehrai-hari
74
75
70
73

4.5.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energy pada kentang.
70
70
70
70

Nilai KKM TEMA 2 = 72

3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya

3.1 Memahami hubungan anatara bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan
3.8.1 Mengidentifikasi masalah-masalah keseimbangan lingkungan
70
75
64
69

3.8.2 Menjelaskan upaya pelestarian   lingkungan
70
70
70
70

3.8.6 Menjelaskan penting penghijauan sebagai salah satu upaya pelestarian
          sumber daya alam
68
70
64
67

3.8.2 Mengidentifikasi pentingnya peran hewan sebagai sumber daya alam dalam menjaga keseimbangan alam
75
75
65
72

3.8.4 Mengidentifikasi fungsi hewan dalam   pelestarian lingkungan

70
70
70
70

3.8.5 Menjelaskan manfaat dari peduli dan   melestarikan sumber daya alam dan lingkungan
78
80
75
78

4.8 Melakukan kegiatan upaya
pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya

4.1 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan
4.8.6 Melakukan kegiatan menanam tanaman sebagai upaya pelestarian sumber daya alam dan lingkungan
70
70
70
70

4.8.5 Melakukan refleksi kebiasaan peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan dalam bentuk tabel                                  
70
80
68
73

Nilai KKM TEMA 3 = 71

3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.











3.8.1 Mengidentifikasi pentingnya keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam
70
70
70
70

3.8.2 Mengidentifikasi pentingnya menjaga keseimbangan dan sumber daya alam di lingkungan sekitar.
75
75
70
73

3.8.3 Mengidentifikasi dampak pemanfaatan teknologi bagi keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam.
70
71
70
70

3.8.4 Mengidentifikasi pentingnya
pembatasan penggunaan sumber daya alam sebagai langkah pelestarian sumber daya alam.
73
73
73
73

3.8.5  Mengidentifikasi dampak pemanfaatan     sumber daya alam yang tidak terkontrol.
74
75
70
73

3.8.6  Mengidentifikasi pentingnya
pemanfaatan barang bekas sebagai usaha pelestarian sumber daya alam
70
70
70
70

4.8  Melakukan kegiatan upaya
pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya
4.8.1 Memberikan contoh kegiatan menjaga    kelestarian sumber daya alam.
70
70
70
70

4.8.2 Mempraktikkan pelestarian sumber daya   alam di lingkungan sekitar.
70
70
70
70

4.8.3  Memberikan contoh pemanfaatan teknologi yang ramah lingkungan bagi  kelestarian sumber daya alam.
75
75
70
73

4.8.4  Mempraktikkan pembatasan penggunaan sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari.
70
71
70
70

4.8.5  Memberikan tulisan kegiatan pencegahan berkurangnya sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari.
73
73
73
73

4.8.6  Mengomunikasikan contoh kegiatan pemanfaatan sampah sebagai upaya
pelestarian sumber daya alam
74
75
70
73

Nilai KKM Tema 4 = 72

3.7  Memahami sifat-sifat cahaya
dan keterkaitannya dengan indera penglihatan
4.7  Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya Indikator

3.7.1 Mengidentifikasi sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan dalam kehidupan sehari- hari.
70
70
70
70

3.7.2 Mengidentifikasi sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan dalam kehidupan sehari- hari.
75
75
70
73

3.7.2 Mengidentifikasi sifat- sifat cahaya melalui    percobaan dengan periskop yang dibuat sendiri
70
71
70
70

3.7.1 Mengidentifikasi sifat- sifat cahaya melalui    percobaan dengan jenis-jenis cermin
73
73
73
73

4.7.1 Melaporkan hasil percobaan yang memanfaatkan sifat- sifat cahaya dalam bentuk tulisan.
74
75
70
73

4.7.2 Melaporkan hasil percobaan cakram warna yang memanfaatkan sifat-sifat
cahaya dalam bentuk tulisan.
70
70
70
70

4.7.1 Melaporkan hasil percobaan
sifat cahaya melalui percobaan dengan berbagai jenis cermin.
75
75
70
73

4.7.1 Melaporkan hasil percobaan sifat cahaya melalui percobaan dengan periskop yang dibuat sendiri
70
71
70
70

Nilai KKM TEMA 5 = 71








Nilai KKM = 72













No comments:

Post a Comment

Cerita Nyata

BAPAK HOBI SELINGKUH Cerita ini merupakan pengalaman anak tetanggaku, sebut saja namanya Finsa. Saat ini usianya hampir mendekati 20 t...