Thursday, October 25, 2018

CONTOH SILABUS IPA TEMATIK SEMESTER 1 KELAS 4


SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

Satuan Pendidikan         :   SD
Kelas / Semester             :   IV (Empat) / 1
Mata Pelajaran                :   IPA samaan

 

Kompetensi Inti
KI 1    :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2    :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI 3    :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4    :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.

4.6  Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan tentang sifatsifat bunyi.

Sifat-sifat bunyi  dan keterkait-annya dengan indera pendengaran
·     Berdiskusi tentang bagaimana benda yang dibunyikan menghasilkan bunyi yang harmonis
·     Melakukan percobaan tentang bunyi dari selang
·     Membuat percobaan tentang bunyi identifikasi sumber dan tempat bunyi berasal menggunakan alat musik daerah
·     Menjelaskan bagaimana telinga merasakan getaran
·     Menjelaskan bagaian, fungsi dan cara merawat telinga
·     Melakukan percobaan tentang pemantulan dan penyerapan bunyi dengan menggunakan bahan-bahan sederhana sperti arloji, gabus, tabung.
·     Menjelaskan macam-macam bunyi pantul (gaung, dan gema)

Tes lisan, tertulis dan perbuatan

·   Mempraktekkan tentang bunyi
·   Menyelesaikan LKS tentang bunyi,
·   Melaporkan hasil diskusi/observasi
Portofolio
·   Membuat karya yang berhubungan dengan bunyi (telepon kaleng )


5 M x 32 JP
·     Benda-benda yang mengha-silkan sumber bunyi : alat musik, peluit dll
·     Perleng-kapan untuk eksperi-men
·     Recorder
·     Video




Tema 1
3.5 Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi,dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.

4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi
Berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
·     Mengamati teks visual tentang manfaat energy matahari dalam kehidupan sehari-hari
·     Membuat peta pikiran matahari sebagai sumber kehidupan
·     Membuat kincir angin
·     Membuat laporan hasil percobaan tentang angin sebagai sumber energi
·     Mengamati gambar beragam aktifitas, dan mengidentifikasi sumber energy dan perubahan bentuk energi yang terjadi
·     Mengamati teks visual tentang energy alternative
Tes lisan, tertulis dan perbuatan
·   Melaporkan hasil diskusi/observasi
·   Menyelesaikan LKS tentang manfaat enegi matahari dan energy alternatif
·   Mempraktekan kincir angin

Portofolio

·   Membuat kincir angin
Menggambar energy alternatif

5 M x 32 JP
·     Perleng-kapan untuk eksperi-men
·     Teks bacaan tentang energy alternative dan manfaat energy matahari
·     Video

Tema 2
3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya

3.1 Memahami hubungan anatara bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan

4.8  Melakukan kegiatan upaya
        pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya
Upaya keseimbangan dan pelestarian SDA di lingkungan
·     Mengidentifikasi masalah-masalah  keseimbangan lingkungan seperti tumbuhan yang dapat  dimanfaatkan sebagai makanan pokok seperti padi, singkong dan sagu
·     Membuat pertanyaan sebanyak mungkin tentang tanaman pilihan mereka
·     Menjelaskan cara menjaga pelestarian SDA hayati yang sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup.
·     Mengamati tumbuhan (akar, batang, daun , bunga, biji, dan bunga)
·     Membuat laporan identifikasi tumbuhan ( bagian dan fungsi tumbuhan)
·     Mengamati hewan dilindungi di Indonesia
·     Menjelaskan upaya – upaya pelestarian hewan agar tidak punah (burung cendrawasih)
·     Mengamati bagian tubuh burung dan menyebutkan fungsinya
·     Mengamati perbedaan dan persamaan laba-laba dan kumbang
·     Mengidentifikasi hewan dan tumbuhan yang terawatt dan tidak terawat
·     Merencanakan kegiatan peduli lingkungan
Menanam tumbuhan di pot
Tes lisan, tertulis dan perbuatan
·   Melaporkan hasil diskusi/observasi
·   Menyelesaikan LKS tentang bagian tubuh hewan dan tumbuahan beserta fungsinya
·   Mempraktekan kegiatan peduli lingkungan
Portofolio
·   Menggambar pemandangan alam
5 M x 32 JP
·    Foto bentang alam : pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi
·    Serumpun padi
·     Perleng-kapan untuk eksperi-men
·     Gambar
·     Video


Tema 3
3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.

4.8  Melakukan kegiatan upaya
        pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya

Upaya keseimbangan dan pelestarian SDA di lingkungan
·     Mengamati tumbuhan teh dalam bentuk gambar
·     Menyimpulkan nilai-nilai yang perlu dimiliki sehubungan dengan pelestarian alam dan sumber daya alam
·     Membuat peta pikiran
·     Mendiskusikan tentang pekerjaan nelayan yang menggunakan teknologi modern dan teknologi ramah lingkungan kemudian membandingkannya dengan menggunakan diagram venn berdasarkan gambar
·     Membaca teks “pensil” (budidaya kayu)
·     Mengidentifikasi  gambar ( pekerjaan, barang yang dihasilkan, bahan asal dan jenis SDA yang digunakan)
·     Mengamati dan mendiskusikan kondisi hutan di Kalimantan dari tahun ke tahun
·     Membaca teks “ sampah” dan membuat peta pikiran pengolahan sampah (reduce, reuse, replace, dan recycle)
Tes lisan, tertulis dan perbuatan

·   Melaporkan hasil diskusi/observasi
·   Menyelesaikan LKS tentang Upaya keseimbangan dan pelestarian SDA di lingkungan
   proyek
·   Mempraktekan kegiatan peduli lingkungan
·   Menanam tumbuhan di pot

5 M x 32 JP
·    Foto bentang alam : pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi
·    Tumbuhan hidup
·    Hewan kumbang dan belalang dan burung  
·     Perleng-kapan untuk eksperi-men
·     Gambar
·     Video


Tema 4
3.7  Memahami sifat-sifat cahaya
dan keterkaitannya dengan indera penglihatan

4.7  Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya


Sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan
·     Melakukan percobaan tentang sifat-sifat cahaya
·     Membuat cakram warna
·     Membuat laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat cahaya
·     Bermain dengan cermin ( berkomunikasi menggunakan cermin)
·     Melakukan percobaan membuat lup (kaca pembesar ) sederhana (plastic, air, tulisan di kertas)
·     Membuat laporan hasil percobaan
·     Membuat periskop sederhana

Tes lisan, tertulis dan perbuatan

·   Mempraktekkan tentang sifat-sifat cahaya
·   Menyelesaikan LKS tentang sifat-sifat cahaya
·   Melaporkan hasil diskusi/observasi

5 M x 32 JP
·     Perleng-kapan untuk eksperi-men
·     Gambar
·     Video


Tema 5










No comments:

Post a Comment

Cerita Nyata

BAPAK HOBI SELINGKUH Cerita ini merupakan pengalaman anak tetanggaku, sebut saja namanya Finsa. Saat ini usianya hampir mendekati 20 t...